logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

Penyebab Puting Payudara Sakit Bila Tersentuh dan Cara Mengatasinya

open-summary

Puting payudara sakit bila tersentuh tidak selalu menandakan kondisi serius. Bra yang tidak pas, kehamilan, masa menyusui, menjelang menstruasi, maupun aktivitas seksual dapat menjadi pemicunya.


close-summary

4.23

(13)

17 Nov 2021

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Puting payudara sakit bila tersentuh dapat terjadi akibat pakaian yang tidak pas

Puting payudara sakit bila tersentuh tidak serta-merta menandakan kondisi serius

Table of Content

  • Penyebab puting payudara sakit bila tersentuh 
  • Cara mengatasi puting payudara yang sakit bila tersentuh

Puting payudara sakit bila tersentuh merupakan salah satu keluhan yang sering dilontarkan wanita. Tidak sedikit wanita yang langsung berpikiran buruk bahwa hal ini pasti pertanda kanker. Padahal kondisi tersebut lebih banyak disebabkan oleh hal yang tidak mengancam nyawa.

Advertisement

Sakit di area puting bisa terasa seperti tertusuk, terbakar atau nyeri yang berkedut-kedut yang intensitasnya semakin parah ketika disentuh. Kadang kala, rasa sakit ini seperti menyebar hingga areola payudara alias area hitam di sekitar puting.

Banyak hal dapat menuntun Anda pada kondisi ini, mulai dari cara berpakaian yang kurang tepat, faktor hormonal, hingga kanker payudara. Anda wajib terlebih dahulu memastikan penyebab puting payudara sakit bila tersentuh karena beda penyebab maka beda pula cara mengatasinya.

Penyebab puting payudara sakit bila tersentuh 

no caption
Bra yang tidak pas dapat membuat puting payudara sakit

Kebanyakan penyebab puting payudara sakit bila tersentuh merupakan hal yang tidak membahayakan nyawa. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pakaian atau bra yang tidak pas

Menggunakan pakaian atau ukuran bra yang terlalu longgar maupun terlalu sempit bisa membuat puting payudara sakit bila tersentuh. Pasalnya, bahan dari pakaian maupun bra tersebut dapat menimbulkan friksi alias gesekan pada bagian puting yang memang merupakan area sensitif.

Kondisi ini akan kian parah bila Anda melakukan kegiatan yang memerlukan mobilitas tinggi, seperti berolahraga. Oleh karena itu, pastikan Anda mengenakan pakaian dan bra yang pas di badan dan bila perlu, gunakan pelindung puting untuk meminimalisir gesekan.

Bila puting sudah terlanjur sakit hingga berdarah, oleskan salep yang mengandung antibiotik, lalu tempel dengan kasa steril sebelum mengenakan bra. Bila gejala tidak membaik dalam beberapa hari setelah menggunakan obat, periksakan ke dokter.

2. Menstruasi

Perubahan hormonal yang terjadi saat menstruasi juga dapat membuat puting payudara sakit bila tersentuh. Hal ini terjadi akibat peningkatan level hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh sehingga payudara akan membesar dan diisi oleh lebih bayak cairan. Hal ini lah yang membuat puting payudara lebih sensitif dari biasanya.

Pada wanita yang mengalaminya jelang menstruasi, rasa sakit akan mereda dengan sendirinya ketika darah haid keluar. Namun, jika kondisi ini tidak membaik bahkan ketika Anda sudah selesai datang bulan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dookter.

3. Hamil

Kehamilan memicu banyak perubahan di tubuh, tidak terkecuali di payudara. Selain ukuran payudara membesar, kehamilan juga sering membuat puting terasa nyeri bila tersentuh. Perubahan lain yang terjadi pada payudara selama kehamilan adalah munculnya benjolan-benjolan kecil di sekeliling puting.

Nyeri pada puting maupun bagian payudara lain biasanya akan berlangsung hingga trimester pertama. Untuk meredakannya, Anda dianjurkan mengenakan bra yang lebih besar atau menempelkan kompres dingin di sekitar area puting payudara.

4. Menyusui

Puting payudara sakit bila disentuh juga jadi hal lumrah bagi sebagian ibu menyusui. Hal ini biasanya terjadi jika perlekatan bayi saat menyusu kurang sempurna atau saat bayi mulai tumbuh gigi, sehingga suka menggigiti puting ibu demi mengurangi rasa gatal.

Untuk meredakannya, pastikan perlekatan menyusui bayi sudah tepat. Ibu juga dapat mengoleskan krim khusus pereda lecet pada puting atau berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat, terutama dalam memastikan bayi tetap mendapat asupan ASI yang cukup.

5. Alergi

Alergi terhadap deterjen yang dipakai untuk mencuci bra, parfum, atau losion juga bisa membuat puting payudara sakit bila tersentuh. Kondisi ini bisa juga disebut sebagai eksim atau dermatitis atopik.

Apabila Anda mengalami reaksi alergi, biasanya area payudara akan terlihat kering, mengelupas, atau bahkan bernanah.

Untuk mengatasinya, cara yang paling efektif adalah dengan mencari tahu bahan yang memicu alergi lalu segera menghentikan penggunaannya. Dengan begitu, rasa gatal dan nyeri akan hilang.

Sementara itu untuk menyembuhkan puting maupun area payudara yang kering, dokter biasanya akan memberikan krim untuk melembapkan kembali kulit serta membantu mengurangi rasa nyeri dan gatal lebih cepat.

6. Aktivitas seksual

Jika suka memainkan puting saat berhubungan seksual dengan pasangan, sebaiknya jangan berlebihan dalam melakukannya agar puting tidak lecet atau sakit. Kendati demikian, kondisi ini bisa sembuh sendiri. Anda bisa mengoleskan pelembab atau mengompres dengan es untuk mengurangi rasa perihnya.

7. Mastitis

Mastitis adalah kondisi peradangan pada jaringan payudara yang biasanya terjadi akibat infeksi bakteri. Kondisi ini paling umum terjadi pada ibu menyusui. Selain puting payudara yang sakit jika tersentuh, kondisi ini juga bisa memicu gejala lain, seperti warna kemerahan di payudara, demam, bengkak, dan keluar nanah dari puting.

8. Infeksi jamur pada payudara

Puting yang terluka, baik karena gesekan atau efek menyusui, rentan dimasuki patogen termasuk bakteri dan jamur sehingga mengakibatkan infeksi. Selain mastitis, infeksi lain yang mungkin dialami adalah infeksi jamur, terutama jika terdapat luka di payudara.

Selain puting payudara sakit bila tersentuh, gejala lain infeksi jamur pada payudara adalah kemerahan pada area puting dan payudara serta area puting yang kering dan mengelupas.

9. Kanker payudara

Dalam beberapa kasus, puting payudara sakit bila tersentuh bisa mengindikasikan kanker payudara. Selain puting terasa nyeri, Anda juga akan mengalami gejala lain, seperti:

  • Adanya benjolan di sekitar payudara
  • Puting mengalami perubahan bentuk, misalnya tenggelam, berkerak, atau menjadi kemerahan
  • Keluarnya cairan dari puting, tapi bukan air susu
  • Payudara menjadi asimetris

10. Penyakit paget payudara

Penyakit paget payudara adalah kondisi langka dan merupakan salah satu jenis kanker ganas yang menyerang 1-4% perempuan yang terkena kanker payudara.

Kondisi ini bisa membuat puting payudara sakit bila tersentuh, tapi ciri paling khasnya adalah perubahan bentuk puting yang terlihat lebih rata atau masuk ke dalam, penebalan kulit payudara, benjolan di payudara, dan keluarnya nanah atau darah dari payudara.

Baca Juga

  • Penyebab Bintik-bintik di Sekitar Areola dan Cara Mengatasinya
  • Penyebab Payudara Besar dan Dampaknya untuk Kesehatan Wanita

Cara mengatasi puting payudara yang sakit bila tersentuh

Minum paracetamol bisa meredakan rasa sakit di puting payudara bila tersentuh
Konsumsi obat pereda nyeri bisa kurangi rasa sakit di puting payudara

Perawatan untuk puting payudara yang terasa sakit bila tersentuh bisa berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Apabila penyebabnya adalah penggunaan bra yang kurang pas, maka solusinya adalah dengan mengganti bra dengan ukuran yang lebih pas.Sementara reaksi alergi bisa dihentikan dengan penggunaan krim steroid.

Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan nyeri pada puting apapun penyebabnya, yaitu:

  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol
  • Kompres payudara dengan handuk dan air hangat
  • Gunakan salep pelembap untuk mencegah puting terlalu kering dan pecah-pecah

Jika mengalami gejala tersebut, langsung periksakan diri ke dokter. Semakin cepat kanker payudara terdeteksi, semakin efektif pengobatan sehingga semakin besar pula kesempatan Anda untuk sembuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan payudara, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kanker payudaratumor jinak payudarapayudaraabses payudara

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved