Ragam Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

(0)
05 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat aktivitas fisik tidak hanya dirasakan pada tubuh saja tapi juga mentalAktivitas fisik seperti jogging dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental
Salah satu bagian penting dari gaya hidup sehat adalah aktif bergerak. Tidak jarang, dokter juga menganjurkan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan aktif sebagai pencegahan sekaligus pengobatan penyakit.Khususnya dengan rajin berolahraga. Berjalan, berenang, berlari, bersepeda, hingga latihan kardio merupakan beberapa aktivitas fisik yang bisa mendatangkan manfaat kesehatan.Bukan saja berdampak pada kesehatan tubuh, manfaat aktivitas fisik juga dapat dirasakan pada kesehatan mental. Tidak hanya terbatas pada olahraga tertentu, berbagai aktivitas rutin, seperti mengerjakan pekerjaan rumah atau jalan santai di pagi hari, sudah bisa mendatangkan keuntungan bagi kesehatan.

Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan tubuh

Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda menjadi aktif bergerak dan otot pada berbagai bagian tubuh juga dapat dilatih. Hal ini juga membawa manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan.Berikut adalah beberapa manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan tubuh dan mental.

1. Mengontrol berat badan ideal

Punya berat badan ideal akan membuat tubuh Anda terasa lebih sehat dan bugar. Banyak penelitian menunjukkan kaitan antara tubuh yang kurang gerak dengan kenaikan berat badan dan kegemukan.Sebaliknya, semakin banyak bergerak, semakin banyak manfaat aktivitas fisik yang dapat dirasakan. Salah satunya adalah metabolisme tubuh yang meningkat sehingga dapat membakar kalori lebih banyak dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Menurunkan risiko penyakit berbahaya

Badan yang kurang gerak bisa menyebabkan menumpuknya kalori dan timbunan lemak dalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko untuk terserang beragam penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, hingga stroke.Aktivitas fisik dapat membantu Anda meraih berat badan ideal sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari. Tentunya hal ini harus dibarengi dengan gaya hidup sehat lainnya, misalnya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

3. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Mengombinasikan asupan protein dengan jenis olahraga tertentu, misalnya angkat beban, dapat merangsang pembentukan otot.Sebab, latihan fisik tubuh akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan penyerapan asam amino oleh otot sehingga massa dan kekuatan otot terjaga. Otot yang lemah akan menyebabkan Anda mudah terkena cedera.Selain itu, manfaat latihan fisik juga dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis saat lanjut usia.Khususnya, jika Anda melakukan olahraga high-impact, yakni olahraga yang memiliki gerakan beragam dan dinamis, di mana ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh permukaan lantai atau tanah. Contoh olahraga high-impact, yakni berlari, sepak bola, basket, atau badminton.

4. Menjaga kesehatan kulit

Olahraga teratur dalam batas yang wajar dapat mendorong tubuh untuk menghasilkan antioksidan alami dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dapat menjaga kesehatan sel kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan lebih cepat.

5. Menjaga kesehatan otak

Aktivitas fisik juga dapat meningkatkan detak jantung dan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen pada otak. Hal ini mampu meningkatkan kinerja otak, meningkatkan kemampuan berpikir, dan mengingat.

Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan mental

Manfaat aktivitas fisik tidak hanya terbatas pada kesehatan jasmani, tapi juga memiliki dampak positif bagi kesehatan mental.

1. Meningkatkan suasana hati

Saat suasana hati sedang buruk, tidak ada salahnya jika Anda beranjak dari kursi dan mulai melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat memicu berbagai senyawa kimia otak yang dapat menurunkan perasaan gelisah. Anda juga dapat merasa lebih bahagia dan rileks dengan melakukan beragam aktivitas fisik.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Aktivitas fisik dapat membuat tubuh Anda lebih bugar dan sehat sehingga tampak lebih menarik. Tentunya, hal ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan membuat Anda lebih menghargai diri sendri.Manfaat aktivitas fisik bisa dinikmati apabila Anda melakukannya secara teratur dan tidak berlebihan. Kenali jenis olahraga yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebelum mulai melakukan berbagai aktivitas fisik.
olahragalatihan fisik
Very well health
https://www.verywellfit.com/is-high-impact-exercise-right-for-you-1230821
Dakses 21 Agustus 2020
Health Line
https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise
Dakses 21 Agustus 2020
Mayo Clinic
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389#:~:text=Regular%20physical%20activity%20can%20improve,energy%20to%20tackle%20daily%20chores.
Dakses 21 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait