Punya Masalah Bintik Hitam di Kulit? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

(0)
24 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bintik hitam di kulit dapat disebabkan oleh berbagai halBintik hitam di kulit wajah dapat mengganggu penampilan
Tidak sedikit orang yang merasa resah ketika muncul bintik hitam di kulit. Terlebih lagi, jika bintik hitam tersebut terlihat mencolok dan berada di tempat yang mudah dilihat, misalnya di area wajah.Bintik hitam di kulit bisa timbul dalam berbagai bentuk, di antaranya hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan, hingga lentigo karena matahari (solar lentigo). Di samping itu, penyebab berbagai bintik-bintik hitam tersebut juga berbeda.Bintik hitam di kulit bisa muncul karena kondisi tertentu atau efek samping pengobatan. Umumnya bintik hitam tidak berbahaya atau mengganggu kesehatan. Namun, banyak orang ingin menghilangkannya untuk alasan estetika.Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa ada kalanya bintik hitam yang muncul tiba-tiba dapat mengindikasikan kanker, meski kemungkinannya kecil.

Penyebab bintik hitam di kulit

Kemunculan bintik hitam di kulit merupakan akibat dari produksi berlebihan pigmen kulit yang bernama melanin. Pigmen ini kemudian menumpuk di suatu area yang membentuk bintik hitam.Bentuk dan ukuran bintik hitam bisa beragam. Mulai dari seukuran titik hingga yang berukuran lebih besar. Bintik hitam umumnya memiliki permukaan rata dengan bentuk bulat atau oval.Bintik hitam di kulit kerap muncul bagian tubuh yang paling sering terpapar matahari, seperti wajah, punggung tangan, bahu, dan lengan. Bintik-bintik tersebut bisa berkumpul di suatu area hingga membentuk area gelap yang lebih besar.Berikut adalah beberapa penyebab munculnya bintik hitam di kulit yang perlu Anda ketahui.

1. Paparan sinar UV

Terlalu sering terpapar sinar ultraviolet (UV), seperti berada di bawah sinar matahari langsung tanpa tabir surya, dapat menjadi penyebab munculnya bintik hitam.Seseorang yang terkena paparan sinar UV selama bertahun-tahun dapat menyebabkan munculnya bintik hitam di kulit ketika usianya mencapai setengah baya. Kondisi ini dikenal sebagai solar lentigo.

2. Gangguan kulit

Penyebab kedua dari munculnya bintik hitam di kulit adalah gangguan atau kondisi khusus pada kulit, misalnya hiperpigmentasi pascainflamasi, melasma pada masa kehamilan, linea nigra, melanosis riehl, poikiloderma, dan sebagainya.

3. Efek samping obat

Efek samping dari obat-obatan juga dapat menyebabkan munculnya bintik hitam di kulit. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan kondisi ini, di antaranya:
  • Obat estrogen
  • Antibiotik tetrasiklin dan sulfonamida
  • Obat antiaritmia seperti amiodarone
  • Obat antikejang seperti fenitoin
  • Obat gangguan mental dan emosional seperti fenotiazin.

4. Penyebab lainnya

Selain beberapa penyebab di atas, ada penyakit dan kondisi lain yang bisa menyebabkan munculnya bintik hitam di kulit. Beberapa di antaranya adalah kehamilan, penyakit hati, penyakit Addison, kelebihan zat besi, atau tumor/kanker.

Cara mengatasi bintik hitam di kulit

Perawatan laser untuk bintin hitam di kulit
Perawatan laser dapat menghilangkan bintik hitam di kulit
Cara mengatasi bintik hitam di kulit harus disesuaikan dengan penyebabnya. Mengingat sebagian besar bintik hitam tidak berbahaya, mengobati bintik hitam bukanlah hal darurat.Namun, untuk alasan estetika, tidak sedikit orang yang memilih prosedur menghilangkan bintik hitam dengan pemberian obat, perawatan medis, atau perawatan rumahan.

1. Penggunaan obat-obatan

Obat yang biasanya diresepkan untuk bintik hitam di kulit adalah obat topikal yang berfungsi memutihkan kulit. Salah satu kandungan aktif dalam obat jenis ini adalah hidrokuinon. Namun, penggunaan hidrokuinon hanya boleh untuk jangka pendek dengan dosis terbatas.Hidrokuinon pada konsentrasi tinggi juga dapat bersifat karsinogenik. Oleh karena itu, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.Selain hidrokuinon, obat-obatan untuk bintik hitam di kulit biasanya memiliki kandungan berikut:
  • Asam alfa hidroksida
  • Asam glikolat
  • Deoxyarbutin
  • Asam kojat
Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengaplikasikan obat-obatan jenis apa pun pada bintik hitam di kulit.

2. Prosedur kosmetik

Beberapa prosedur kosmetik atau kecantikan untuk mengatasi bintik hitam di kulit, antara lain:

3. Perawatan rumahan

Selain itu, bintik hitam di kulit juga bisa diatasi dengan berbagai perawatan rumahan. Perawatan ini biasanya memanfaatkan bahan-bahan alami yang biasa digunakan sehari-hari.
  • Hilangkan sel kulit mati dengan pepaya. Lumat pepaya dan jadikan masker. Bersihkan pepaya dengan gerakan memutar agar sel kulit mati bisa terkelupas.
  • Gunakan kunyit untuk meratakan warna kulit. Campurkan perasan kunyit dan madu dengan perbandingan 1:1 lalu gunakan sebagai masker.
  • Kurangi bintik hitam di kulit dengan minyak almond. Gunakan minyak almond di malam hari sebagai pelembap atau pembersih make up.
  • Mencerahkan kulit dengan yogurt. Aplikasikan yogurt secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa mencampurnya dengan madu atau oatmeal bagi kulit kering.
Tidak semua orang cocok dan bisa mendapatkan manfaat maksimal dari perawatan rumahan. Apabila kondisi bintik hitam di kulit tidak membaik atau muncul gejala lain, seperti gatal, perih, dan bintik semakin menyebar, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis.Jika Anda punya pertanyaan seputar bintik hitam di kulit, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
masalah kulithiperpigmentasi
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/causes-of-dark-spots-1069545
Diakses 9 Oktober 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/how-to-treat-dark-spots-4686898
Diakses 10 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait