Ragam Kandungan Jahe yang Memberikannya Segudang Manfaat

(0)
11 Jun 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gingerol, kandungan jahe yang memberikan banyak manfaat untuk tubuhKandungan jahe begitu menyehatkan untuk tubuh
Sudah bukan rahasia jika jahe dianggap sebagai salah satu rempah paling menyehatkan. Sebab selain kabar turun-temurun. Khasiat jahe juga sudah terbukti secara ilmiah. Khasiat-khasiat ini ada, karena berbagai kandungan jahe yang ada cukup lengkap, mulai dari vitamin, mineral, hingga nutrisi makro seperti protein dan karbohidrat.Jahe juga mengandung komponen khas yang sangat baik untuk kesehatan, yaitu gingerol. Bahkan, komponen inilah yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi jahe.Agar tidak semakin penasaran, berikut ini penjabaran lebih jauh tentang kandungan jahe dan manfaat yang bisa didapatkan darinya.

Ini dia kandungan jahe yang menyehatkan

Ukurannya memang tidak besar, tapi jahe memiliki segudang kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, selain gingerol tentunya. Dalam satu sendok makan jahe segar saja sudah terdapat berbagai nutrisi, seperti:
  • Kalori: 4,8
  • Karbohidrat: 1,07 gram
  • Serat: 0,12 gram
  • Protein: 0,11 gram
  • Lemak: 0,05 gram
  • Gula: 0,1 gram
Selain itu, jahe juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti:
  • Zat besi
  • Kalium
  • Vitamin B3 dan B6
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Folat
  • Riboflavin (vitamin B2)
  • Niacin (vitamin B3)
Nilai dan kandungan jahe ini tentu bisa berubah, tergantung dari cara Anda mengolah dan penambahan bahan-bahan lain yang dicampurkan selama pengolahan. Seperti pada jus jahe, misalnya. Ketika Anda mengolah jahe dan mencampurkannya dengan air tanpa bahan apapun, maka nilai gizi di dalamnya bisa berubah. Dalam sekitar 240 ml jus jahe, terdapat nutrisi berupa:
  • Kalori: 32
  • Lemak: 0,4 gram
  • Karbohidrat: 6,9 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Gula: 13 gram
  • Protein: 0,9 gram

Manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan jahe

Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam jahe itulah yang membuat rempah ini begitu bermanfaat untuk kesehatan. Jika nutrisi, vitamin, mineral, dan gingerol yang ada di dalam jahe itu dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, maka Anda akan merasakan berbagai kebaikan untuk tubuh, seperti:
Jahe dinilai efektif untuk redakan mual
Jahe bisa meredakan rasa mual

1. Meredakan rasa mual

Jahe dikenal luas bisa membantu meredakan mual. Baik itu mual akibat mabuk laut, kehamilan, kemoterapi, hingga operasi, mengonsumsi jahe dinilai bermanfaat untuk meredakannya.

2. Meringankan gejala flu dan pilek

Jahe juga dianggap bisa meredakan gejala flu dan pilek. Rempah ini pun dinilai memiliki peran dalam melindungi sistem pernapasan kita dari kerusakan. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.
Jahe bisa bantu redakan nyeri otot
Kandungan jahe bisa bantu redakan nyeri otot

3. Mengurangi nyeri

Kandungan yang ada di dalam jahe juga dipercaya dapat membantu mengurangi rasa nyeri di tubuh, termasuk nyeri yang muncul saat haid maupun nyeri otot.

4. Meredakan peradangan

Inflamasi atau peradangan merupakan gejala dari banyak penyakit yang terjadi di tubuh, salah satunya gangguan sendi dan tulang. Mengonsumsi jahe dianggap bisa membantu meredakannya.
Kandungan jahe bisa bantu turunkan kadar gula darah
Kandungan jahe dinilai mampu turunkan kadar gula darah

5. Menurunkan gula darah

Kandungan yang ada di dalam jahe rupanya juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar gula darah. Tentunya, jika jahe tersebut Anda konsumsi tanpa tambahan gula.Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi jahe secara teratur setiap harinya bisa bantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 12%. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membantu mengontrol kadar HbA1c yang merupakan tolak ukur kadar gula darah jangka panjang.Meski begitu, jika Anda menderita diabetes dan tergoda untuk mendapatkan manfaat ini, jangan langsung mempraktikkannya sendiri tanpa pengawasan dokter. Pada penelitian tersebut, objek yang menderita diabetes mengonsumsi jahe di bawah pengawasan ahli dan dengan kadar yang sudah ditentukan secara ketat.

6. Selesaikan masalah pencernaan

Untuk Anda yang mengalami masalah pencernaan dan susah buang air, mengonsumsi jahe mungkin bisa jadi salah satu solusinya. Jahe akan membuat perut Anda terasa lebih nyaman dan sumbatan-sumbatan yang menumpuk di saluran pencernaan pun bisa keluar.
Kandungan jahe bisa turunkan kadar kolesterol
Kandungan jahe bisa bantu turunkan kadar kolesterol

7. Menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi jahe secara teratur juga dinilai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida. Keduanya merupakan komponen yang bisa memicu penyakit jantung apabila kadarnya di tubuh terlalu berlebihan.

8. Membantu melawan infeksi

Kandungan gingerol yang ada di dalam jahe disebut dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Bahkan, ekstrak jahe dinilai bisa menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri.Meski kandungan jahe bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, tapi Anda tetap tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, jangan gunakan jahe sebagai satu-satunya pengobatan untuk meredakan penyakit yang Anda alami. Tetaplah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat, karena jahe sebaiknya hanya dipakai sebagai asupan pendamping yang menyehatkan.
makanan sehatbuah dan sayurantanaman obatjahe
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/ginger-nutrition-facts-health-benefits-alternative-uses-more/
Diakses pada 28 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-ginger
Diakses pada 28 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/265990
Diakses pada 28 Mei 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/ginger-juice-nutrition-facts-calories-carbs-and-health-benefits-4165737
Diakses pada 28 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait