Ragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Telinga dan Tips Pemakaiannya


Minyak zaitun untuk telinga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran telinga. Minyak zaitun terkadang juga digunakan untuk mengeluarkan serangga yang masuk ke telinga.

(0)
15 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minyak zaitun untuk telinga bisa digunakan untuk membersihkan penumpukan serumen dan mengeluarkan seranggaHindari menuangkan minyak zaitun langsung ke saluran telinga karena justru dapat memperparah infeksi
Telinga merupakan organ pendengaran yang fungsinya sangat vital bagi manusia. Namun, seperti bagian tubuh lain, telinga juga dapat mengalami masalah ringan hingga berat. Beberapa orang pun mencoba menggunakan bahan alami untuk menyelesaikan masalah-masalah ringan di telinga, seperti minyak zaitun. Apa saja guna minyak zaitun untuk telinga?

Ragam guna minyak zaitun untuk telinga

Berikut ini beberapa kegunaan minyak zaitun untuk telinga:

1. Membersihkan penumpukan kotoran telinga

Minyak zaitun diklaim dapat membersihkan serumen atau yang awam dikenal dengan kotoran telinga. Serumen sebenarnya berperan penting karena membantu melindungi telinga dari benda asing seperti debu dan kuman. Pada kondisi normal, kotoran telinga juga sebenarnya tidak perlu untuk dibersihkan. Hanya saja, seseorang dapat mengalami penumpukan serumen atau kotoran telinga. Penumpukan dan pengerasan serumen di saluran telinga berisiko mengganggu pendengaran, menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan “menjebak” bakteri yang berujung pada infeksi.Belum banyak studi berkualitas yang bisa membuktikan efektivitas minyak zaitun untuk membersihkan kotoran telinga. Pada akhirnya, Anda lebih disarankan untuk membersihkan kotoran telinga menggunakan obat tetes yang memang dirancang khusus untuk melunakkan penumpukan serumen.

2. Mengeluarkan serangga yang masuk ke dalam telinga

Sebagian masyarakat juga menggunakan minyak zaitun untuk mengeluarkan serangga yang masuk ke organ tersebut. Namun, untuk menggunakan minyak zaitun demi mengeluarkan serangga di telinga, Anda harus meyakini bahwa benda asing yang masuk memang serangga. Hindari penggunaan minyak zaitun jika benda asing yang masuk ke telinga bukanlah serangga. 

3. Diklaim dapat meredakan nyeri akibat infeksi telinga

Banyak masyarakat meyakini bahwa minyak zaitun dapat menangani nyeri telinga yang terinfeksi. Sayangnya, belum jelas apakah minyak zaitun benar-benar dapat membunuh jenis bakteri spesifik yang memicu infeksi telingaUntuk itu, jika telinga terasa sakit, Anda lebih disarankan untuk mencari bantuan dokter THT ketimbang menggunakan bahan seperti minyak zaitun. Memasukkan zat maupun benda ke dalam saluran telinga justru berisiko mengalami penyumbatan telinga dan memperparah infeksi yang dialami.

Cara aman menggunakan minyak zaitun untuk telinga

Dalam menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan kotoran telinga dan mengeluarkan serangga, ini tips aman yang perlu Anda perhatikan:

1. Minyak zaitun untuk membersihkan kotoran telinga

Berikut ini instruksi detail dalam menggunakan minyak zaitun untuk telinga:
  • Berbaring miringlah dengan telinga yang akan dibersihkan menghadap ke atas
  • Tarik daun telinga secara perlahan untuk membuka liang telinga
  • Tuang dua atau tiga tetes minyak zaitun pada liang telinga
  • Pijat lembut kulit di bagian depan bukaan telinga untuk membantu minyak masuk
  • Biarkan posisi kepala Anda tetap miring selama 5 sampai 10 menit. Kemudian, seka sisa minyak yang menetes dari telinga saat Anda duduk
  • Ulangi pada telinga lainnya
Anda bisa menggunakan minyak zaitun dengan suhu biasa untuk membersihkan kotoran telinga. Namun, beberapa orang mungkin lebih menyukai memasukkan minyak yang sudah dihangatkan terlebih dahulu. Jangan menggunakan minyak zaitun yang panas karena tentu akan membahayakan telinga Anda. 

2. Minyak zaitun untuk menyingkirkan serangga

Sementara itu, untuk mengeluarkan serangga, Anda bisa memiringkan kepala sehingga telinga yang  dimasuki serangga menghadap ke atas. Kemudian, tuangkan beberapa tetes minyak zaitun untuk mengeluarkan serangga.Minyak zaitun yang digunakan sebaiknya bersuhu hangat, namun tidak panas.

Amankah minyak zaitun untuk telinga?

Seperti yang disinggung di atas, minyak zaitun untuk telinga umumnya aman digunakan. Namun, peringatan ini harus Anda perhatikan:
  • Hindari penggunaan minyak zaitun jika gendang telinga Anda robek. Bila ragu dengan kesehatan gendang telinga, Anda sebaiknya memeriksakan telinga ke dokter dan mendiskusikan penggunaan minyak zaitun pada organ tersebut.
  • Jangan memasukkan lidi, kapas, dan benda apa pun selain minyak zaitun ke telinga, termasuk cotton bud yang sudah dicelupkan ke minyak zaitun sekalipun
  • Gunakan minyak zaitun yang memiliki suhu ruangan atau sedikit lebih hangat, bukan minyak zaitun panas

Catatan dari SehatQ

Minyak zaitun untuk telinga bisa digunakan untuk membersihkan penumpukan serumen dan mengeluarkan serangga. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang hangat namun tidak panas. Jika masih memiliki pertanyaan terkait penggunaan minyak zaitun untuk telinga, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
kebersihan telingainfeksi telingatelinga
Healthline. https://www.healthline.com/health/olive-oil-in-ear
Diakses pada 1 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/earwax-buildup
Diakses pada 2 Desember 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid/basics/art-20056709
Diakses pada 2 Desember 2020
National Health Service. https://www.nhs.uk/conditions/earwax-build-up
Diakses pada 2 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait