Puasa untuk ibu hamil masih merupakan suatu kontroversi
Jika ibu hamil ingin berpuasa, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter

Puasa itu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, karena itu tidak melulu hanya dilakukan saat bulan-bulan tertentu saja. Namun, bagi ibu hamil yang ingin berpuasa, puasa saat sedang hamil masih merupakan suatu kontroversi.

Apakah puasa untuk ibu hamil itu baik sering muncul di benak calon ibu yang akan menjalani ibadah puasa atau mereka yang ingin menjalankan intermittent fasting. Jadi, apakah ibu hamil boleh berpuasa?

Apakah puasa untuk ibu hamil dapat dilakukan?

Tiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan dan usia janin yang berbeda-beda dan karenanya tidak ada standar yang tetap dalam menentukan boleh tidaknya calon ibu berpuasa saat masa kehamilannya.

Puasa untuk ibu hamil memerlukan keseimbangan cairan dan nutrisi yang sangat ketat karena terdapat berbagai perubahan dalam tubuh wanita dan adanya Si Kecil yang perlu diperhatikan asupan nutrisinya.

Meskipun perdebatan tentang boleh tidaknya ibu hamil berpuasa belum menemukan titik terang, tetapi berpuasa saat sedang mengandung tidak terlalu dianjurkan. Saat berpuasa, tubuh akan memproduksi senyawa keton yang dapat memberikan dampak negatif pada buah hati.

Saat dalam masa kehamilan, bumil perlu memperhatikan nutrisi untuk perkembangan Si Kecil, mengembangkan simpanan lemak untuk menyusui, dan berat bayi. Semua hal ini sangat dipengaruhi oleh seberapa banyak dan lengkap nutrisi yang didapatkan oleh calon ibu.

Puasa di masa kehamilan menyulitkan calon ibu untuk mengatur asupan nutrisi dan kalori yang perlu dicapai untuk menjaga kesehatan bumil dan anaknya. Padahal, di waktu kehamilan, wanita perlu menambah asupan kalorinya sebanyak kurang lebih 300 kalori.

Suatu riset menemukan bahwa puasa untuk ibu hamil dapat menurunkan kadar gula darah dan membuat calon ibu kesulitan untuk merasakan pergerakan janin. Padahal mengetahui frekuensi pergerakan janin sangat penting, terutama saat mendekati persalinan.

Penurunan frekuensi pergerakan buah hati dalam perut sang ibu dapat menandakan adanya masalah yang memerlukan perhatian medis.

Apalagi risiko yang bisa dialami ketika berpuasa di masa kehamilan?

Puasa untuk ibu hamil menimbulkan berbagai konsekuensi atau risiko yang perlu dipertimbangkan.

Salah satunya adalah masalah kekurangan zat besi, terutama saat trimester ketiga, yang dapat meningkatkan peluang anak mengalami anemia saat ulang tahun pertamanya. Ketika Anda berpuasa, Anda juga mengurangi asupan zat besi untuk buah hati.

Puasa untuk ibu hamil juga berpotensi untuk menimbulkan berbagai risiko lainnya, seperti:

  • Berat badan yang sedikit lebih rendah dari normal, khususnya saat puasa dilakukan di trimester pertama
  • Lemas
  • Melahirkan bayi prematur

Namun, risiko-risiko di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Bahaya puasa untuk ibu hamil dan janin juga masih membutuhkan studi tambahan, khususnya di pertumbuhan janin dan potensi lahir prematur.

Apa yang harus dilakukan jika Anda memutuskan untuk berpuasa di masa kehamilan?

Jika Anda hamil dan ingin berpuasa, hal tersebut kembali ke pada diri Anda sendiri. Karena faktanya masih belum ada kesimpulan yang benar-benar teruji. Namun, sebelum menjalani puasa, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Selain itu, sebaiknya hindari berpuasa terlalu lama di masa kehamilan dan tetap minum air saat berpuasa. Dehidrasi dapat memicu penurunan air ketuban yang dapat mengakibatkan kecacatan lahir dan lahir prematur.

Selalu konsumsi setidaknya delapan gelas air sehari dan hindari melakukan aktivitas yang dapat membuat Anda kekurangan cairan tubuh atau berkeringat. Ingat untuk selalu memeriksakan diri dengan dokter kandungan selama berpuasa.

Setelah masa berpuasa selesai, bumil harus kembali ke rutinitas awal dengan mengonsumsi nutrisi dan kalori yang dibutuhkan, serta berolahraga ringan, seperti berjalan dan yoga, untuk membantu memperpendek durasi persalinan, mengurangi risiko kehamilan sesar dan diabetes gestasional.

Babycenter. https://www.babycentre.co.uk/a1028954/fasting-in-pregnancy
Diakses pada 5 Februari 2020

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/intermittent-fasting-while-pregnant#risks
Diakses pada 5 Februari 2020

Taylor & Francis Online. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/01443610400007844
Diakses pada 5 Februari 2020

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/fasting-while-pregnant-breastfeeding/
Diakses pada 5 Februari 2020

Artikel Terkait