Ragam Buah untuk Ibu Hamil yang Juga Baik untuk Janin

Jeruk mengandung vitamin C dan folat sehingga didapuk sebagai buah yang baik untuk ibu hamil
Jeruk adalah salah satu buah untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan janin

Buah sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, sumber makanan ini dapat memberikan berbagai zat yang berguna untuk menjaga kehamilan dan perkembangan janin seperti beta karoten, vitamin C, kalium, dan asam folat. Buah untuk ibu hamil pun jenisnya beragam.

Agar tidak bosan, buah-buahan tersebut pun bisa diolah menjadi kudapan yang lezat. Berikut ini jenis-jenis buah yang baik dikonsumsi ibu hamil.

Ragam pilihan buah untuk ibu hamil 

Selain sayur, telur, dan daging, buah pun baik dikonsumsi ibu hamil, untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Konsumsi ragam jenis buah berikut ini, agar tubuh dan janin senantiasa sehat.

Pisang sangat baik untuk ibu hamil dan janin karena mengandung kalium

1. Pisang

Pisang mengandung kalium dan dapat memberikan energi untuk tubuh ibu hamil yang mudah lelah. Buah ini juga mudah untuk dicerna, sehingga nyaman di perut.

2. Jeruk

Sebagai buah yang baik untuk ibu hamil, jeruk mengandung banyak zat yang berguna untuk tubuh. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung folat dan serat. Tingginya kandungan air dalam jeruk, mampu membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh.

3. Mangga

Buah lain untuk ibu hamil yang bisa menjadi sumber vitamin C adalah mangga. Mangga juga kaya akan vitamin A. Ibu hamil perlu mendapatkan cukup vitamin A. Sebab, jika kekurangan vitamin A saat lahir, bayi berisiko memiliki daya tahan tubuh yang lebih buruk.

4. Pir

Selain lezat, kandungan serat, kalium, dan folat yang terdapat pada buah pir dapat membantu melancarkan pencernaan pada ibu hamil dan mencegah konstipasi. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya juga baik untuk kesehatan jantung ibu dan janin.

Jambu biji dapat membantu melancarkan pencernaan pada ibu hamil

5. Jambu biji

Jambu biji mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil, salah satunya vitamin E. Mengonsumsi jambu biji saat hamil, juga disebut dapat membantu otot menjadi lebih relaks, melancarkan penceranaan, dan mengurangi konstipasi.

6. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak yang baik untuk ibu hamil. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin B, C, E, dan K serta serat dan kalium.

7. Anggur

Anggur dianggap baik sebagai buah untuk ibu hamil karena dapat membantu memfasilitasi perubahan biologis yang terjadi di tubuh ibu hamil. Anggur juga mengandung antioksidan, vitamin C, K, folat, dan serat yang dapat meningkatkan imun tubuh.

8. Apel

Apel mengandung vitamin A dan C serta serat dan kalium yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Bahkan, mengonsumsi apel selama kehamilan, disebut dapat membantu mengurangi risiko bayi mengalami alergi dan asma.

9. Lemon

Mengonsumsi air lemon atau menghisap lemon, disebut dapat membantu meredakan mual pada ibu hamil. Lemon juga tinggi akan kandungan vitamin C dan dapat membantu melancarkan penceranaan.

10. Delima

Salah satu buah untuk ibu hamil yang jarang dikonsumsi adalah delima. Padahal, buah ini mengandung vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein, dan serat yang sangat baik untuk ibu dan janin.

Buah raspberi disebut dapat membantu memenuhi kebutuhan folat harian ibu hamil

11. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, bluberi, dan raspberi, mengandung berbagai zat yang baik untuk ibu hamil, seperti karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat.

12. Buah fig

Buah fig atau buah ara ini memang jarang dijumpai di Indonesia. Namun, jika Anda berhasil mendapatkannya, janganlah ragu untuk mengonsumsi buah ini ketika hamil. Pasalnya, buah ini mengandung banyak serat, kalium, kalisum, hingga fosfor.

13. Labu

Bagian labu yang dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil justru adalah bijinya. Biji labu, merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, biji labu juga mengandung natrium, kalium, fosfor, serta kalsium.

Adakah buah yang harus dihindari ibu hamil?

Secara umum, tidak ada buah yang harus dihindari ibu hamil. Namun, yang perlu diperhatikan adalah porsi saat mengonsumsinya. Beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga perlu dibatasi.

Anda juga disarankan untuk membeli buah organik, agar terbebas dari risiko berkontak dengan pestisida dan bahan berbahaya lainnya. Agar buah yang dikonsumsi lebih aman, perhatikan juga hal-hal berikut ini:

  • Buang bagian buah yang terlihat busuk, karena bagian ini berisiko mengandung bakteri
  • Jika menyimpan buah di kulkas, letakkan di area yang terpisah dari daging mentah
  • Sebaiknya jangan mengonsumsi melon yang sudah dikupas sejak dibeli di supermarket
  • Saat mengonsumsi jus buah, pastikan dalam keadaan steril

Dengan begitu banyaknya pilihan buah untuk ibu hamil, Anda tentu tidak perlu bingung lagi untuk memasukkannya ke dalam menu harian Anda. Selain buah, jangan lupa juga untuk menyantap makanan bergizi lainnya.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757.php
Diakses pada 21 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#benefits
Diakses pada 21 Agustus 2019

Parents. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/15-pregnancy-power-foods1/?
Diakses pada 21 Agustus 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed