Ragam Cara Mengobati Angin Duduk, dari Gaya Hidup Hingga Operasi

(0)
14 Jul 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Angin duduk umumnya ditandai dengan sakit dadaSakit dada termasuk gejala utama angin duduk
Cara mengobati angin duduk perlu diketahui dengan saksama. Pasalnya, kondisi ini bisa berujung pada serangan jantung bila terus dibiarkan.Angin duduk adalah nyeri dada yang terjadi akibat berkurangnya aliran darah ke jantung. Jenis sakit dada yang muncul bisa berupa sensasi seperti ditekan, diremas, atau ditimpa benda berat. Keluhan ini juga dapat menyebar ke area tubuh lain. Mulai dari ke lengan, leher, rahang, pundak, hingga punggung.Guna menangani kondisi dengan istilah medis angina pektoris ini, dokter dapat menganjurkan Anda untuk mengubah pola hidup, mengonsumsi obat-obatan, hingga menjalani operasi. Jenis penanganan tersebut akan ditentukan berdasarkan tingkat keparahan dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.Cara mengobati angin duduk dengan perubahan gaya hidupPengobatan angina pektoris bertujuan mengurangi frekuensi terjadinya kondisi ini, meringankan gejala, serta mengurangi risiko serangan jantung. Salah satu cara paling minim risiko untuk mengobati angin duduk adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup.Sederet perubahan gaya hidup yang mungkin disarankan oleh dokter meliputi:
  • Rutin berolahraga. Lakukan setidaknya 30 menit latihan fisik dalam sehari.
  • Menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang, seperti sayur dan buah. Cara ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang menghambat aliran darah ke dan dari jantung.
  • Berhenti merokok. Kebiasaan merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • Mengelola stres, misalnya dengan rutin melakukan meditasi ataupun yoga.
  • Menjauhi atau membatasi pemicu angina, seperti stres, aktivitas fisik yang berat, ataupun makan terlalu banyak dalam satu waktu.
  • Melakukan pemeriksaan ke dokter secara berkala atau sesuai anjuran dokter. Dengan ini, kondisi Anda selalu terpantau dengan baik.
Cara mengobati angin duduk melalui obat-obatanBila perubahan gaya hidup saja tidak cukup sebagai cara mengobati angin duduk, pemakaian obat-obatan bisa menjadi alternatif lain yang diberikan oleh dokter. Apa sajakah jenis obat tersebut?
  • Nitrat
Nitrat dapat membuat pembuluh darah relaks dan melebar, sehingga mempermudah aliran darah ke jantung. Obat ini bisa dikonsumsi saat angin duduk kambuh atau sebelum Anda melakukan kegiatan yang bisa memicu angin duduk.
  • Aspirin
Obat aspirin mampu mengurangi kemampuan darah untuk menggumpal. Dengan ini, darah lebih mudah mengalir pada pembuluh darah yang menyempit.Aspirin juga dapat mengurangi risiko serangan jantung. Namun konsumsinya secara rutin tidak disarankan kecuali atas rekomendasi dokter.
  • Obat pencegah penggumpalan darah
Obat ini dapat membantu dalam mencegah pembentukan gumpalan darah dengan membuat keping-keping darah sulit menempel satu sama lain. Salah satu contohnya adalah clopidogrel.Obat yang juga disebut sebagai pengencer darah ini biasanya disarankan sebagai cara mengobati angin duduk bila pasien tidak bisa mengonsumsi aspirin.
  • Beta blockers
Beta blockers mampu menghambat efek dari hormon adrenalin dan membuat jantung berdetak lebih lambat serta tanpa tekanan. Kondisi ini akan menurunkan tekanan darah suaya pembuluh darah menjadi lebih rileks dan aliran darah lebih lancar.
  • Statin
Statin adalah obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Obat ini juga dapat membantu tubuh untuk kembali menyerap kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah arteri sehingga menurunkan kondisi risiko tersumbat.
  • Calcium channel blockers
Calcium channel blockers dapat melebarkan dan membuat pembuluh darah rileks, dengan cara melemaskan otot-otot pada dinding arteri.
  • Obat penurun tekanan darah
Obat ini digunakan ketika pasien juga menderita hipertensi atau diabetes. Salah satu contohnya adalah ACE inhibitors.artikel terkaitCara mengobati angin duduk dengan prosedur medisSelain dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan, angin duduk juga dapat diatasi dengan prosedur medis di bawah ini:
  • Angioplasti dan pasang stent
Angioplasti adalah tindakan medis yang dilakukan dengan memasukkan balon kecil ke arteri yang menyempit. Selanjutnya, balon ini akan mengembang dan melebarkan arteri.Kemudian, dokter akan memasang stent (kumparan kawat kecil) secara permanen dalam bagian arteri yang menyempit tersebut. Alat yang juga disebut ring jantung ini dapat mempertahankan arteri agar tetap lebar.Bahan pembuat stent umumnya logam. Tapi alat ini juga bisa terbuat dari bahan lain yang dapat diserap oleh tubuh seiring waktu.Prosedur ini dapat membantu dalam memperlancar aliran darah ke jantung dan mengurangi risiko terjadinya angin duduk.
  • Operasi bypass jantung atau coronary artery bypass grafting (CABG)

Operasi bypass jantung dilakukan dengan mengambil arteri yang sehat dari bagian tubuh lain, untuk membuar jalur aliran darah baru di arteri jantung yang rusak. Dengan adanya jalur baru tersebut, aliran darah tidak perlu melewati arteri yang rusak.Dengan melakukan cara mengobati angin duduk secara saksama, kondisi ini bisa disembuhkan dan tak berakhir pada serangan jantung. Karena itu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendaparkan saran penanganan tersebut.Dokter akan menentukan metode yang tepat untuk Anda dengan mempertimbangkan tingkat keparahan angina serta kondisi kesehatan Anda secara umum, baik melalui perubahan gaya hidup, konsumsi obat-obatan, maupun prosedur medis tertentu.
angin duduk
Healthline. https://www.healthline.com/health/stable-angina
Diakses pada 14 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/angina/symptoms-causes/syc-20369373
Diakses pada 14 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/heart-disease/heart-disease-angina#1
Diakses pada 14 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait