Produk-produk yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Kulit Sensitif

Selalu perhatikan kandungan produk untuk mencegah reaksi berlebihan di kulit sensitif
Anda harus lebih berhati-hati dalam merawat kulit sensitif.

Kulit yang cepat memerah, gatal, muncul benjolan, ruam, atau sering mengalami kekeringan, memerlukan perawatan yang hati-hati agar tetap terjaga kelembapan dan kesehatannya. Untuk itu, Anda dapat merawat kulit sensitif dengan memilih produk-produk yang tepat dan aman bagi kulit Anda.

Merawat Kulit Sensitif

Sebelum menambahkan berbagai produk ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, sebaiknya periksakan terlebih dahulu keadaan kulit Anda kepada dokter kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Dokter dapat membantu mencari tahu dan mendeteksi apa pemicu kulit sensitif Anda (sehingga Anda dapat mencoba untuk menghindarinya) dan masalah apa yang ingin dicegah. Setelah memiliki pengetahuan yang cukup tentang keadaan kulit Anda, memilih produk untuk kulit menjadi lebih mudah.

Selalu perhatikan kandungan pada label produk. Seringkali, beberapa produk yang mencantumkan tulisan "untuk kulit sensitif" tidak memiliki persetujuan resmi untuk melakukannya. Sebelum membelinya, coba aplikasikan produk pada area kulit yang kecil.

Perhatikan reaksi atau kemerahan dalam bentuk apa pun pada kulit. Jika kulit Anda terasa terbakar atau berubah menjadi merah dalam waktu 72 jam, produk tersebut tidaklah cocok untuk kulit Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli produk perawatan untuk kulit sensitif:

1. Pembersih

Sebelum membeli, periksa label terlebih dahulu. Hindari produk yang mengeksfoliasi karena produk tersebut kemungkinan mengandung bahan kecil tapi kasar yang sering disebut sebagai microbeads. Bahan tersebut menghilangkan sel-sel kulit mati dengan gesekan.

Anda tidak perlu mengeksfoliasi kulit untuk membersihkan sel kulit mati. Alih-alih membuat kulit bersih, produk tersebut malah mengiritasi kulit. Hindari juga produk pembersih dengan bahan kimia yang dapat mengeksfoliasi, seperti asam salisilat atau asam hidroksi alfa dan beta. Carilah produk-produk yang:

  • Tidak berbusa.
  • Tidak memiliki wangi.
  • Tidak ada kandungan alkohol.

Biasanya, semakin sedikit bahan dalam suatu produk, semakin besar kemungkinannya produk tersebut tidak akan mengganggu kulit Anda.

2. Pelembap

Menjaga kelembapan pada kulit adalah kunci utama untuk mengatasi kulit kering, yang sering menyebabkan terjadinya eksim flare atau reaksi kulit sensitif lainnya. Pelembap yang menciptakan pelindung terbaik untuk kulit memiliki kandungan:

  • Petroleum jelly.
  • Minyak mineral.
  • Salep.
  • Krim dengan tambahan kandungan minyak, seperti zaitun atau jojoba.

Hindari kandungan pewarna dan wewangian dalam pelembap Anda. Krim bekerja lebih baik daripada losion cair untuk menjaga kelembapan kulit Anda. Untuk mengatasi kulit yang terasa kering, pilihlah krim dengan bahan-bahan yang dapat menenangkan seperti:

  • Polifenol teh hijau.
  • Chamomile.
  • Lidah buaya.

Anda juga dapat mencari pelembap dengan kandungan ceramide, yang merupakan asam lemak, atau lipid, yang membantu kulit Anda menahan kelembapan.

3. Tabir Surya

Perlindungan terhadap sinar matahari penting untuk diaplikasikan kapan pun. Selain mencegah kerusakan kulit, tabir surya atau sunscreen yang baik dapat melindungi Anda dari sengatan matahari, yang sering membuat masalah kulit sensitif menjadi lebih buruk.

Tabir surya terbaik adalah SPF 30 atau lebih tinggi. Periksalah kadar kandungan tabir surya yang Anda hendak beli. Dan jika mengandung wewangian, lebih baik pilih produk jenis lain.

4. Makeup

Baik yang menggunakan makeup tebal maupun tipis, sebaiknya pilih produk yang tidak berbahaya untuk kulit Anda. Hindari kandungan-kandungan ini dalam makeup yang ingin Anda beli:

  • Kandungan alkohol.
  • Pewarna.
  • Wewangian.
  • Asam glikolat.
  • Asam laktat.
  • Menthol.
  • Sodium laurel sulfate (banyak ditemukan dalam sabun dan sampo).

Carilah produk berlabel noncomedogenic. Label ini berarti bahwa produk tidak akan menyumbat pori-pori Anda, yang mungkin memicu terjadinya ruam atau reaksi berlebihan pada kulit sensitif.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/body-lotion-cream

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitive-skin

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed