Konsultasikan kondisi kulit berminyak jika tidak kunjung membaik dari masalah jerawat dan kulit kusam
Produksi minyak berlebih memang bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit seperti jerawat

Minyak yang diproduksi oleh tubuh manusia memang berperan besar dalam melindungi kesehatan kulit. Tetapi, konsekuensinya akan berbeda bila produksi minyak terlalu berlebihan.

Tak hanya merepotkan, minyak berlebih juga bisa menyebabkan berbagai permasalahan pelik seperti jerawat. Untuk menangani masalah tersebut, simak cara mudah merawat kulit berminyak berikut ini!

1. Pakai Cleanser

Salah satu cara paling efektif untuk menekan sebum berlebih adalah dengan membersihkan wajah baik siang dan malam. Menurut penelitian di University of California, produksi minyak bisa lebih terkontrol dengan memakai sabun muka yang lembut.

Sedangkan, penggunaan pembersih yang keras dapat meningkatkan sebum berlebih pada wajah. Oleh karena itu, jika ingin merawat kulit berminyak, pastikan memilih pembersih dengan kandungan yang tepat untuk kulit. Contohnya, pembersih yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid.

2. Gunakan Toner Khusus Kulit Berminyak

Penggunaan toner juga bisa menjadi kunci utama untuk merawat kulit berminyak. Namun pastikan Anda teliti dalam memilih produk toner yang akan dipakai.

Ada berbagai jenis toner yang tersedia di pasaran. Mulai dari toner untuk kulit kering, untuk kulit berminyak, hingga kulit kombinasi. Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki kulit kombinasi, gunakan toner khusus wajah berminyak di area yang memiliki sebum berlebih, seperti dahi, hidung, dan dagu.

3. Batasi Penggunaan Masker untuk Kulit Berminyak

Penggunaan masker memang dapat membantu mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori di wajah. Meski demikian, pemakaian yang terlalu sering juga bisa mengakibatkan wajah menjadi kering.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pakailah masker khusus kulit berminyak beberapa kali dalam seminggu saja. Selain itu, gunakan masker di area-area yang bermasalah.

4. Pelembap Wajah

Karena khawatir kulit semakin terlihat berminyak, orang-orang yang mengalami masalah ini sering kali menghindari pelembap. Padahal, pemikiran tersebut sebenarnya salah besar.

Kulit berminyak pun membutuhkan nutrisi dan perlu dilembapkan sehingga kondisi kesehatannya tetap terjaga. Sebagai solusinya, pilih pelembap dengan kandungan yang dapat mengontrol minyak berlebih.

5. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Jika keadaan kulit berminyak tidak kunjung membaik, ada baiknya bila berkonsultasi dengan dokter kulit. Dengan laser dan berbagai teknologi mutakhir yang tersedia, permasalahan akan kulit dapat segera teratasi.

Tak hanya dapat mengontrol sebum berlebih, beberapa cara merawat kulit berminyak di atas juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan terawat. Selain itu, agar hasilnya lebih maksimal, pastikan pula kondisi kulit selalu dalam keadaan bersih.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/oily-skin#1

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed