Puting Payudara Sakit Bila Tersentuh Tak Selalu karena Kanker, Ini Penyebab Lainnya


Puting payudara sakit bila tersentuh tidak selalu menandakan kondisi serius. Bra yang tidak pas, kehamilan, masa menyusui, menjelang menstruasi, maupun aktivitas seksual dapat menjadi pemicunya.

(0)
17 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Puting payudara sakit bila tersentuh dapat terjadi akibat pakaian yang tidak pasPuting payudara sakit bila tersentuh tidak serta-merta menandakan kondisi serius
Puting payudara sakit bila tersentuh merupakan salah satu keluhan yang sering dilontarkan wanita. Tidak sedikit wanita yang langsung berpikiran buruk bahwa hal ini pasti pertanda kanker. Padahal kondisi tersebut lebih banyak disebabkan oleh hal yang tidak mengancam nyawa.Sakit di area puting bisa terasa seperti tertusuk, terbakar atau nyeri yang berkedut-kedut yang intensitasnya semakin parah ketika disentuh. Kadang kala, rasa sakit ini seperti menyebar hingga areola payudara alias area hitam di sekitar puting.Banyak hal dapat menuntun Anda pada kondisi ini, mulai dari cara berpakaian yang kurang tepat, faktor hormonal, hingga kanker payudara. Anda wajib terlebih dahulu memastikan penyebab puting payudara sakit bila tersentuh karena beda penyebab maka beda pula cara mengatasinya.

Penyebab puting payudara sakit bila tersentuh yang tidak berbahaya

Bra yang tidak pas dapat membuat puting payudara sakit
Kebanyakan penyebab puting payudara sakit bila tersentuh merupakan hal yang tidak membahayakan nyawa. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pakaian atau bra yang tidak pas

Menggunakan pakaian atau ukuran bra yang terlalu longgar maupun terlalu sempit bisa membuat puting payudara sakit bila tersentuh. Pasalnya, bahan dari pakaian maupun bra tersebut dapat menimbulkan friksi alias gesekan pada bagian puting yang memang merupakan area sensitif.Kondisi ini akan kian parah bila Anda melakukan kegiatan yang memerlukan mobilitas tinggi, seperti berolahraga. Oleh karena itu, pastikan Anda mengenakan pakaian dan bra yang pas di badan dan bila perlu, gunakan pelindung puting untuk meminimalisir gesekan.Bila puting sudah terlanjur sakit hingga berdarah, oleskan salep yang mengandung antibiotik, lalu tempel dengan kasa steril sebelum mengenakan bra. Bila gejala tidak membaik dalam beberapa hari setelah menggunakan obat, periksakan ke dokter.

2. Hamil atau jelang menstruasi

Perubahan hormonal, seperti saat Anda akan menstruasi atau fase awal kehamilan, juga dapat membuat puting payudara sakit bila tersentuh. Hal ini terjadi akibat peningkatan level hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh sehingga puting payudara lebih sensitif dari biasanya.Pada wanita yang mengalaminya jelang menstruasi, rasa sakit akan mereda dengan sendirinya ketika darah haid keluar. Namun, jika kondisi ini tidak membaik bahkan ketika Anda sudah selesai datang bulan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dookter.Sementara pada ibu hamil, puting payudara sakit saat disentuh mungkin akan berlangsung lebih lama hingga trimester pertama. Untuk meredakannya, Anda dianjurkan mengenakan bra yang lebih besar atau menempelkan kompres dingin di sekitar area puting payudara.

3. Menyusui

Puting payudara sakit bila disentuh juga jadi hal lumrah bagi sebagian ibu menyusui. Hal ini biasanya terjadi jika perlekatan bayi saat menyusu kurang sempurna atau saat bayi mulai tumbuh gigi, sehingga suka menggigiti puting ibu demi mengurangi rasa gatal.Untuk meredakannya, pastikan perlekatan menyusui bayi sudah tepat. Ibu juga dapat mengoleskan krim khusus pereda lecet pada puting atau berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat, terutama dalam memastikan bayi tetap mendapat asupan ASI yang cukup.

4. Aktivitas seksual

Jika suka memainkan puting saat berhubungan seksual dengan pasangan, sebaiknya jangan berlebihan dalam melakukannya agar puting tidak lecet atau sakit. Kendati demikian, kondisi ini bisa sembuh sendiri. Anda bisa mengoleskan pelembab atau mengompres dengan es untuk mengurangi rasa perihnya.

Penyebab puting payudara sakit bila tersentuh yang harus diwaspadai

Kanker payudara harus tetap diwaspadai
Tidak jarang, puting payudara sakit bila tersentuh juga disebabkan oleh masalah yang butuh penanganan medis. Beberapa di antaranya adalah:

1. Infeksi

Puting yang terluka, baik karena gesekan atau efek menyusui, rentan dimasuki bakteri sehingga mengakibatkan infeksi. Salah satu bentuk infeksi puting yang paling sering dialami oleh ibu menyusui adalah mastitis.Selain puting payudara sakit bila tersentuh, gejala lain mastitis adalah demam, payudara merah, bengkak, dan hangat saat disentuh. Kondisi mastitis harus segera diperiksakan ke dokter dan ditangani dengan konsumsi antibiotik agar tidak menjadi bengkak bernanah.

2. Kanker payudara

Dalam beberapa kasus, puting payudara sakit bila tersentuh bisa mengindikasikan kanker payudara. Selain puting terasa nyeri, Anda juga akan mengalami gejala lain, seperti:
  • Adanya benjolan di sekitar payudara
  • Puting mengalami perubahan bentuk, misalnya tenggelam, berkerak, atau menjadi kemerahan
  • Keluarnya cairan dari puting, tapi bukan air susu
  • Payudara menjadi asimetris
Jika mengalami gejala tersebut, langsung periksakan diri ke dokter. Semakin cepat kanker payudara terdeteksi, semakin efektif pengobatan sehingga semakin besar pula kesempatan Anda untuk sembuh.Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan payudara, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kanker payudaratumor jinak payudarapayudaraabses payudara
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/nipple-pain-causes-4173602
Diakses pada 4 januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/women/why-do-nipples-hurt
Diakses pada 4 januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320436
Diakses pada 4 januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/why-do-my-nipples-hurt
Diakses pada 4 januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait