8 Aneka Jus Sehat dari Buah dan Sayur untuk Kesehatan Tubuh


Jus sehat yang dibuat sendiri dapat mempermudah Anda mendapatkan asupan nutrisi dari buah dan sayuran. Hindari penambahan gula untuk mencegah diabetes.

0,0
14 Aug 2020|Atifa Adlina
Salah satu jus sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari adalah jus tomatJus tomat termasuk jus sehat yang layak dikonsumsi sehari-hari
Pada dasarnya, Anda bisa mendapatkan nutrisi yang lebih baik dengan rutin makan buah dan sayur secara utuh. Akan tetapi, sebagian orang juga terbiasa untuk minum jus buah dan sayur. Berikut adalah macam-macam jus sehat dan juga manfaatnya untuk tubuh.

Manfaat jus untuk tubuh

Buah dan sayur mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Mengutip dari Healthline, jus adalah proses mengekstrak sari yang ada di dalam buah atau sayuran segar.Umumnya, cara ini kemungkinan bisa menghilangkan materi padat seperti daging, biji, atau bagian lainnya. Akan tetapi, cairan jus juga mengandung sebagian besar vitamin, mineral, dan juga antioksidan alami.Ada dua manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin minum jus buah dan sayur, seperti:
  • Detoksifikasi. Beberapa orang percaya minum jus buah dan sayur selama waktu tertentu dapat membersihkan racun. Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.
  • Melengkapi nutrisi harian. Jika Anda sulit untuk mengonsumsi buah atau sayuran utuh, minum jus bisa membantu melengkapi nutrisi harian.

Aneka jus sehat buah dan sayur serta manfaatnya

Berikut ini adalah beberapa jenis jus sehat dari buah dan sayur yang dapat Anda konsumsi sehari-hari, beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

1. Jus tomat

Jus buah tomat diklaim mempunyai kandungan tinggi vitamin C serta antioksidan. Antioksidan dalam jus tomat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mendukung penyerapan zat besi.Lalu, kandungan vitamin C dalam jus tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.Ada juga kandungan likopen yang memberi warna merah. Dalam sebuah penelitian juga menyebutkan likopen bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.Sedangkan kandungan kalium, adalah jenis elektrolit yang dapat membantu menjaga kadar cairan serta keseimbangan tekanan darah.

2. Jus apel

Jus apel merupakan sumber kalium yang baik bagi kesehatan Anda. Kalium berfungsi sebagai elektrolit yang berperan dalam proses pengiriman pesan pada saraf dan menjaga kesehatan jantung.Di samping itu, jus sehat ini juga kaya akan senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti flavonoid dan asam klorogenat. Ini dapat membantu tubuh dalam mengatasi kerusakan sel akibat radikal bebas.

3. Jus jeruk

Jus jeruk termasuk jenis jus sehat yang paling umum dikonsumsi. Ini karena jeruk adalah sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit serta mengandung beberapa senyawa antioksidan penting. Sebagai contoh, asam sinamat, asam ferulat, dan asam klorogenat.Sebuah studi menunjukkan bahwa minum jus jeruk setelah makan makanan tinggi lemak dan karbohidrat dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

4. Jus stroberi

Buah dengan warna merah yang menggugah selera ini mempunyai rasa manis dan sedikit asam. Makan buah stroberi segar  atau mengolahnya menjadi jus sehat berkaitan dengan penurunan risiko penyakit kronis. Sebagai contoh, manfaat stroberi pernah diteliti bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, dan membantu mencegah kanker.Ini karena ada kandungan vitamin C, mangan, folat, kalium, dan juga senyawa antioksidan.Salah satu manfaat jus stroberi adalah menjaga keseimbangan kadar gula darah. Caranya adalah dengan memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan insulin, setelah makan karbohidrat. 

5. Jus wortel

Manfaat wortel berlimpah karena kaya dengan senyawa karotenoid, pigmen yang memiliki efek antioksidan untuk melawan kerusakan sel.Senyawa karotenoid tersebut termasuk beta-karoten, likopen, alfa-karoten, dan lutein.Berbagai studi menunjukkan, konsumsi makanan kaya dengan karotenoid seperti jus wortel, membantu menurunkan risiko penyakit mata degeneratif, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, wortel juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin A, biotin, dan kalium. Agar terasa segar, Anda bisa membuat kombinasi jus sehat dari buah dan sayur, seperti menambahkan jeruk, jahe, atau lemon. 

6. Jus bayam

Sayur bayam mempunyai kandungan nutrisi, seperti vitamin A dan C. Konsumsi rutin jus sayur bayam bisa membantu memberikan molekul antioksidan, seperti kuersetin, kaempferol, dan lutein pada tubuh.Jus sayur bayam ini juga diklaim baik untuk jantung, karena mengandung nitrat. Dalam penelitian, manfaat ini berkaitan dengan faktor risiko penyakit jantung, yaitu penurunan tekanan darah.Bagi penderita GERD atau penyakit asam lambung, sayur bayam dapat menjadi pilihan karena kandungannya memiliki efek yang mirip dengan obat antasida.

7. Jus timun

Di antara jenis jus sayur lainnya, jus timun mungkin terasa aneh karena Anda terbiasa mengonsumsinya secara mentah. Sayur rendah kalori ini kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, mangan, dan kalium.Jus timun yang sehat ini membantu Anda senantiasa terhidrasi, karena kandungan airnya yang tinggi. Keseimbangan cairan di tubuh amat penting untuk kesehatan sistem pencernaan, fungsi ginjal, berat badan, dan kekuatan fisik.

8. Jus seledri

Anda juga bisa menjadikan seledri sebagai jus sehat jus karena mempunyai kandungan vitamin dan molekul antioksidan. Mulai dari vitamin A, K, C, kaempferol, asam kafeat, hingga asam ferulat.Ragam penelitian menemukan, jus daun seledri dikatakan sehat karena berpotensi meningkatkan kesehatan jantung dan melawan penyakit kronis. Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut karena baru dilakukan dengan hewan.Kalau belum terbiasa dengan rasanya, Anda bisa menambah lemon, apel, jeruk Sunkist, atau sayuran hijau lainnya agar menjadi lebih segar. 

Cara tepat membuat jus sehat

Membuat minuman jus buah dan sayur memang tergolong gampang. Anda hanya perlu memasukkan bahan-bahan yang disukai, lalu campur dengan menggunakan blender atau juicer.Akan tetapi, Anda ternyata perlu memperhatikan kembali bagaimana caramembuat jus sehat yang benar, seperti di bawah ini:

1. Mencuci tangan

Sebelum mengolah kombinasi jus sehat berupa buah dan sayur, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Pastikan Anda mencuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun.

2. Cuci buah dan sayurnya

Setelah mencuci tangan, jangan lupa untuk mencuci sayur atau buah yang akan Anda olah pada air mengalir.Kalau memungkinkan, bersihkan pula dengan sabun khusus makanan (food-grade), bukan dengan sabun tangan atau sabun cuci piring.Mencuci buah dan sayur bertujuan untuk membersihkan sisa debu, kotoran, pestisida, serta bakteri yang mungkin masih menempel.

3. Membuang bagian busuk

Walaupun terlihat matang dan segar, jangan gunakan bagian yang sudah terlihat sedikit hitam saat membuat jus sehat. Ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi, sehingga tidak memengaruhi kesehatan tubuh Anda nantinya.

4. Hindari menambah gula

Kalau belum terbiasa, minum jus sehat kombinasi sayur dan buah mungkin akan terasa aneh. Apalagi, kalau keduanya tidak terasa manis. Ini yang mungkin membuat Anda ingin menambah gula.Kalau tidak berhati-hati, kadar gula yang tinggi bisa memicu diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung. Coba dengan menggunakan alternatif lainnya seperti madu atau pilih buah yang terasa manis.

Bolehkah minum jus setiap hari?

Makan buah dan sayuran sesuai dengan porsinya dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Mungkin hal ini membuat Anda rutin mengonsumsi jus sehat setiap hari.Namun, sayangnya hingga kini belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa jus buah dan sayuran lebih sehat daripada memakannya secara utuh.Mengolah buah dan sayur menjadi jus cenderung akan menghilangkan sebagian besar kandungan serat dan vitamin serta mineralnya. Sebaiknya, batasi juga minum jus kemasan setiap hari karena produk ini rata-rata diolah dengan kandungan gula yang tinggi.Apabila ingin sehat dengan minum jus setiap hari, tetaplah kombinasikan asupan vitamin dan mineralnya dengan makan sayur dan buah dalam bentuk utuhnya. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat sehat dari minum jus, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.
makanan sehatjus jerukhidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehatjus wortel
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/juicing/faq-20058020. Diakses pada 25 November 2021Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-vegetables-to-juice. Diakses pada 25 November 2021Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-juice. Diakses pada 25 November 2021Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/juicing-good-or-bad. Diakses pada 25 November 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/fruit-juice. Diakses pada 25 November 2021Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/fruit-juice-vs-soda. Diakses pada 25 November 2021FDA. https://www.fda.gov/food/buy-store-serve-safe-food/what-you-need-know-about-juice-safety. Diakses pada 25 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait