Hati-hati! Psoriasis, Jenis Penyakit Kulit yang Tidak Ada Obatnya

Psoriasis adalah salah satu jenis penyakit kulit yang membuat kulit bersisik dan terlihat seperti ikan
Apa sebenarnya penyebab penyakit kulit psoriasis dan hal-hal yang bisa memicunya?

Berbagai jenis penyakit kulit yang mungkin menyerang Anda umumnya tidak mengancam nyawa. Namun penyembuhan tetap dirasa perlu, terutama bila kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu estetika hingga membuat Anda tidak percaya diri.

Salah satu jenis penyakit kulit yang bisa dijumpai adalah psoriasis. Penyakit ini menyebabkan bercak kulit berwarna kemerahan, kasar, dan bersisik. Terkadang, rasa gatal dan nyeri juga bisa menyertai. Tapi apa sebenarnya psoriasis dan bisakah disembuhkan?

[[artikel-terkait]]

Mengapa Seseorang Bisa Mengidap Psoriasis?

Pada dasarnya, psoriasis terjadi karena adanya keabnormalan pada produksi sel-sel kulit. Normalnya, kulit akan mengelupas dan berganti lapisan baru tiap tiga hingga empat minggu sekali.

Namun pada penderita psoriasis, sel kulit yang baru sudah muncul dalam tiga hingga tujuh hari. Sebagai akibatnya, terjadi penumpukan sel-sel kulit.

Penyebab di balik pembentukan dan penumpukan sel-sel kulit pada penderita psoriasis sendiri tidak diketahui secara pasti. Tapi kondisi ini diduga berhubungan dengan sistem imunitas.

Faktor genetika juga turut berperan karena psoriasis bisa diturunkan. Anda dianggap memiliki risiko psoriasis yang lebih tinggi jika melakukan atau mengalami beberapa hal berikut ini:

  • Infeksi, khususnya pada kulit.
  • Cedera pada kulit, misalnya gigitan serangga, luka gores, serta terbakar matahari.
  • Stres.
  • Kekurangan vitamin D.
  • Merokok.
  • Konsumsi alkohol.
  • Obat-obatan tertentu, misalnya lithium, obat darah tinggi, atau obat antimalaria.

Meski demikian, penyakit ini tidak menular. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu membatasi diri untuk bergaul dengan penderita jenis penyakit kulit ini.

Seperti Apa Gejala Psoriasis?

Ciri-ciri psoriasis berbeda setiap penderita. Ada yang mengalami kondisi kulit seperti berketombe ringan, ada pula yang sampai mengakibatkan rontokan kulit berupa ketombe yang parah.

Jika Anda menduga tengah menderita psoriasis, gejala awam yang ditemui pada jenis penyakit kulit ini meliputi kulit kemerahan yang dilapisi sisik tebal berwarna perak, kerak kulit berukuran kecil, serta kulit kering dan pecah-pecah yang mungkin juga berdarah.

Penderita juga terkadang bisa merasakan gatal-gatal, sensasi panas seperti terbakar, atau nyeri pada kulit yang mengalami kemerahan. Penebalan kuku hingga otot yang kaku dan bengkak pun bisa terjadi.

Apa Saja Tipe Psoriasis?

Psoriasis bisa menyerang bagian tubuh mana pun. Wujudnya pun bermacam-macam, mulai dari yang paling ringan hingga berat. Jenis penyakit kulit ini bisa berlangsung dalam seminggu hingga berbulan-bulan sebelum gejalanya mereda, dan bahkan sembuh dengan sendirinya.

Untuk lebih jelasnya, mari ketahui tipe-tipe psoriasis yang mungkin terjadi pada diri Anda. Berikut penjelasannya:

  1. Psoriasis plak yang merupakan tipe psoriasis yang paling banyak terjadi dan bisa muncul di area tubuh mana pun, termasuk organ intim hingga jaringan mukosa dalam mulut.
  2. Psoriasis kuku. Sesuai namanya, psoriasis ini menyerang kuku dan menyebabkan penebalan kuku, tekstur kuku bergelombang, serta pertumbuhan dan perubahan warna yang tidak normal. Jika sudah parah, kuku bisa rontok dan terlepas dari bantalannya.
  3. Psoriasis guttate yang paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja karena adanya infeksi bakteri streptokokus. Jenis penyakit kulit ini biasanya terjadi di leher, lengan, kaki, dan kulit kepala.
  4. Psoriasis inversi. Tipe psoriasis ini biasanya menyerang daerah lipatan kulit yang lembap, misalnya ketiak, bagian bawah payudara, selangkangan, dan sekitar organ intim. Kulit menjadi meradang akbat gesekan dan berkeringat.
  5. Psoriasis pustular. Meski jarang ditemui, penderita psoriasis ini dapat mengalami gejala yang cukup parah. Kulit penderita akan kemerahan dan nyeri, lalu muncul bintil berisi nanah hanya dalam tempo beberapa jam. Jenis penyakit ini terjadi di kaki, tangan, dan ujung jari.
  6. Psoriasis eritrodermik yang paling jarang ditemui, namun dapat menyebar ke seluruh tubuh. Gejalanya berupa ruam merah yang terkelupas yang mungkin terasa gatal atau panas seperti terbakar.
  7. Artritis psoriasis. Selain ruam kemerahan pada kulit, psoriasis ini bisa memicu gejala-gejala peradangan sendi atau Mulai dari nyeri hingga pembengkakan pada sendi.

Sejauh ini, belum ada pengobatan yang khusus guna mengatasi jenis penyakit kulit psoriasis. Konsultasi dan penanganan dari dokter umumnya bertujuan untuk meredakan gatal dan kemerahan pada kulit. Obat yang diberikan bisa berupa salep yang mengandung kortikosteroid.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/psoriasis/symptoms-causes/syc-20355840
Diakses pada 21 Mei 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/psoriasis/
Diakses pada 21 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed