Ragam Manfaat Alpukat untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Manfaat alpukat untuk rambut termasuk melembapkan dan melembutkannya
Alpukat diyakini melembapkan rambut serta melembutkannya

Buah alpukat tak sekadar menjadi panganan lezat untuk memanjakan lidah. Buah ini pun mengandung segenap nutrisi untuk rambut sehat, seperti asam lemak dan biotin, jika kita rutin mengoleskannya langsung. Apa saja manfaat alpukat untuk rambut? Simak pembahasannya dan intip cara membuat resepnya.

Ragam manfaat alpukat untuk rambut

Dengan kandungan asam lemak, vitamin, dan mineralnya, berikut ini manfaat alpukat untuk rambut agar lebih sehat dan bersinar:

1. Melembapkan rambut

Kandungan kunci yang memberikan manfaat alpukat untuk rambut adalah minyak alami, serta asam lemak tak jenuh ganda maupun tunggalnya. Kedua asam lemak ini sering kita rujuk sebagai lemak baik dan membantu melembapkan dan menutrisi rambut.

Khasiat di atas tentu bisa dinikmati oleh semua jenis rambut. Namun, rambut yang kering dan dehidrasi akan lebih terbantu dengan efek melembapkan dari alpukat ini.

2. Menyehatkan kulit kepala

Sebagai jenis buah-buahan, alpukat telah termasyhur dengan kandungan vitaminnya. Vitamin dalam alpukat berpotensi untuk memperkaya kulit kepala dan membuatnya terlihat sehat, bersinar, dan terhidrasi dengan baik.

Masker alpukat untuk rambut
Alpukat membantu menyehatkan kulit kepala

Salah satu vitamin tersebut adalah biotin atau vitamin B7, vitamin yang sudah memiliki popularitas untuk membantu pertumbuhan rambut dan kuku.

3. Diyakini melembutkan dan membuatnya terlihat bersinar

Sebenarnya, belum banyak riset yang mengkaji manfaat alpukat untuk rambut. Namun, asam lemak sebagai kesatuan nutrisi telah dilaporkan membantu meningkatkan kualitas rambut secara keseluruhan dan mengurangi minyaknya, seperti yang dilaporkan sebuah riset dalam Journal of Cosmetology & Trichology.

Mineral dalam minyak alpukat, seperti kalium dan magnesium, juga dilaporkan membantu  menutup celah-celah sel kutikula. Hal ini  akan membuat rambut terlihat lembut, bersinar, dan tak mudah patah.

Resep dan cara membuat masker alpukat untuk rambut

Kita bisa mencicipi manfaat alpukat rambut di atas dengan membuat masker alpukat. Resep masker alpukat untuk rambut berikut ini juga amatlah mudah dengan campuran bahan lain yang ada di sekitar Anda.

1. Masker alpukat dengan minyak kelapa

Pada resep ini, Anda hanya membutuhkan satu buah alpukat  dengan 2-3 sendok makan minyak kelapa. Buatlah bubur dari satu buah alpukat dan campurkan tetesan minyak kelapa. Setelah jadi, oleskan campuran tersebut mulai dari ujung rambut dan lanjutkan ke kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan bilas segera dengan bersampo seperti biasa.

Minyak kelapa memang dikenal berkhasiat untuk rambut, terutama melindungi kesehatan rambut dan hilangnya protein rambut.

2. Masker alpukat dengan telur dan minyak zaitun

Pada resep masker alpukat untuk rambut ini, Anda membutuhkan setengah buah alpukat, satu butir telur, dan satu sendok teh minyak zaitun. Campurkan semua bahan menggunakan sendok atau garpu. Kemudian, oleskan campuran tersebut dari akar ke ujung rambut. Setelah 20 menit, bersampolah dengan air dingin.

Telur merupakan sumber protein sehingga dapat memberikan manfaat ekstra untuk menguatkan rambut bila digabungkan dengan alpukat.

3. Masker alpukat dengan pisang

Pisang memiliki kandungan silika yang tinggi, yang membantu membuat rambut lebih berkilau dan melembutkannya. Cara membuatnya dengan alpukat pun tak sulit. Campurkan satu buah pisang dengan setengah buah alpukat. Oleskan campuran masker alpukat dan pisang dari akar ke ujung rambut yang lembap dan bilas setelah beberapa saat.

4. Masker alpukat dengan yogurt, madu, dan minyak zaitun

Yogurt mengandung probiotik yang dilaporkan dapat mengurangi ketombe pada rambut. Untuk membuat maskernya bersama dengan alpukat, bahan berikut ini bisa Anda campurkan:

  • 1 cangkir yogurt Greek tanpa rasa
  • ½ buah alpukat matang
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok makan madu

Campurkan semua bahan hingga teraduk dengan sempurna. Kemudian, aplikasikan bubur yogurt dan alpukat tersebut pada rambut yang lembap.

Kandungan madu di masker ini akan mengunci kelembapan dan menarik air dari udara.

Catatan dari SehatQ

Manfaat alpukat untuk rambut amatlah mengesankan berkat kandungan asam lemak, vitamin, dan mineralnya. Cara membuat masker alpukat pun cenderung mudah dan bisa Anda campurkan dengan bahan-bahan lain yang tak sulit dicari.

Healthline. https://www.healthline.com/health/avocado-hair-mask
Diakses pada 1 Juli 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-use-hair-mask
Diakses pada 1 Juli 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-hair
Diakses pada 1 Juli 2020

Hilaris Publisher. https://www.hilarispublisher.com/open-access/efficacy-of-a-nutritional-supplement-standardized-in-fatty-acids-and-phytosterols-on-hair-loss-and-hair-health-in-both-women-and-m-2471-9323-1000121.pdf
Diakses pada 1 Juli 2020

Artikel Terkait