Ragam Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 7 Bulan

(0)
05 Jul 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sayur dan buah, makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulanMakanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan salah satunya adalah sayur-sayuran
Memasuki trimester ketiga, kondisi kehamilan sudah harus dipersiapkan untuk mendukung proses persalinan yang semakin dekat. Persiapan ini bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan.Pada bulan-bulan pertama kehamilan hingga berakhirnya trimester kedua, ibu hamil cenderung mengonsumsi makanan-makanan yang mereka idamkan. Sayangnya, tidak semua makanan tersebut menyehatkan tubuh. Kebiasaan tersebut masih bisa diubah pada trimester ketiga, sehingga ibu dan janin yang dikandungnya semakin kuat.Makanan yang dikonsumsi ibu hamil pada trimester terakhir kehamilan ini pun tidak hanya akan berpengaruh untuk janin selama berada di dalam kandungan. Menurut para ahli, asupan yang dikonsumsi pada waktu ini juga akan memengaruhi kesehatan anak dalam jangka panjang setelah dilahirkan.

Jenis makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan

Saat kehamilan masuk usia 7 bulan, ibu hamil membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari. Sebab, pada tahap ini janin berkembang dengan sangat pesat. Meski begitu, Anda harus ingat bahwa tambahan kalori tersebut harus didapatkan dari berbagai makanan sehat, bukan dari camilan berlemak yang tinggi gula maupun garam.Berikut ini contoh makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin.

1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab, asam amino yang ada di dalamnya berperan penting dalam pertumbuhan janin.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan selada merupakan sumber vitamin K. Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk membantu proses pembekuan darah di tubuh berlangsung normal.Ibu hamil perlu mengonsumsi cukup vitamin K agar saat melahirkan, risiko terjadinya perdarahan bisa berkurang. Vitamin K juga berperan penting dalam pembentukan tulang bayi. Sayuran hijau juga pun menjadi sumber serat yang dapat mencegah terjadinya konstipasi dan melancarkan pencernaan.

3. Daging merah

Selain dapat berperan sebagai sumber protein, daging merah juga mengandung zat besi yang sangat penting untuk ibu hamil. Mineral ini mampu mencegah terjadinya anemia selama masa kehamilan dan perdarahan saat persalinan. Zat besi juga akan mengurangi risiko terjadinya persalinan prematur.

4. Ayam

Ayam juga mengandung zat besi sekaligus protein, sehingga baik untuk dimasukkan dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan.

5. Susu dan produk olahannya

Kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan untuk ibu dan janin pada trimester ketiga. Sebab, mineral ini akan membantu menyempurnakan pembentukan sistem rangka janin dan struktur tulang yang kuat.
Susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt, bisa menjadi sumber kalsium alami.

6. Buah-buahan

Buah-buahan seperti labu dan aprikot bisa menjadi sumber zat besi. Sementara itu melon, anggur dan delima merupakan buah yang kaya akan vitamin K. Di sisi lain, buah jeruk dan lemon kaya akan kandungan vitamin C yang mempermudah tubuh menyerap zat besi.Sehingga, buah-buahan sangatlah cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat ibu hamil maupun dimasukkan ke dalam menu sarapan yang lezat.

7. Kacang dan biji-bijian

Kacang hitam, biji gandum, kacang almon, dan biji labu merupakan makanan yang dapat menjadi sumber magnesium. Mineral ini dibutuhkan oleh ibu hamil terutama pada bulan ketujuh kehamilan, untuk mencegah kram kaki, membuat otot menjadi rileks dan menghindarkan persalinan prematur.

8. Ikan dan minyak ikan

Perkembangan dan kecerdasan otak anak sudah mulai terbentuk sejak ia masih berada di dalam kandungan. Sehingga, ibu hamil juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak DHA yang dapat mendukung semua proses tersebut.Mengonsumsi ikan yang berlemak seperti tuna dapat menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan DHA bagi Si Kecil. Selain itu, mengonsumsi minyak ikan secara teratur pun dapat Anda lakukan.

9. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu sumber alami asam folat yang sangat penting untuk perkembangan bayi di dalam kandungan untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Selain oatmeal, roti yang terbuat dari gandum utuh serta sereal gandum yang diperkaya dengan asam folat juga baik dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan. Makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan perlu diolah dengan cara yang baik agar manfaatnya bisa terjaga. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak memasaknya dengan cara digoreng, atau dibumbui dengan terlalu banyak garam maupun bumbu-bumbu lain yang dapat menambah nilai kalori makanan tersebut secara drastis.Merebus, mengukus, dan memanggang bisa jadi pilihan cara mengolah yang lebih sehat. Untuk menambah rasa makanan sambil tetap membatasi konsumsi garam, gunakanlah rempah-rempah seperti bawang, jahe, kunyit, atau lada.

Catatan dari SehatQ

Ada beragam makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan, sehingga Anda bisa membuat menu yang bervariasi setiap harinya. Pastikan setiap menu yang dikonsumsi bisa menyumbangkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi.Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga perlu menghindari makanan tidak sehat seperti junk food atau makanan cepat saji, makanan yang tinggi lemak, hingga makanan pedas. Sertai juga pola makan yang sehat ini dengan olahraga teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilmakanan untuk hamil
Baby Center. https://www.babycenter.in/a551186/eating-well-in-your-seventh-month-of-pregnancy
Diakses pada 30 Juni 2020
Firstcry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/seventh-month-pregnancy-diet-25-28-weeks/
Diakses pada 30 Juni 2020
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/the-third-trimester-diet-change-you-need-to-make-now/
Diakses pada 30 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait