logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Ragam Makanan yang Mengandung Yodium, Mineral Penting untuk Tiroid

open-summary

Makanan yang mengandung yodium cukup beragam, terutama rumput laut, garam beryodium, dan produk susu. Udang, telur, dan tuna juga merupakan sumber yodium.


close-summary

5

(2)

27 Jan 2021

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Makanan yang mengandung yodium bukan hanya garam saja tetapi juga udang dan telur

Ada beragam jenis makanan yang mengandung yodium, seperti telur, udang, dan garam beryodium

Table of Content

  • Daftar makanan yang mengandung yodium
  • Kebutuhan yodium harian untuk tubuh
  • Catatan dari SehatQ

Yodium merupakan jenis mineral mikro yang krusial bagi tubuh. Mineral ini diperlukan oleh kelenjar tiroid serta terlibat dalam produksi hormon tiroid. Yodium bisa didapatkan dari sejumlah makanan sehat. Lantas apa saja makanan yang mengandung yodium tinggi? Ini ulasan selengkapnya. 

Advertisement

Daftar makanan yang mengandung yodium

Berikut ini berbagai sumber makanan yang mengandung yodium:

1. Rumput laut kelp

Rumput laut merupakan salah satu makanan yang mengandung yodium – selain juga mengantongi zat antioksidan, vitamin, dan beberapa jenis mineral lain. Kadar yodium dalam rumput laut dapat berbeda tergantung jenisnya, daerah asal tumbuhnya, dan cara penyajiannya. 

Dikutip dari NIHKelp, jenis rumput laut cokelat yang populer untuk kaldu sup dashi, mengandung 2,984 mikrogram yodium per 1 lembar (1 gram). Jumlah tersebut sangat tinggi karena memenuhi hampir 2.000% kebutuhan harian tubuh terhadap yodium. Individu dengan hipertiroidisme perlu berhati-hati dengan makanan tinggi yodium, termasuk dalam kelp.

2. Rumput laut wakame

Wakame merupakan makanan yang mengandung yodium
Rata-rata wakame mengandung 66 mikrogram yodium

Wakame merupakan jenis rumput laut cokelat lain yang juga menjadi sumber yodium. Kadar yodium dalam wakame sangat bervariasi tergantung wilayahnya tumbuh. Dilaporkan bahwa wakame yang tumbuh di Asia mengandung yodium dengan kadar yang lebih tinggi dibandingkan yang tumbuh Australia dan Selandia Baru. 

Rata-rata wakame bisa mengandung 66 mikrogram yodium tiap gramnya, memenuhi 44% dari kebutuhan harian tubuh. 

3. Rumput laut nori

Bila wakame dan kelp merupakan jenis rumput laut cokelat, maka nori tergolong sebagai rumput laut merah yang juga menjadi makanan beryodium. Dibandingkan wakame dan kelp, kadar yodium dalam nori cenderung lebih rendah. Rumput laut ini mungkin paling Anda kenali karena menjadi bahan untuk membuat sushi roll. 

Setiap satu gram nori mengantongi yodium dengan kadar 16-43 mikrogram. Kadar tersebut mencukupkan sekitar 11-29% kebutuhan harian tubuh terhadap yodium.

Baca juga: Fungsi Yodium dan Bahayanya Jika Tubuh Kekurangan Zat Ini

4. Garam beryodium

Garam beryodium berguna untuk mencegah penyakit gondok , yaitu suatu kondisi akibat defisiensi yodium. Setiap seperempat sendok teh garam beryodium mengantongi yodium hingga 71 mikrogram. Jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 47%. 

Namun, walau seolah mengonsumsi yodium amat mudah dari garam jenis ini, penting untuk diingat bahwa garam beryodium tetap mengandung mineral lain yang disebut natrium. Konsumsi natrium berlebihan dikaitkan dengan risiko hipertensi pada beberapa individu.

5. Susu

Susu pun ternyata mengandung yodium dalam kadar yang cukup. Namun, kadar yodium dalam susu dapat bervariasi antara satu merek dengan merek lain, baik untuk susu untuk orang dewasa, susu pertumbuhan anak-anak, hingga susu untuk ibu hamil.

Misalnya, satu merek produk susu pertumbuhan anak-anak di Indonesia mengandung yodium yang memenuhi kebutuhan harian hingga 15% per 35 gram. Perhatikan informasi nilai gizi dengan saksama jika Anda hendak membeli produk susu apa pun.

6. Yogurt

Yodium juga merupakan sumber yodium
Satu cup yogurt tanpa rasa memenuhi 50% kebutuhan harian tubuh terhadap yodium

Yogurt menjadi produk susu yang juga menjadi sumber yodium dalam kadar yang mengesankan. Seperti pada susu, kadar yodium dalam tiap produk yogurt juga dapat bervariasi. Namun, satu cup yogurt tanpa rasa bisa menyediakan yodium yang memenuhi hingga 50% kebutuhan harian tubuh.

7. Keju

Produk susu lain yang juga menjadi makanan beryodium adalah keju. Kadar yodium dalam keju juga dapat bervariasi tergantung jenisnya.

Salah satu jenis keju yang menjadi sumber yodium yang baik adalah keju cottage. Satu cup keju cottage dapat menawarkan yodium dengan kadar hingga 65 mikrogram. 

8. Udang

Selain tinggi protein, udang juga merupakan makanan beryodium.  Setiap 85 gram udang mengandung yodium hingga 35 mikrogram. Kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 23%.

9. Tuna

Tuna turut menjadi salah satu makanan yang mengandung yodium, selain juga tinggi protein dan omega-3, namun dengan kalori yang rendah. Setiap 85 gram tuna mengantongi yodium hingga 17 mikrogram. Kadar tersebut mencukupkan kebutuhan tubuh hingga 11%.

10. Telur

Makanan sumber yodium yang juga mudah dicari adalah telur. Namun, sebagian besar yodium dalam telur terkonsentrasi pada kuningnya. Kadar yodium dalam telur dapat bervariasi, tergantung pada beberapa faktor seperti pakan yang diberikan pada ayam.

Satu telur berukuran besar mengandung yodium hingga 24 mikrogram – memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 16%.

Baca juga: 11 Makanan yang Mengandung Mineral, Seberapa Sering Anda Konsumsi?

Kebutuhan yodium harian untuk tubuh

Selain dapat mengendalikan metabolisme tubuh, hormon tiroid juga berperan untuk menstabilkan detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh, serta mengatur makanan dalam tubuh yang akan diubah menjadi sumber energi.

Berikut rekomendasi asupan yodium harian berdasarkan jenis kelamin dan usia:

  • Bayi usia kurang dari 1 tahun: 90-120 mikrogram/hari
  • Anak usia 1-11 tahun: 120 mikrogram/hari
  • Orang dewasa dan remaja: 150 mikrogram/hari
  • Ibu hamil: 220 mikrogram/hari
  • Ibu menyusui 250 mikrogram/hari

Pastikan Anda mencukupi kebutuhan yodium harian yang disarankan. Pasalnya, kekurangan yodium akan meningkatkan risiko penyakit gondok, hipertiroidisme, gangguan otak pada janin, hingga bayi lahir dengan berat rendah.

Catatan dari SehatQ

Ada beragam jenis makanan yang mengandung yodium. Sumber yodium termasuk rumput laut, susu, keju, udang, serta garam beryodium.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait makanan beryodium, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi nutrisi terpercaya.

Advertisement

makanan sehatnutrisikekurangan yodium

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved