Ragam Manfaat Infused Water Semangka yang Menyegarkan


Minum infused water setiap hari boleh dilakukan dan menjadi lebih sehat karena campuran buah, seperti semangka, lemon, hingga kurma. Manfaat infused water semangka sama seperti mengonsumsi buah semangka, tapi dengan kalori yang lebih rendah, yakni sangat baik untuk menghidrasi tubuh dan kulit.

0,0
01 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat infused water semangka umumnya sama dengan semangkaInfused water semangka punya banyak manfaat bagi kesehatan
Infused water, yang juga dikenal sebagai detox water, adalah air yang sudah ‘diinfus’ dengan rasa buah-buahan, sayur-mayur, atau rempah-rempah segar. Salah satu jenis infused water yang banyak menarik perhatian adalah semangka. Selain mudah dibuat, manfaat infused water semangka dianggap sangat baik bagi kesehatan.Cara membuat infused water semangka sangat mudah, yakni hanya dengan memasukkan potongan buah semangka ke dalam air minum. Karena bahan utamanya hanya semangka saja, maka manfaat infused water dari buah semangka kurang lebih sama dengan manfaat buah semangka itu sendiri.

Kelebihan infused water dibandingkan air putih

Meski sama-sama terbuat dari air putih, namun ada sejumlah kelebihan infused water jika dibandingkan minum air putih biasa atau mengonsumsi buahnya secara langsung.Beberapa keunggulan minuman infused water dibandingkan air putih biasa adalah ada tambahan nutrisi yang didapatkan dari rendaman buah, sayur, atau rempah yang dipilih. Buah semangka mengandung vitamin C, vitamin B1 dan B2, kalsium, kalium, beta-karoten, hingga fosfor. Semangka juga kaya akan mineral dan air yang bisa mencegah dehidrasi.Selain itu, jika dibandingkan dengan memakan buah utuh atau minum jus, infused water memiliki kalori lebih sedikit. Sehingga, minum infused water direkomendasikan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.Baca juga: Jangan Lewatkan Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Ini

Manfaat infused water semangka

Salah satu infused water yang digemari adalah infused water semangka. Untuk membuatnya, Anda bisa merendam buah semangka di dalam botol air selama 1-12 jam dan simpan di lemari es.Infused water semangka dapat dibuat dari semangka saja atau diberikan campuran bahan, seperti daun mint dan buah-buahan lainnya. Selain mudah dibuat, manfaat infused water dari campuran buah semangka juga cukup banyak.

1. Merehidrasi lebih cepat

Semangka merupakan buah yang kaya kandungan air. Sekitar 92 persen dari semangka merupakan air. Selain itu, cairan semangka juga kaya akan mineral yang cepat merehidrasi tubuh, seperti kalsium, magnesium, dan kalium.Manfaat infused water dari buah semangka adalah rehidrasi tubuh lebih cepat dari air biasa, bahkan minuman elektrolit sekalipun. Infused water semangka sangat cocok menjadi teman berolahraga supaya ion-ion tubuh yang hilang dapat tergantikan dengan cepat.

2. Menyehatkan kulit

Semangka merupakan sumber vitamin A dan E. Kombinasi kedua vitamin ini dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Manfaat infused water semangka juga dapat menghidrasi kulit sehingga mampu memperlambat proses penuaan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda harus meminumnya secara rutin layaknya minum air biasa.Semangka juga merupakan sumber likopen yang merupakan senyawa antioksidan yang kaya manfaat. Likopen dapat menyehatkan kulit sekaligus memberikan perlindungan dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV).Namun perlu diingat, bukan berarti manfaat infused water semangka dapat menggantikan peran losion tabir surya. Penggunaan losion tabir surya topikal tetap diperlukan untuk perlindungan maksimal dari pengaruh buruk sinar UV.

3. Menyehatkan pencernaan

Salah satu manfaat infuse water campuran semangka dan mint adalah menyehatkan saluran pencernaan, karena kaya akan serat dan air.Selain menyehatkan saluran pencernaan, daun mint dianggap mampu mengurangi gejala-gejala mengganggu dari irritable bowel syndrome (IBS). Daun mint juga membuat infused water lebih segar, mengatasi bau mulut, serta membantu mengatasi stres dan kecemasan.

4. Sehat bagi jantung

Semangka termasuk buah-buahan yang dapat dikonsumsi tanpa membahayakan jantung. Pasalnya, semangka rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, lemak, atau natrium.Selain itu, ada sejumlah manfaat lebih dari infused water semangka bagi jantung, yaitu:
  • Kandungan magnesiumnya mampu menjaga detak jantung tetap stabil.
  • Fosfor bermanfaat bagi aktivitas listrik pada jantung.
  • Likopen pada semangka berperan dalam mengontrol tekanan darah.
  • Asam amino menjaga kesehatan kardiovaskuler dan melancarkan aliran darah.

5. Membantu proses detoksifikasi

Semangka dan lemon adalah dua buah yang mengandung tinggi vitamin C. Oleh sebab itu, infused water semangka dan lemon dapat membantu proses detoksifikasi atau pembuangan zat beracun yang berbahaya dri dalam tubuh.Proses detoksifikasi akan membantu fungsi kerja organ hati, ginjal, dan pencernaan dalam membuang kotoran sisa makanan. Selain itu, kandungan sitrat pada lemon juga dapat membantu memaksimalkan enzim yang bisa merangsang fungsi kerja hati dalam proses detoksifikasi.

6. Minuman elektrolit alami

Semangka mengandung air yang cukup tinggi untuk membantu mencegah dehidrasi. Jika ditambahkan kurma, maka kedua buah tersebut adalah campuran yang khas untuk dijadikan minuman elektrolit alami.Infused water semangka dan kurma bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang. Kurma mengandung kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh.Baca juga:  Jenis Minuman Sehat Selain Air Putih untuk Mencagah Tubuh Terserang Penyakit

Pesan dari SehatQ

Itulah beberapa manfaat infused water semangka bagi kesehatan. Infused water dapat diminum oleh siapa saja, termasuk ibu hamil dan menyusui. Untuk mendapatkan hasil maksimal, infused water bisa diminum setiap hari atau setidaknya dua kali dalam seminggu.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar semangka atau buah-buahan sehat lainnya, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
buah dan sayuraninfused water
Linnaistyle. https://www.lynnaistyle.com/watermelon-infused-water-benefits/
Diakses 19 Oktober 2020
Watermelon. https://www.watermelon.org/nutrition/watermelons-benefits/#heart-happy
Diakses 19 Oktober 2020
Watermelon. https://www.watermelon.org/nutrition/watermelons-benefits/#lycopene-leader
Diakses 19 Oktober 2020
My Balance Meal. https://blog.mybalancemeals.com/recipes/11-refreshing-infused-water-recipes-and-their-benefits/
Diakses 19 Oktober 2020
Infused Waters. https://www.infusedwaters.com/watermelon-infused-water-working
Diakses 19 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/detox-water-101
Diakses 19 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait