Ragam Makanan untuk Perut Kembung yang Bisa Legakan Perut Anda

(0)
29 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu makanan untuk perut kembung adalah mentimunMentimun dianggap mampu redakan perut kembung
Perut kembung dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini biasanya disebabkan masalah pencernaan, seperti sembelit atau kelebihan gas. Kabar baiknya, kondisi ini dapat diredakan dengan asupan makanan untuk perut kembung.Jika Anda sering mengalami masalah ini, ada baiknya menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk perut kembung sekaligus menghindari hal-hal yang dapat memperburuk kondisinya.

Makanan untuk perut kembung

Banyaknya pilihan makanan penghilang perut kembung membuat Anda dapat menyesuaikannya dengan selera atau kebutuhan. Berikut adalah makanan untuk perut kembung yang bisa Anda pilih.

1. Mentimun

Mentimun mengandung air hingga 95 persen sehingga baik untuk mencegah retensi cairan dan mengurangi kembung yang disebabkan oleh dehidrasi.Serat pada makanan untuk perut kembung ini juga sangat baik bagi kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit yang menjadi salah satu penyebab kembung.

2. Seledri

Selain kandungan air yang tinggi, seledri mengandung manitol yang dapat melunakkan tinja sehingga mencegah sembelit dan perut kembung.

3. Oatmeal

Tingginya serat pada oatmeal menjadikannya sangat efektif sebagai makanan untuk perut kembung. Kandungan beta glukannya bersifat antiradang yang menyehatkan pencernaan.

4. Jahe

Jahe telah terbukti secara ilmiah dapat membantu pengosongan perut dan mencegah kembung. Enzim zingibain yang dimiliki jahe juga bisa membantu memecah protein secara lebih efisien dan menyehatkan pencernaan.

5. Asparagus

Asparagus merupakan makanan untuk perut kembung yang mengandung inulin, yakni serat prebiotik yang menjaga kesehatan usus dan mencegah kembung sekaligus sembelit.

6. Kunyit

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit bersifat sebagai antiradang, mampu meningkatkan kesehatan usus, dan mengurangi gejala sindrom iritasi usus, termasuk sembelit dan perut kembung.

7. Adas

Adas merupakan makanan untuk perut kembung yang mengandung sifat antispasmodik. Hal ini dapat membantu mengendurkan otot di saluran usus dan meredakan kembung.Selain itu, ada juga buah untuk perut kembung yang kaya nutrisi dan menyehatkan pencernaan. Selain dimakan langsung, buah-buahan ini dapat diolah menjadi jus sebagai minuman untuk perut kembung.

8. Buah-buahan berry

Buah-buahan berry, seperti stroberi, blueberry, dan blackberry, kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, buah-buahan berry juga kaya akan serat yang menyehatkan pencernaan dan mencegah kembung.

9. Alpukat

Alpukat termasuk buah untuk perut kembung berkat kandungan mineral penting di dalamnya yang berperan mengatur keseimbangan cairan, serta serat yang mampu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

10. Pisang

Pisang digolongkan sebagai buah untuk perut kembung karena mengandung serat dan kalium yang bermanfaat bagi keseimbangan cairan dan menjaga kesehatan pencernaan.

11. Pepaya

Pepaya merupakan buah tropis yang dikenal mampu membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit yang kerap menyebabkan kembung.

12. Nanas

Bromelain pada nanas dapat membantu mengobati gangguan pencernaan, termasuk melawan peradangan dan mengatasi kembung.

13. Apel

Apel digolongkan sebagai makanan untuk perut kembung karena kandungan pektin-nya yang dapat mempercepat pergerakan makanan di pencernaan.

14. Kiwi

Kiwi adalah buah untuk perut kembung yang mengandung enzim aktinidin. Sebuah penelitian pada hewan uji mengungkapkan bahwa enzim aktinidin terbukti mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mempercepat pengosongan perut.

Minuman untuk perut kembung

Kombucha
Kombucha dianggap mampu meredakan perut kembung
Selain makanan untuk perut kembung, Anda juga dapat mencoba melegakan pencernaan dengan minuman untuk perut kembung berikut ini:

1. Yogurt

Yogurt adalah minuman kaya probiotik yang berperan penting dalam kesehatan usus, serta dapat mengatasi sembelit dan mengurangi perut kembung.

2. Teh hijau

Teh hijau dianggap sebagai minuman untuk perut kembung karena dapat mencegah retensi cairan, meredakan peradangan, serta memiliki kandungan kafein yang mencegah sembelit dan perut kembung.

3. Teh peppermint

Minyak peppermint telah terbukti dapat mencegah kejang otot perut dan usus, serta mencegah kembung. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan teh peppermint memiliki manfaat yang sama sebagai minuman untuk perut kembung.

4. Kombucha

Kombucha adalah sejenis minuman fermentasi dari teh hitam dan teh hijau. Minuman untuk perut kembung ini kaya akan probiotik dan dapat meningkatkan kesehatan dan keteraturan buang air besar.

Hal yang perlu dihindari saat mengalami perut kembung

Perut kembung
Sejumlah hal perlu dihindari saat mengalami perut kembung
Selain mengonsumsi minuman dan makanan untuk perut kembung, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat mengalami perut kembung.
  • Makan secara berlebihan
  • Mengonsumsi makanan berlemak
  • Makan terlalu cepat
  • Mengonsumsi makanan yang menyebabkan bertambahnya gas perut, termasuk menguyah permen karet, konsumsi minuman bersoda, dan mengisap permen yang keras
  • Mengonsumsi makanan penyebab kembung, seperti kacang-kacangan, produk susu, makanan whole grain, dan pemanis buatan
  • Konsumsi kafein dan alkohol
  • Mengonsumsi terlalu banyak sayuran, seperti kubis brussel, kol, dan kembang kol
  • Makan camilan sepanjang hari.
Perut kembung umumnya bukan disebabkan hal yang berbahaya. Meski demikian, segera kunjungi dokter apabila perut kembung disertai dengan rasa sakit, sembelit, penurunan berat badan yang tidak terduga, demam, menggigil, atau keringat malam.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatperut kembung
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-help-with-bloating
Diakses 17 Mei 2021
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/features/bloated-bloating#2
Diakses 17 Mei 2021
Best Health Mag. https://www.besthealthmag.ca/article/dos-and-donts-to-beat-bloating/
Diakses 17 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait