Punya Rambut Abu-abu? Ini Perawatan yang Harus Dilakukan

(0)
08 Oct 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Rambut abu-abu tumbuh karena hilanya sel pigmen pada folikel rambut yang menghasilkan melaninRambut abu-abu memiliki tekstur yang lebih tipis
Apakah Anda memiliki rambut abu-abu? Kondisi ini umumnya terjadi seiring bertambahnya usia. Pada umumnya, folikel rambut memiliki sel pigmen yang menghasilkan melanin, yakni zat pemberi warna pada rambut. Ketika usia semakin bertambah, sel-sel tersebut mulai mati sehingga helai rambut baru pun tumbuh lebih terang menjadi abu-abu. Penting bagi Anda untuk tetap merawat rambut agar senantiasa sehat dan kuat.

Penyebab rambut abu-abu

Tumbuhnya rambut abu-abu sering kali dikaitkan dengan stres. Akan tetapi, gen yang paling menentukan seberapa cepat hal itu terjadi. Misalnya, jika salah satu orangtua Anda sudah beruban di usia 30-an, maka kemungkinan besar Anda juga memilikinya di usia yang sama.Golongan lain yang lebih rentan memiliki rambut abu-abu adalah perokok. Rambut seorang perokok 2,5 kali lebih tinggi kemungkinannya menjadi abu-abu sebelum usia 30 tahun dibandingkan bukan perokok. 
Merokok bisa menyebabkan kerusakan rambut
Selain itu, beberapa kondisi juga bisa mengubah rambut menjadi abu-abu, di antaranya:Rambut abu-abu memiliki tekstur yang lebih tipis dibandingkan warna rambut alami sehingga memerlukan perlindungan ekstra dari sinar matahari, bahan kimia, atau alat penata rambut. Jika tidak dilindungi, rambut akan terasa kering, rapuh, dan kasar. Oleh sebab itu, jagalah selalu rambut Anda dengan perawatan yang baik.

Merawat rambut abu-abu

Mengubah gaya hidup sangat diperlukan bagi kesehatan rambut. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat rambut abu-abu:
  • Berhenti merokok

Merokok memiliki hubungan yang signifikan dengan perubahan rambut abu-abu. Kebiasaan ini juga bisa membuat rambut terlihat semakin kusam. Oleh sebab itu, berhentilah merokok agar rambut nampak bersih dan sehat. Anda bisa mencoba mengalihkan perasaan ingin merokok dengan memakan permen karet, minum air putih, menyikat gigi, atau hal lainnya.
  • Mengonsumsi makanan bergizi

Anda disarankan menambahkan kenari ke dalam diet karena kandungan tembaganya yang dapat membantu memberi pigmen ke folikel rambut. Selain itu, ikan, biji-bijian, dan sayuran hijau yang merupakan sumber lemak asam omega-3 dan zinc juga penting untuk memperkuat kesehatan rambut atau bahkan memulihkan warnanya.
  • Mengonsumsi suplemen vitamin B

Daging ayam memiliki kandungan vitamin B-12 dan B-6 yang telah terbukti mengurangi tumbuhnya rambut abu-abu. Namun, jika Anda tidak mengonsumsi daging, Anda bisa menggantinya dengan suplemen vitamin B untuk membantu meningkatkan kemampuan tubuh mencegah uban. 
  • Tidak harus mewarnai rambut

Mewarnai rambut abu-abu bisa membuatnya semakin rapuh
Ketika rambut telah berubah menjadi abu-abu, sebagian orang memilih untuk mewarnainya kembali. Padahal hal tersebut tidak wajib dilakukan karena bisa membuat rambut semakin kasar dan rapuh.
  • Menggunakan produk perawatan rambut

Jika tidak dirawat, rambut abu-abu cenderung menjadi kusam kekuningan sehingga membuat Anda terlihat semakin tua. Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, dan vitamin, untuk membuatnya tetap berkilau dan cerah.
  • Melindungi rambut dengan SPF

Melanin membantu melindungi rambut dari radikal bebas, misalnya dari sinar UV. Sayangnya, rambut abu-abu kehilangan protein pembuat pigmen tersebut sehingga jauh lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV.Kondisi ini bisa membuat rambut menjadi rapuh dan rusak. Jadi, Anda harus melindungi rambut dari sinar matahari dengan menggunakan semprotan pelindung yang mengandung SPF agar senantiasa kuat.Meski tidak berpengaruh secara langsung, Anda harus menghindari stres agar kesehatan rambut tetap terjaga. Jika Anda memiliki rambut abu-abu, jangan berkecil hati karena Anda masih tetap bisa menatanya dengan berbagai gaya sehingga membuat penampilan lebih menarik.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang penyebab maupun perawatan rambut abu-abu, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalarambut putih
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-beauty-gray-hair-facts
Diakses pada 24 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/gray-hair-facts#15.-Gray-hair-stills-needs-SPF
Diakses pada 24 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait