logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Psoriasis Kulit Kepala, Apa Gejalanya dan Bagaimana Mengobatinya?

open-summary

Selain pada tubuh, psoriasis bisa muncul di kulit kepala. Jika gejala psoriasis muncul di kulit kepala, hal ini dapat memengaruhi rambut Anda. Namun tak perlu khawatir, ada berbagai pilihan pengobatan yang bisa dipilih guna meredakan gejalanya.


close-summary

24 Apr 2020

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Psoriasis kulit kepala bisa disebabkan oleh faktor genetik

Psoriasis kulit kepala bisa mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala

Table of Content

  • Apa itu psoriasis kulit kepala?
  • Gejala psoriasis di kulit kepala
  • Cara membedakan psoriasis dan ketombe
  • Penyebab psoriasis kulit kepala
  • Cara mengobati psoriasis di kepala
  • Bahan alami untuk meredakan gejala psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kronis yang dapat muncul pada area tubuh mana pun, termasuk kulit kepala. Jika mengalami psoriasis di kulit kepala, kesehatan rambut dan kulit kepala dapat terganggu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui pilihan pengobatan yang tepat.

Advertisement

Apa itu psoriasis kulit kepala?

Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang terjadi akibat sel kulit baru tumbuh lebih cepat dari biasanya.

Jenis penyakit kulit kepala ini ditandai dengan munculnya bercak merah dengan sisik keperakan yang kering, mengelupas, dan gatal.

Tidak hanya menyerang sebagian kecil atau seluruh kulit kepala, kondisi ini juga dapat menyebar pada area belakang telinga, dahi, garis rambut, hingga leher.

Menurut American Academy of Dermatology, sebanyak 59 persen orang yang mengalami penyakit psoriasis di bagian tubuh mana pun rentan mengalami gejala yang sama pada kulit kepala.

Itu berarti, bila Anda terkena psoriasis di siku, lutut, atau bagian tubuh lainnya maka gejala yang sama juga berisiko muncul pada kulit kepala.

Gejala psoriasis di kulit kepala

Jika psoriasis yang dialami masih dalam skala ringan maka gejala yang umum muncul berupa bercak kulit berwarna merah dengan sisik keperakan.

Akan tetapi, bila kondisinya sudah cukup parah, gejala psoriasis di kulit kepala dan area kulit di sekitarnya yang mungkin muncul antara lain:

  • Kulit kering, mengelupas, disertai bintil-bintil merah
  • Rasa gatal parah
  • Sensasi terbakar pada kulit

Gejala psoriasis juga ditandai dengan kerontokan rambut yang terjadi sementara waktu hanya pada area kulit yang terinfeksi.

Psoriasis kulit kepala
Gejala psoriasis kulit kepala bisa muncul pada area garis rambut dan dahi

Sebenarnya, psoriasis kulit kepala tidak menyebabkan rambut rontok. Namun, rasa gatal yang muncul bisa membuat penderitanya menggaruk bagian kulit yang terinfeksi sehingga memperparah peradangan yang terjadi pada kulit kepala.

Tanpa disadari, kebiasaan tersebut mengakibatkan kerusakan pada batang dan folikel rambut sehingga kerontokan rambut dapat terjadi.

Meski begitu, tak perlu khawatir karena rambut akan tumbuh lagi seperti semula bila psoriasis sudah diobati atau kulit kepala sudah bersih dari psoriasis.

Cara membedakan psoriasis dan ketombe

Banyak orang yang sering kali menyamakan gejala psoriasis di kulit kepala dengan ketombe. Sebab, kedua kondisi penyakit kulit kepala ini sama-sama menimbulkan rasa gatal.

Padahal, jika diperhatikan secara saksama, gejala ketombe dan psoriasis di kulit kepala berbeda. Umumnya, ketombe ditandai dengan serpihan putih yang berasal dari kulit kepala kering dan mengelupas.

Ketombe juga tidak menimbulkan plak tebal kemerahan layaknya ciri psoriasis paling khas. Selain itu, ketombe biasanya berbentuk serpihan putih. Sementara itu, psoriasis ditandai dengan bercak kulit yang menebal berwarna kemerahan pada kulit kepala.

Gejala psoriasis di kulit kepala juga kerap disamakan dengan kondisi dermatitis seboroik. Namun perbedaannya, dermatitis seboroik ditandai dengan munculnya sisik-sisik putih kekuningan berminyak yang mengelupas.

Sedangkan, psoriasis dapat dilihat dari bagian kulit kepala dan garis rambut yang meradang berwarna putih keperakan dan kering.

Penyebab psoriasis kulit kepala

Pada dasarnya, penyebab psoriasis kulit kepala belum dapat dipastikan, bahkan masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli.

Mereka mencurigai gangguan sistem imun tubuh menjadi penyebab psoriasis kulit kepala terjadi. Ketika respons sistem imun tubuh berjalan tidak normal, mendorong pertumbuhan sel kulit secara lebih cepat.

Normalnya, proses pergantian sel-sel tubuh, termasuk sel kulit kepala biasanya memakan waktu sekitar 28 hari. Namun, pada orang dengan psoriasis, proses ini hanya terjadi dalam waktu beberapa hari.

Akibatnya, sel-sel kulit baru yang menumpuk di permukaan kulit menjadi kering, menebal, memerah, dan bersisik keperakan.

Penyebab psoriasis kulit kepala
Psoriasis kulit kepala bisa terjadi akibat gangguan sistem imun tubuh

Selain gangguan sistem imun tubuh, faktor genetik juga disebut menjadi biang keladi penyebab psoriasis kulit kepala.

Itu artinya, jika memiliki orang tu  yang mengalami psoriasis kulit kepala, Anda berisiko tinggi mengalami kondisi yang sama. Bahkan, risikonya akan lebih tinggi bila ayah dan ibu memiliki psoriasis di kepala.

Orang yang memiliki kebiasaan merokok, mengalami berat badan berlebih (obesitas), stres, cedera pada kulit kepala (luka bakar, luka, atau memar), dan infeksi (terutama radang tenggorokan), dapat meningkatkan risiko kambuhnya gejala psoriasis kulit kepala.

Cara mengobati psoriasis di kepala

Mengobati psoriasis kulit kepala dapat mencegah timbulnya gejala yang parah, peradangan kronis, dan rambut rontok.

Meski demikian, cara mengobati psoriasis di kepala tentu harus dilakukan dengan tepat dan sesuai tingkat keparahan penyakit.

Pengobatan yang dilakukan mungkin tidak dapat sepenuhnya menyembuhkan psoriasis. Namun, langkah ini dapat membantu meredakan gejala dan mencegahnya kambuh di kemudian hari.

Berikut adalah berbagai cara menghilangkan psoriasis di kulit kepala yang umum dilakukan.

1. Obat oles

Salah satu cara menghilangkan psoriasis di kulit kepala adalah menggunakan obat oles atau salep. Adapun beberapa salep psoriasis yang biasanya diresepkan dokter adalah sebagai berikut.

  • Calcipotriene mengandung vitamin D yang sediaannya hadir dalam bentuk krim atau salep. Obat ini berfungsi untuk mengobati psoriasis, memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit, serta menghilangkan sisik pada kulit kepala.
  • Salep kortikosteroid, untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal pada kulit.
  • Betamethasone-calcipotriene, Kombinasi kortikosteroid (betamethasone) dan vitamin D (calcipotriene) bekerja untuk meredakan kemerahan, pembengkakan, gatal, dan gejala psoriasis di kepala lainnya. Obat ini juga mampu mengubah pertumbuhan sel kulit di area psoriasis kulit kepala.
  • Tazarotene, bekerja dengan meningkatkan regenerasi sel kulit sehingga mampu mengendalikan jumlah plak kemerahan.

2. Sampo khusus psoriasis

Penggunaan sampo khusus juga dapat membantu mengobati psoriasis kepala. Pilihlah sampo yang mengandung salah satu atau kombinasi dari berbagai bahan berikut.

  • Asam salisilat. Kandungan ini dapat membantu meregenerasi kulit dan melembutkan sisik pada kulit kepala.
  • Tar batubara. Tar dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit serta mengurangi rasa gatal dan peradangan.
  • Clobetasol propionate. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal berjudul Psoriasis: Targets and Therapy membuktikan, sampo yang mengandung 5 persen Clobetasol propionate aman dan efektif mengatasi gejala psoriasis kulit kepala,

Saat menggunakannya, pijatlah sampo pada kulit kepala, kemudian diamkan terlebih dahulu selama 5-10 menit agar kandungannya dapat menyerap ke dalam kulit kepala. Bila perlu, ulangi pemakaian sampo kemudian bilaslah dengan air.

3. Pengobatan sistemik

Jika gejala psoriasis kepala cukup parah atau tak kunjung membaik, dokter mungkin akan memberikan obat-obatan sistemik dalam bentuk oral (diminum). Pengobatan ini bekerja dengan mengedarkannya ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Beberapa jenis obat oral yang diresepkan dokter dalam pengobatan sistemik, yakni:

  • Kortikosteroid oral. Obat ini berfungsi untuk meredakan peradangan akibat penyakit psoriasis.
  • Methotrexate. Obat oral yang bekerja dengan menghentikan pertumbuhan sel kulit kepala secara berlebihan. Anda harus meminumnya sesuai dengan anjuran dokter.
  • Retinoid oral, untuk mengurangi peradangan dan pertumbuhan sel kulit kepala. Umumnya, dibutuhkan waktu sekitar 2-12 minggu lamanya agar obat ini bekerja maksimal mengobati psoriasis kulit kepala.
  • Cyclosporine, bekerja dengan menenangkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kekebalan. Obat ini biasanya dikonsumsi sekali sehari pada waktu yang sama setiap hari.

4. Pengobatan biologis

Pengobatan biologis dilakukan dengan menyuntikkan obat yang terbuat dari bahan alami untuk mengurangi respon imun tubuh yang bekerja berlebihan sehingga meningkatkan produksi sel-sel kulit.

Obat ini juga bekerja dengan mengurangi peradangan dan kemerahan akibat psoriasis kulit kepala.

Meski dapat mengurangi sistem imun tubuh, efek samping pengobatan biologis dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi. Oleh karena itu, penggunaan obat biologis membutuhkan pengawasan dari dokter.

5. Terapi sinar ultraviolet (UV)

Terapi sinar UV dapat menjadi pilihan cara mengobati psoriasis di kepala. Prosedur ini melibatkan penggunaan lampu khusus yang memancarkan sinar UVB.

Terapi sinar UV perlu dilakukan secara rutin di bawah pengawasan dokter guna mencegah efek samping yang tidak diinginkan, seperti paparan sinar UV berlebihan dan luka bakar.

Bahan alami untuk meredakan gejala psoriasis

Selain menggunakan obat-obatan dokter, beberapa bahan alami yang ada di rumah juga dipercaya dapat meredakan gejala psoriasis di kulit kepala.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa beberapa bahan alami berikut mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.

Untuk itu, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum menggunakannya sebagai cara menghilangkan psoriasis di kulit kepala secara alami.

Menurut National Psoriasis Foundation, berikut adalah beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meredakan gejala psoriasis.

1. Cuka apel

Cara menghilangkan psoriasis di kulit kepala secara alami
Pilihlah cuka apel organik untuk mengobati psoriasis

Cuka apel dapat digunakan sebagai salah satu cara meredakan rasa gatal akibat psoriasis kulit kepala.

Jika ingin menggunakannya, pilih cuka apel organik. Kemudian, larutkan cuka apel dengan air menggunakan perbandingan 1:1 untuk mencegah efek samping berupa sensasi terbakar pada kulit.

Aduk merata, lalu bilas kulit kepala dengan larutan cuka apel. Diamkan sampai mengering, selanjutnya bilas dengan air hingga bersih.

Namun, hindari menggunakan cuka apel apabila kulit kepala berdarah, pecah-pecah, atau terdapat luka terbuka.

2. Aloe vera

Sejumlah hasil studi membuktikan, aloe vera dapat membantu mengurangi kemerahan dan kerak akibat gejala psoriasis.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang berasal dari tanamannya langsung, kemudian mengoleskan pada kulit kepala sebanyak 3 kali sehari.

Selain itu, penggunaan krim mengandung 0.5 persen aloe vera juga dipercaya dapat memberikan manfaat yang serupa.

3. Kunyit

Cara menghilangkan psoriasis kulit kepala dengan kunyit
Konsumsi makanan mengandung kunyit bisa meredakan gejala psoriasis

Cara menghilangkan psoriasis di kulit kepala secara alami dipercaya bisa menggunakan kunyit. Hal ini karena kunyit dikenal sebagai rempah-rempah yang mengandung banyak senyawa antioksidan dan antiradang. Anda bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen atau makanan untuk memperoleh manfaatnya.

4. Minyak kelapa atau minyak alpukat

Minyak kelapa dan minyak alpukat diperkaya dengan lemak sehat yang baik untuk kesehatan kulit, tak terkecuali kulit kepala. Nah, Anda bisa menggunakan beberapa tetes salah satu minyak ini dan mengusapkannya pada kulit kepala.

Pijat secara perlahan, kemudian bungkus kepala dengan shower cap. Diamkan selama 20 menit, lepas shower cap, dan cuci rambut seperti biasa.

Langkah ini dipercaya dapat mengurangi bahkan menghilangkan kerak akibat psoriasis kulit kepala.

Baca Juga

  • Berbagai Kandungan Salep Gatal Paling Ampuh yang Diresepkan Dokter
  • Obat Kutu Air yang Ampuh, Dari Bahan Alami hingga Sesuai Anjuran Dokter
  • Pengobatan Kurap, Termasuk Salep Kurap dan Obat Antijamur

Pengobatan psoriasis kulit kepala mungkin akan sedikit lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Oleh sebab itu, bila memiliki pertanyaan seputar cara mengobati psoriasis di kepala yang tepat, segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

Anda juga dapat bertanya dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan kulit kepalapsoriasispenyakit kulit

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved