Ragam Jus Sehat dan Manfaatnya untuk Tubuh Anda

(0)
14 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu jus sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari adalah jus tomatJus tomat termasuk jus sehat yang layak dikonsumsi sehari-hari
Pada dasarnya, kandungan nutrisi pada jus tidak lebih baik dari mengonsumsi sayur dan buahnya secara utuh. Akan tetapi, jus sehat bermanfaat dalam memudahkan tubuh Anda untuk mengonsumsi beberapa buah dan sayuran sekaligus, guna mendapatkan kombinasi nutrisi yang lengkap.Tidak hanya itu, jus mampu mempermudah penyerapan nutrisi bagi Anda yang sedang memiliki gangguan pencernaan dan kesulitan mencerna serat. Jus sayur dan buah juga jauh lebih sehat jika dibandingkan minuman ringan bersoda. Namun dengan catatan, jus tersebut dibuat dari sayur dan buah yang segar dan bersih, serta tidak diberikan banyak tambahan gula.

Jenis-jenis jus sehat yang bisa Anda coba

Berikut ini adalah beberapa jenis jus sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari, beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

1. Jus tomat bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung

Tomat merupakan salah satu buah yang rendah gula dan kaya nutrisi. Kelebihan jus tomat ada pada kandungan likopen-nya, yakni salah satu antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa, meningkatkan konsumsi likopen dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 13 persenSelain itu, jus tomat kaya akan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan kesehatan kulit serta daya tahan tubuh. Segelas jus tomat (sekitar 240 ml) bahkan mampu memenuhi 189 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.Jus tomat juga mengandung protein, karbohidrat, serat, folat, kalium, serta vitamin A, E, dan K. Meski kaya akan nutrisi, jus tomat dapat memiliki kandungan sodium yang tinggi dan tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan, khususnya bagi Anda penderita darah tinggi.

2. Jus apel dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Jus apel merupakan sumber kalium yang baik bagi kesehatan Anda. Kalium berfungsi sebagai elektrolit yang berperan dalam proses pengiriman pesan pada saraf dan menjaga kesehatan jantung Anda.Di samping itu, jus sehat ini juga kaya akan senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti flavonoid dan asam klorogenat, sehingga dapat membantu tubuh dalam mengatasi kerusakan sel akibat radikal bebas.

3. Jus jeruk mampu meringankan peradangan

Jus jeruk termasuk salah satu jenis jus sehat yang paling umum dikonsumsi. Jus jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh dan mengandung beberapa senyawa antioksidan penting, seperti asam sinamat, asam ferulat, dan asam klorogenat.Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jus jeruk setelah konsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat, terbukti dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

4. Jus sayuran hijau untuk menambah energi

Tidak hanya jus buah-buahan, jus sayuran juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Ketimbang menjadikan satu sayuran sebagai jus sehat, Anda bisa mencampur beberapa sayuran sekaligus untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.Jus yang terdiri dari kombinasi mentimun, seledri, kale, dan bayam bisa menjadi pilihan. Kandungan klorofil pada sayuran hijau bermanfaat untuk menambah kandungan oksigen dalam darah. Selain itu, klorofil juga dapat meningkatkan fungsi sel otak dan menambah energi.Oleh karena itu, konsumsi jus sayuran hijau dapat membuat Anda penuh energi dan lebih bersemangat. Jika Anda tidak menyukai aroma sayuran, tambahkan potongan jahe dan perasan jeruk lemon untuk mendapatkan aroma dan rasa yang lebih segar.Untuk membuat jus sehat, batasi atau jangan menggunakan tambahan gula atau pemanis lainnya ke dalam jus yang Anda buat. Apabila jus diberikan terlalu banyak tambahan gula, yang ada malah akan mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah Anda.Selain itu, jus buah buatan sendiri di rumah lebih baik dari jus buah kemasan yang diberi tambahan pemanis, pengawet, dan pewarna buatan. Cukup konsumsi jus buah sebanyak 240 ml atau segelas saja setiap harinya. Selebihnya, perbanyak asupan sayur dan buah utuh karena manfaat buah dan sayuran bisa didapatkan secara maksimal.Bersihkan dengan seksama buah dan sayuran yang dikonsumsi bersama kulitnya dengan menggunakan sabun pencuci buah dan sayur atau air mengalir. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kandungan pestisida dan kandungan kimia berbahaya lainnya agar tidak ikut tertelan.
makanan sehat
Mayoclinic
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/juicing/faq-20058020
Diakses 1 Agustus 2020
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-juice#17
Diakses 1 Agustus 2020
Shape
https://www.shape.com/healthy-eating/healthy-drinks/best-juice-whats-bugging-you?slide=82e92a82-96e3-4685-a45e-b1af0abbd747#82e92a82-96e3-4685-a45e-b1af0abbd747
Diakses 1 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait