Ragam Manfaat Minyak Kenari, Jaga Kesehatan Kulit Hingga Kendalikan Kolesterol


Minyak kenari menawarkan beraneka manfaat kesehatan, termasuk untuk jantung dan gula darah. Manfaat minyak kenari bersumber pada lemak sehat dan zat antioksidannya.

(0)
24 Feb 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minyak kenari merupakan minyak yang diekstraksi dari kacang kenariMinyak kenari berpotensi untuk membantu mengendalikan tekanan darah
Minyak kenari merupakan minyak yang diekstraksi dari kacang kenari. Minyak ini bisa digunakan sebagai salad dressing karena menawarkan cita rasa kacang yang khas. Minyak kenari juga dilaporkan menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan karena kandungan lemak sehatnya. Ketahui lebih lengkap nutrisi dan manfaat minyak kenari.

Nutrisi dalam minyak kenari

Berikut ini informasi nilai gizi untuk 1 sendok makan minyak kenari:
  • Kalori: 120
  • Lemak: 14 gram
  • Sodium: 0 miligram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 0 gram
  • Protein: 0 gram
  • Asam lemak omega-3: 1,4 gram
  • Vitamin K: 3% dari rekomendasi harian
Layaknya jenis minyak lain, satu sendok makan minyak kenari saja sudah mengandung kalori lebih dari 100. Selain itu, minyak kenari tersusun atas lemak dan tidak mengandung karbohidrat maupun protein.Informasi lain terkait kandungan minyak kenari adalah menawarkan tinggi zat antioksidan – yang membuat minyak ini amat bermanfaat. 

Manfaat minyak kenari untuk kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisinya, Anda juga perlu memahami manfaat minyak kenari bagi kesehatan. Berikut ini manfaat minyak kenari yang membuat Anda patut mempertimbangkan untuk mengonsumsinya:

1. Memelihara kesehatan kulit

Nutrisi dalam minyak kenari berpotensi untuk menyehatkan kulit. Pasalnya, minyak kenari mengantongi asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat (ALA). Saat masuk ke dalam tubuh, ALA akan berubah menjadi jenis omega-3 lain yang disebut eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Keduanya diperlukan dalam pembentukan komponen struktural kulit.Tak sampai di situ saja. Minyak kenari juga mengandung asam lemak omega-6 yang disebut asam linoleat (LA). LA menjadi jenis asam lemak yang paling banyak di lapisan luar kulit.

2. Menurunkan tekanan darah

Minyak kenari berpotensi untuk membantu mengendalikan tekanan darah – salah satu faktor kesehatan jantung. Manfaat minyak kenari untuk mengendalikan tensi diyakini berasal dari kandungan ALA, LA, dan zat-zat antioksidan polifenol. Beberapa laporan, seperti  yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, juga menyebutkan bahwa konsumsi kacang kenari sebagai sumber minyaknya dapat mengontrol tekanan darah dan menurunkan ketegangan pada jantung.Riset lain juga menyebutkan bahwa minyak kenari dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah – yang kemudian juga potensial untuk menurunkan tensi.

3. Membantu mengurangi  peradangan

Mengonsumsi minyak kenari diyakini dapat melawan peradangan kronis – karena mengandung asam lemak ALA. Minyak ini juga kaya dengan zat antioksidan polifenol yang disebut ellagitannin – yang pada akhirnya dapat menangkal efek radikal bebas.Sebagai informasi, peradangan yang tak terkendali dikaitkan dengan beragam masalah kesehatan, termasuk beberapa jenis kanker hingga penyakit jantung.

4. Mengontrol kadar trigliserida dan kolesterol

Konsumsi kacang kenari berpotensi untuk mengendalikan kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat atau LDL. Dengan demikian, konsumsi minyak kenari juga dikaitkan dengan efek yang sama.Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Angiology, konsumsi kapsul yang mengandung 3 gram minyak kenari selama 45 hari dilaporkan dapat menurunkan kadar trigliserida.

5. Berpotensi untuk menurunkan risiko kanker

Manfaat menarik lain dari minyak kenari adalah berpotensi untuk menghambat perkembangan kanker. Ellagitannin dalam kenari dapat diubah tubuh menjadi asam elagat, yang kemudian diubah lagi menjadi urolithin. Menurut studi tabung, urolithin dapat mengontrol faktor risiko kanker prostat yang disebut antigen spesifik prostat.Konsumsi kacang kenari juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara dan kanker kolorektal.

6. Mengendalikan gula darah

Konsumsi minyak kenari juga dikaitkan dengan pengendalian gula darah. Berdasarkan sebuah riset pada tahun 2016, konsumsi satu sendok makan minyak kacang kenari selama tiga bulan dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c.Efek penurunan gula darah minyak kenari diyakini berasal dari tingginya zat antioksidan. Zat antioksidan dapat mengendalikan stres oksidatif yang dikaitkan dengan gula darah tinggi.

Catatan dari SehatQ

Minyak kenari menawarkan beragam manfaat yang menarik untuk kesehatan, termasuk di antaranya mengontrol tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait minyak kenari, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
nutrisigula darahantioksidankesehatan kulit
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/walnut-oil
Diakses pada 9 Februari 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24500935
Diakses pada 9 Februari 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12934760
Diakses pada 10 Februari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/walnut-oil-nutrition-facts-and-health-benefits-5070204
Diakses pada 10 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait