Pusing Setelah Olahraga Bisa Terjadi karena 5 Faktor Ini


Pusing setelah olahraga dapat terjadi karena beberapa faktor, termasuk dehidrasi, teknik pernapasan yang salah, gula darah rendah, hingga olahraga yang berlebihan. Tekanan darah rendah juga dapat memicu pusing setelah olahraga.

(0)
23 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pusing setelah olahraga dapat terjadi karena beberapa faktor, mulai dari dehidrasi hingga tekanan darah rendahPusing setelah olahraga merupakan kondisi yang dapat dicegah
Olahraga merupakan aktivitas positif yang memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Namun, aktivitas ini pun harus dilakukan dengan penuh perhitungan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan seperti pusing setelah berolahraga. Bukannya memberi sensasi positif baik bagi tubuh, pusing setelah olahraga tentu tidak mengenakkan. Apa saja penyebab pusing setelah olahraga?

Penyebab pusing setelah olahraga

Berikut ini beberapa penyebab pusing setelah olahraga:

1. Teknik pernapasan yang salah

Salah satu penyebab pusing setelah olahraga adalah Anda “lupa” untuk bernapas. Padahal, saat beraktivitas fisik, otot menggunakan lebih banyak oksigen. Laju napas dan detak jantung akan meningkat saat berolahraga untuk menyuplai darah kaya oksigen yang dibutuhkan otot.Apabila Anda tak bernapas secara penuh selama berolahraga atau sesudahnya, aliran darah kaya oksigen menuju otak akan menurun. Sebagai akibatnya, Anda pun akan merasa pusing karena otak tak mendapatkan oksigen yang cukup.

2. Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dibandingkan cairan yang masuk. Cairan bisa hilang dari tubuh karena olahraga memicu peningkatan suhu tubuh. Tubuh kemudian mengompensasinya dengan memproduksi keringat sehingga suhu tubuh pun menurun. Biasanya, tubuh bisa kehilangan lebih banyak cairan saat olahraga terlalu berat atau cuaca sedang terik.Selain pusing setelah olahraga (atau ketika sedang berolahraga), dehidrasi juga memicu gejala lain, termasuk:

3. Berolahraga terlalu berlebihan

Latihan yang intens dapat menyebabkan pusing setelah berolahraga
Overtraining alias olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan pusing
Berolahraga terlalu berlebihan dan intens dapat memicu penurunan tekanan darah. Jika dibiarkan, seperti yang disampaikan di atas, Anda juga akan mengalami dehidrasi. Perpaduan kondisi ini pun akan berujung pada pusing saat atau setelah olahraga hingga pingsan. 

4. Gula darah rendah

Penyebab pusing setelah olahraga lainnya adalah kadar gula darah rendah. Saat kita berolahraga, otot menggunakan energi lebih banyak dibanding biasanya. Selama 15 menit pertama saat berolahraga, tubuh menarik gula (glukosa) yang beredar di aliran darah dan otot untuk menunjang aktivitas fisik yang dilakukan.Begitu glukosa habis, kadar gula darah pun akan turun dan tubuh kemudian memanfaatkan cadangan gula yang ada di hati. Kondisi ini pun membuat otak kekurangan glukosa yang menjadi sumber energi utamanya. Karena otak kekurangan glukosa, kita akan merasa pusing saat atau setelah berolahraga.Selain pusing, gejala lain gula darah rendah dapat berupa:
  • Tubuh berkeringat
  • Tubuh gemetaran
  • Kebingungan
  • Sakit kepala
  • Kelelahan

5. Tekanan darah rendah

Selain gula darah rendah, tekanan darah yang terlalu rendah juga dapat memicu pusing setelah olahraga. Walau tekanan darah memang menurun 30-60 menit setelah aktivitas fisik, beberapa orang berisiko mengalami penurunan yang terlalu cepat. Kondisi ini umum saat seseorang gagal melakukan pendinginan setelah olahraga yang intens.Tekanan darah rendah setelah olahraga dapat terjadi karena pembuluh darah membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan ritme kerja jantung dan otot. Saat berolahraga, otot dan jantung akan bekerja keras untuk menyuplai darah kaya oksigen menuju otot dan kembali normal seusai aktivitas fisik.Pembuluh darah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan tersebut sedikit menghambat aliran darah kaya oksigen ke otak. Akibatnya, otak pun pun kekurangan oksigen dan memicu rasa pusing setelah olahraga.

Tips mencegah pusing setelah olahraga

Minum air putih mencegah pusing setelah olahraga
Sempatkan diri untuk minum agar tubuh tidak dehidrasi
Pusing setelah olahraga merupakan kondisi yang dapat dicegah. Beberapa tips mencegah rasa pusing setelah olahraga, yaitu:
  • Menghindari pernapasan dangkal saat berolahraga
  • Memerhatikan sinyal yang diberikan tubuh saat berolahraga agar tidak menjadi aktivitas yang berlebihan
  • Meningkatkan intensitas olahraga secara perlahan, hati-hati, dan menyesuaikannya dengan kemampuan diri
  • Membawa air dan mengalokasikan waktu untuk meminumnya setelah beberapa menit atau saat berolahraga
  • Makan satu jam sebelum olahraga, seperti mengonsumsi protein bar atau snack olahraga

Catatan dari SehatQ

Pusing setelah olahraga dapat terjadi karena beberapa faktor, termasuk dehidrasi, teknik pernapasan yang salah, gula darah rendah, hingga tekanan darah rendah. Olahraga berlebihan juga dapat memicu pusing setelah olahraga. Jika masih memiliki pertanyaan terkait pusing setelah olahraga, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ dapat diunduh gratis di Appstore dan Playstore yang setia dampingi hidup sehat Anda.
tips olahragagula darahpusingdehidrasitekanan darah rendah
Healthline. https://www.healthline.com/health/dizzy-after-workout
Diakses pada 9 November 2020
Summit Medical Group. https://www.summitmedicalgroup.com/news/fitness/proper-breathing-during-exercise
Diakses pada 9 November 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/exercise-and-dizziness-2704427
Diakses pada 9 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait