Ragam Kandungan dan Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Tubuh


Kandungan jeruk amatlah kaya karena mengandung vitamin, mineral, serta senyawa tumbuhan. Nutrisi ini membuat manfaat jeruk untuk kesehatan beragam, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga tulang.

0,0
28 Jul 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
manfaat jeruk berasal dari kandungan buah ini yang kaya vitamin dan mineralJeruk mengandung beragam vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tumbuhan
Rasanya mustahil jika ada orang yang tak suka buah jeruk. Buah populer ini memiliki rasa asam manis dan memberikan sensasi yang menyegarkan dari bulirnya. Tak hanya soal rasa, buah jeruk juga mengandung beragam nutrisi yang membuatnya populer sebagai makanan sehat. Apa saja kandungan dan manfaat jeruk untuk kesehatan?

Ragam kandungan jeruk yang bernutrisi dan menyehatkan tubuh

Agar Anda semakin cinta pada buah oranye ini, kenali profil kandungan jeruk serta jenis nutrisi yang akan Anda dapatkan. Berikut kandungan gizi buah jeruk yang kaya akan vitamin dan mineral:

1. Profil kandungan jeruk

Mengonsumsi jeruk seberat 100 gram akan memberikan kita nutrisi berikut ini:
  • Kalori jeruk: 47
  • Air: 87%
  • Protein: 0,9 gram
  • Karbohidrat: 11,8 gram
  • Gula: 9,4 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak: 0,1 gram

2. Kandungan karbohidrat dalam jeruk

Seperti yang tercantum di atas, kandungan jeruk yang utama adalah karbohidrat dan air dengan sedikit protein, lemak, dan kalori. Nutrisi jeruk berupa karbohidrat utamanya yakni gula sederhana, termasuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa.Namun, walau mengandung gula, buah jeruk memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni dengan rentang 31-51. Indeks glikemik merujuk pada seberapa cepat makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan gula darah. Semakin rendah indeks glikemik makanan, cenderung semakin baik pula efeknya untuk kesehatan.

3. Kandungan serat dalam buah jeruk

Apabila Anda ingin mencukupkan kebutuhan serat pangan harian dengan mudah, maka jeruk adalah pilihan sempurna. Bahkan, satu buah jeruk berukuran besar akan memberikan kita 18% dari angka kecukupan gizi harian serat. Serat dalam buah jeruk pun beragam, termasuk pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin.Kebutuhan serat perlu dicukupkan karena manfaatnya yang menguntungkan tubuh. Sebab, serat tak seperti jenis karbohidrat lain karena tak bisa dicerna tubuh. Manfaat serat tersebut  termasuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengontrol berat badan, serta mengendalikan kolesterol.

4. Kandungan vitamin dan mineral dalam jeruk

Sebagai jenis buah-buahan, jeruk mengandung vitamin dan mineral yang beragam. Vitamin dan mineral yang utama dalam buah jeruk, termasuk:
  • Vitamin C. Kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk sangat tinggi. Satu buah jeruk berukuran besar memang memberikan angka kecukupan gizi harian vitamin C hingga 100%.
  • Vitamin B1. Vitamin B1 atau tiamin berperan dalam pengubahan karbohidrat menjadi energi.
  • Vitamin B9. Lebih dikenal dengan asam folat, vitamin B9 merupakan vitamin yang vital untuk ibu hamil.
  • Kalium. Asupan kalium yang cukup membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Mineral ini juga berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Kalsium. Mineral lain dalam jeruk adalah kalsium, yang bermanfaat untuk pemeliharaan tulang dan otot
  • Vitamin A. Setiap 100 gram buah jeruk mengandung vitamin A sekitar 225 IU. Kandungan vitamin A tersebut mampu mencukupi sekitar 4% kebutuhan vitamin A harian.
  • Vitamin B5. Jeruk juga mengandung vitamin B5 atay asam pantotenat. Kandungan vitamin B5 dalam 100 gram buah jeruk adalah sekitar 0.3 miligram. Kandungan tersebut mencukupi 3% kebutuhan vitamin B5 harian.
  • Vitamin B6. Dalam 100 gram buah jeruk mengandung sekitar 0.1 miligram. Kandungan tersebut memenuhi sekitar 3% kebutuhan vitamin B6 per hari.
  • Vitamin B2. Dalam 100 gram buah jeruk, mengandung vitamin B2 atau riboflavin yang mencukupi 2% kebutuhan harian. 
Buah jeruk
Jeruk kaya dengan vitamin C dan beberapa vitamin B

5. Kandungan senyawa tumbuhan dalam jeruk

Kandungan jeruk lain yang membuatnya sangat spesial adalah beragam senyawa dan zat khas tumbuhan. Dua golongan senyawa dalam buah jeruk yaitu senyawa fenolik dan karotenoid. Di samping fenolik dan karotenoid, buah jeruk juga menjadi sumber asam sitrat.
  • Fenolik. Fenolik merupakan golongan senyawa yang memiliki efek antioksidan. Dua jenis fenolik dalam jeruk yaitu hesperidin dan antosianin, yang sama-sama bermanfaat untuk tubuh.
  • Karotenoid. Merupakan golongan zat antioksidan yang memberikan warna oranye cerah pada buah jeruk. Beberapa contoh karotenoid dalam buah jeruk termasuk beta-cryptoxanthin dan likopen.
  • Asam sitrat. Sebagai salah satu jenis buah sitrus, buah jeruk mengandung asam sitrat dan sitrat. Asam sitrat dan sitrat berpotensi untuk mencegah terjadinya batu ginjal.
Baca juga: 4 Manfaat Kulit Jeruk yang Belum Banyak Orang Tahu

Manfaat jeruk untuk kesehatan

Karena kandungan jeruk tinggi nutrisi, tak heran manfaat buah jeruk begitu banyak. Berikut daftar manfaat makan jeruk untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jeruk yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Buah jeruk mengandung senyawa flavonoid, seperti hesperidin. Dikutip dari sebuah studi, kandungan flavonoid dalam buah jeruk dipercaya memiliki efek pelindung terhadap jantung. Kandungan serat dalam buah ini pun diyakini memiliki efek yang sama. Konsumsi rutin buah jeruk rutin berpotensi untuk menjaga kesehatan jantung.Selain itu, kandungan polymethoxylated flavones (PMFs) dan d-limonene dapat mengaktifkan detoksifikasi pada liver, yang bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh. 

2. Mencegah penyakit batu ginjal

Jeruk mengandung asam sitrat dan sitrat, yang dipercaya berkhasiat untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, sitrat dalam bentuk kalium sitrat sering diresepkan untuk mengatasi penyakit batu ginjal pada pasiennya. Obat ini memiliki efek yang hampir sama dengan buah jeruk.

3. Mengendalikan tekanan darah tinggi

Buah jeruk tidak mengandung mineral natrium, sehingga menjaga kadar mineral tersebut tetap stabil di dalam tubuh. Mengendalikan asupan natrium penting untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, konsumsi jus jeruk juga membantu meningkatkan konsumsi kalium. Mencukupkan kebutuhan tubuh terhadap kalium sama pentingnya dengan mengurangi natrium, untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

4. Mencegah anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, sehingga menurunkan kemampuannya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Seringkali, penyebab kondisi anemia dipicu oleh kekurangan zat besi. Untuk mengatasinya, buah jeruk merupakan sumber yang baik untuk vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Kedua nutrisi tersebut dapat membantu tubuh dalam mengoptimalkan penyerapan zat besi di saluran pencernaan, sehingga dapat mencegah anemia.

5. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat jeruk lainnya adalah mengatasi diabetes. Satu buah jeruk setara dengan 131 gram memberikan kandungan serat pangan sebanyak 3,14 gram. Jumlah ini hampir mencukupi 10% kebutuhan serat harian orang dewasa. Berbagai penelitian menemukan, konsumsi serat yang cukup membantu meredakan faktor risiko diabetes. Selain itu, tubuh juga mencerna serat lebih lambat dibandingkan saat mencerna nutrisi lain. Hal ini dapat membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga berpotensi untuk menjaga berat badan. Pengendalian berat badan juga dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes.

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat jeruk lainnya adalah membantu menjaga kesehatan kulit, karena kaya dengan vitamin C. Vitamin C berkontribusi terhadap produksi kolagen. Kolagen adalah jenis protein yang paling banyak membentuk bagian tubuh, termasuk struktur kulit. Vitamin C ini juga berperan dalam pemulihan luka, serta membantu meningkatkan kekuatan kulit.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah jeruk selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Sebab, jeruk mengandung karotenoid dan vitamin A. kedua nutrisi tersebut dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga mampu mencegah degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani.

8. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah serat juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat dalam buah jeruk ini dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Namun, mengonsumsi buah jeruk juga tidak boleh berlebihan. Pasalnya, kandungan vitamin C pada jeruk yang cenderung mengandung asam tinggi, bisa berisiko membuat gejala heartburn semakin memburuk.Selain itu, kulit jeruk juga bisa membantu mencerna makanan berlemak. Oleh itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk mengonsumsi segelas air lemon demi menjaga kesehatan pencernaan. 

9. Memperbaiki suasana hati

Salah satu kandungan vitamin yang terkandung dalam buah jeruk adalah vitamin B9 atau folat. Folat berfungsi dalam pembentukan serotonin atau zat kimia dalam otak yang bisa memicu perasaan senang. Menurut penelitian, aroma dari berbagai jenis jeruk, mulai dari jeruk nipis, jeruk keprok, hingga lemon, bisa meningkatkan suasana hati dan energi.

10. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk yang tinggi juga bisa membantu penyerapan kalsium dan vitamin D lebih optimal. Oleh sebab itu, mengonsumsi jeruk secara rutin bisa menjaga kesehatan tulang dan asupan nutrisi tubuh. Namun, sebaiknya Anda tidak langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi jus jeruk. Pasalnya, asam asetat dari jus jeruk bisa mengikis email gigi.Baca juga: 9 Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

Catatan dari SehatQ

Ada beragam kandungan jeruk yang membuatnya sangat menyehatkan, mulai dari serat hingga nutrisi mikro. Kandungan senyawa khas tumbuhan dalam jeruk pun amat bermanfaat karena efek antioksidan yang krusial dalam perlindungan sel-sel tubuh. Karena menyehatkan dan mudah dicari, buah jeruk layak untuk selalu tersedia dalam menu harian Anda.Usahakan untuk mengonsumsi jeruk secara langsung tanpa mengolahnya menjadi jus. Terlalu banyak mengonsumsi jus jeruk dapat menimbulkan kenaikan berat badan, terutama jus jeruk yang terlalu banyak diberi gula tambahan (seperti dalam jus jeruk kemasan).Mengonsumsi jus jeruk sewajarnya berpotensi baik untuk kesehatan. Namun, apabila dibandingkan, mengonsumsi buah jeruk utuh jauh lebih baik.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
jus jerukantioksidanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/oranges
Diakses pada 13 Juli 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/oranges-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4119322
Diakses pada 13 Juli 2020
Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-oranges
Diakses pada 13 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait