Punya Garis Hitam di Kuku? Ini Kemungkinan Penyebabnya

(0)
13 Jul 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Garis hitam di kuku mengindikasikan adanya penyakit tertentuBentuk garis hitam di kuku
Cobalah perhatikan kuku Anda, adakah garis hitam yang tampak jelas dibagian tengah kuku? Jika ada, mungkin Anda bertanya-tanya apa penyebab munculnya garis hitam di kuku tersebut. Tidak sedikit pula yang mengganggap kondisi ini dapat mengindikasikan adanya penyakit.Dalam sebagian besar kasus, garis hitam di kuku bukan merupakan suatu kondisi yang serius. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda segera memeriksakannya ke dokter bila garis hitam di kuku tidak kunjung hilang atau menetap selama lebih dari seminggu.

Penyebab garis hitam di kuku

Melanonychia linier merupakan penyebab paling umum munculnya garis hitam di kuku. Melanonychia linier dianggap sebagai kondisi yang terjadi ketika pigmen pada kuku, yang juga dikenal dengan melanosit, memproduksi pigmen berlebih sehingga menyebabkan garis hitam di kuku.Meski kecil kemungkinannya, garis hitam di kuku juga dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat kemoterapi, beta blocker, obat antimalaria, atau obat azidothymidine
  • HIV
  • Sindrom Laugier-Hunziker
  • Lupus
  • Sindrom Peutz-Jeghers
  • Skleroderma
  • Perdarahan splinter, yaitu perdarahan yang terjadi ketika pembuluh darah di bawah kuku rusak atau pecah akibat cedera.
Salah satu penyebab yang paling serius dari garis hitam di kuku adalah melanoma, yakni bentuk kanker kulit yang berbahaya. Melanoma yang terletak di bawah kuku sering disebut juga sebagai melanoma subungual.

Bentuk-bentuk garis hitam di kuku berdasarkan penyebabnya

Biasanya, kuku yang sehat akan memiliki punggung vertikal di dalamnya, melengkung ke bawah, dan tidak mudah pecah. Akan tetapi, jika Anda memiliki garis hitam di kuku, ada beberapa gejala lain pada kuku yang akan menyertainya.Berikut adalah gejala-gejala yang menyertai garis hitam di kuku berdasarkan penyebabnya.

1. Melanonychia linier

Apabila Anda memiliki melanonychia linier, Anda dapat melihat garis-garis hitam yang tampak pada kuku. Terkadang garis-garis tersebut memiliki variasi warna yang berkisar dari hitam, cokelat tua, hingga abu-abu.Garis-garis ini biasanya tidak muncul pada semua kuku jari Anda, melainkan hanya menjangkiti dua sampai lima kuku saja.

2. Perdarahan splinter

Perdarahan splinter umumnya terjadi dengan ditandai garis hitam atau merah tua di kuku yang disebabkan oleh cedera pada pembuluh darah kecil di bawah alas kuku. Perdarahan karena cedera ini biasanya dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari.Ada dua kemungkinan utama di mana pendarahan splinter dapat terjadi. Pertama, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor eksternal, seperti cedera atau kecelakaan.Sedangkan kasus kedua, perdarahan splinter dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu, seperti infeksi, vaskulitis (peradangan pada pembuluh darah), dan bahkan diabetes.

3. Melanoma subungual

Ketika seseorang mengalami melanoma subungual, mereka biasanya akan menyadari adanya satu garis hitam pada satu kuku saja. Biasanya, garis hitam di kuku akibat melanoma subungual akan melebar dan menghitam seiring waktu. Terkadang, kuku juga akan terasa sakit atau berdarah.Pigmentasinya juga dapat meluas ke daerah di mana kuku bertemu kutikula yang dikenal sebagai tanda Hutchinson. Kondisi inilah yang sering kali menjadi indikator melanoma.Pada kasus melanoma subungual, garis hitam dapat terjadi pada kuku tangan maupun kaki. Dilansir dari jurnal Podiatry Management, diperkirakan sekitar 40 hingga 55 persen kasus melanoma subungual terjadi pada kaki.Satu hal yang perlu Anda ingat, yaitu kuku bisa menjadi indikator kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.Jika Anda mengalami kondisi seperti yang telah dijelaskan di atas atau masalah kuku lainnya tanpa penjelasan yang masuk akal, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.
kuku
Credithealth. https://www.credihealth.com/blog/black-line-on-nail-splinter-hemorrhages
Diakses pada 30 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/black-line-on-the-nail
Diakses pada 30 Juni 2020
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320687
Diakses pada 30 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait