3 Pencuci Buah dan Sayur Alami yang Efektif Bilas Kotoran dan Pestisida


Cara mencuci buah dan sayur umumnya dilakukan dengan menggunakan air mengalir. Selain itu, ada beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghindari virus atau bakteri yang menempel pada buah dan sayur yang Anda beli.

(0)
01 Apr 2020|Nurul Rafiqua
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pencuci buah dan sayur dengan air mengalirAir bersih mengalir adalah pencuci buah dan sayur alami yang baik untuk membilas kotoran
Fenomena merebaknya virus corona atau Covid-19 membuat masyarakat semakin waspada akan kebersihan diri dan lingkungan. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir adalah senjata utama untuk menghalau Covid-19 masuk ke dalam tubuh. Begitu juga dengan kebersihan bahan makanan, seperti sayur atau buah. Sayuran dan buah-buahan harus dicuci bersih sebelum diolah guna mencegah penyebaran virus corona. Namun, apakah sabun cair merupakan pencuci buah dan sayur yang baik?

Kenapa harus mencuci sayur dan buah?

Berdasarkan pernyataan Departemen Pertanian Amerika Serikat terkait virus corona dan makanan, belum ada laporan yang menyebutkan Covid-19 dapat menyebar atau menular melalui makanan atau kemasan makanan.Oleh karena itu, belum ada penelitian khusus yang melaporkan efek mencuci sayur dan buah untuk mengurangi paparan Covid-19.Namun terlepas dari ada tidaknya pandemi, mencuci sayur dan buah sebelum disimpan atau dimasak adalah langkah penting untuk memastikan bahan makanan ini aman dikonsumsi. Mencuci buah dan sayur terbukti efektif mencegah kontaminasi zat asing yang menyebabkan keracunan makanan dengan mengurangi residu pestisida dan mikroorganisme tertentu, seperti virus, jamur, parasit, dan bakteri, misalnya salmonella, listeria, dan E. coli.

Cara mencuci sayur dan buah yang efektif

Cara paling umum untuk mencuci sayur dan buah adalah dengan membilasnya di bawah air mengalir.Suatu penelitian membuktikan bahwa mencuci buah dan sayur menggunakan air mengalir terbukti mengurangi jumlah residu sembilan macam pestisida dari 12 pestisida yang diujikan.Namun, studi tersebut juga mengungkapkan bahwa mencuci buah menggunakan sabun dan air terbukti lebih efektif dalam menghilangkan kontaminan.Lantas, apakah semua sabun cair bisa digunakan sebagai pencuci buah dan sayur? Tidak. Sabun cuci piring umum atau sabun cair untuk mandi maupun sabun car untuk cuci tangan bukanlah pencuci buah dan sayur yang baik.Jangan pula menyemprotkannya dengan alkohol atau cairan disinfektan. Keduanya tidak aman untuk digunakan sebagai pembersih makanan karena bisa ikut termakan dan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan hingga keracunan.Agar terjamin aman, cucilah buah-buahan dan sayur menggunakan sabun bertaraf food grade yang bisa Anda cek di kemasannya.Label food grade menandakan bahan-bahan yang terkandung dalam sabun tersebut aman untuk digunakan langsung pada bahan makanan.

Alternatif pencuci sayur dan buah yang alami

Air garam dapat digunakan untuk mencuci buah
Air garam dapat digunakan untuk mencuci buah dan sayuran
Tahukah Anda, selain menggunakan air dan sabun, ada alternatif pencuci buah dan sayur di dapur yang tak kalah efektif membersihkan kuman dan kotoran?Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan dapur berikut sebagai sabun alami untuk mencuci sayur dan buah yang baru Anda beli:

1. Air cuka

  • Campurkan cuka ke dalam air dengan perbandingan 1 bagian cuka/3 bagian air. Contoh: 1 cangkir cuka dicampurkan ke dalam 3 cangkir air.
  • Rendam sayur dan buah selama 20 menit dalam larutan air cuka tersebut.
Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal penelitian Food Control, terbukti bahwa pencuci buah dan sayur dari larutan air cuka dapat menghilangkan residu pestisida.Menurut Dr. Floyd Woods dan DR. Joe Kemble, professor hotikultura di Auburn University, cuka aman digunakan untuk mensanitasi permukaaan buah dan sayur.Akan tetapi, efektivitasnya dapat dipengaruhi kadar cuka dalam larutan, suhu air, serta luas area sayur dan buah yang terkena larutan tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti takaran dan waktu rendam yang telah disarankan.

2. Air garam

  • Campurkan garam ke dalam air dengan perbandingan 1 bagian garam/10 bagian air. Contoh: 1 sendok garam dicampurkan ke dalam 10 sendok air.
  • Rendam sayur dan buah selama 20 menit dalam larutan air garam tersebut.
Masih dari penelitian yang sama dari Food Control, para peneliti juga menguji larutan air garam 10 persen yang terbukti efektif untuk menghilangkan residu pestisida.Larutan air garam 10 persen lebih efektif sebagai pencuci buah dan sayur serta dianggap lebih murah jika dibandingkan larutan air cuka.Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari cara ini dan gunakan cara lainnya sebagai alternatif untuk membersihkan buah dan sayuran.

3. Air baking soda/soda kue

  • Campurkan 8,5 gr (sekitar 2 sendok teh) soda kue ke dalam 1 liter air
  • Rendam sayur dan buah selama 12-15 menit dalam larutan soda kue.
Sebuah jurnal dari Agriculture and Food Chemistry yang meneliti penggunaan air soda kue, mengungkapkan bahwa dibandingkan air keran dan cairan pemutih, soda kue terbukti paling efektif membersihkan buah dan sayur dari residu pestisida.Pada buah seperti apel, soda kue bereaksi tak hanya di permukaan namun juga membersihkan hingga ke bawah kulit apel.

Pesan dari SehatQ

Cara mengolah buah dan sayur yang benar adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Mencuci menggunakan air mengalir dan sabun cuci bertaraf food-grade adalah salah satunya. Jika tidak ada sabun pencuci bertaraf food-grade, Anda bisa menggunakan pencuci buah dan sayur alami seperti larutan cuka atau air garam. Kerngkan dengan baik, kemudian pindahkan bahan makanan ke dalam kontainer steril yang ada di rumah.Anda juga selalu disarankan untuk menjaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah mengolah makanan, serta sebelum dan sesudah mengonsumsi makanan.
buah dan sayuranmakanan sehattips kesehatanhidup sehat
MEDICALNEWSTODAY. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327028#summary
Diakses pada 30 Maret 2020
PORTALCTGOV. https://portal.ct.gov/CAES/Fact-Sheets/Analytical-Chemistry/Removal-of-Trace-Pesticide-Residues-from-Produce
Diakses pada 30 Maret 2020
SCIENCEDIRECT. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0956713506002696
Diakses pada 30 Maret 2020
HUFFINGTONPOST. https://www.huffingtonpost.ca/nikki-fotheringham/heres-the-best-way-to-wash-fruit-and-vegetables-to-remove-pesticides_a_23335061/
Diakses pada 30 Maret 2020
PUBS. https://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/acs.jafc.7b03118?source=cen
Diakses pada 30 Maret 2020
LIVESICENCE. https://www.livescience.com/do-not-wash-fruits-vegetables-with-soap.html
Diakses pada 30 Maret 2020
INDUSTRIALSPEC. https://www.industrialspec.com/about-us/blog/detail/fda-compliant-food-grade-food-safe-meanings
Diakses pada 30 Maret 2020
FOODREVOLUTION. https://foodrevolution.org/blog/how-to-wash-vegetables-fruits/
Diakses pada 30 Maret 2020
BESTFOODFACTS. https://www.bestfoodfacts.org/fruit-vinegar/
Diakses pada 30 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait