Psoriasis Kulit Kepala, Ini Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Psoriasis kulit kepala dapat disebabkan oleh sejarah keluarga hingga kebiasan merokok.
Psoriasis kulit kepala bisa menyebabkan kerontokan rambut, jika digaruk.

Psoriasis kulit kepala dapat menimbulkan bercak merah yang bisa mengelupas, terasa gatal, bertekstur retak, hingga berdarah. Saat psoriasis kulit kepala terjadi, tidak hanya kulit kepala saja yang terdampak. Sebab, psoriasis juga bisa muncul di belakang telinga, kening, hingga leher.

Walaupun para ahli menganggapnya sebagai kondisi yang umum terjadi, psoriasis kulit kepala bisa menyebabkan gejala lebih serius jika tidak ditangani segera.

Gejala psoriasis kulit kepala

Jika psoriasis kulit kepala yang Anda alami masih dalam taraf ringan, maka gejala yang akan muncul akan berupa bercak kecil yang timbul di kulit kepala.

Namun, jika psoriasis kulit kepala yang Anda idap sudah parah, maka gejala yang akan muncul dapat berupa:

  • Kulit kering
  • Kulit bersisik
  • Benjolan merah
  • Sensasi terbakar di area kulit yang terdampak
  • Rambut rontok (temporer)

Sebenarnya, psoriasis kulit kepala tidak menyebabkan kerontokan rambut. Namun, rasa gatal yang muncul bisa membuat penderitanya menggaruk bagian kulit yang terdampak, sehingga rambut pun rontok.

Psoriasis kulit kepala dan penyebabnya

Psoriasis kulit kepala
Psoriasis kulit kepala

Para peneliti di dunia medis belum menemukan penyebab psoriasis kulit kepala ataupun psoriasis di bagian tubuh lainnya. Mereka hanya berasumsi bahwa psoriasis kulit kepala maupun psoriasis di area tubuh lainnya dapat terjadi saat sistem imun tubuh tak bekerja sebagaimana mestinya.

Penderita psoriasis kulit kepala berpotensi mengalami peningkatan sel darah putih (sel T dan neutrofil). Saat diproduksi berlebihan, sel T dan neutrofil malah akan menyerang sel sehat dan berdampak pada meningkatnya produksi sel kulit baru.

Hal ini bisa menyebabkan peradangan, kulit kemerahan, hingga bercak pada bagian tubuh yang terdampak psoriasis.

Berikut ini adalah beberapa penyebab psoriasis kulit kepala lainnya:

  • Faktor Keturunan

Memiliki orangtua yang pernah mengalami psoriasis kulit kepala, akan meningkatkan risiko terhadap kondisi serupa. Bahkan, risikonya akan lebih tinggi jika baik ayah maupun ibu memiliki riwayat psoriasis.

  • Obesitas

Obesitas juga bisa menjadi penyebab psoriasis kulit kepala. Sebab, mereka yang memiliki berat badan berlebih, cenderung mengalami lipatan kulit yang bisa menjadi “rumah” bagi psoriasis untuk berkembang.

  • Merokok

Merokok dianggap sebagai salah satu penyebab psoriasis kulit kepala. Selain bisa menyebabkan kanker dan penyakit jantung, merokok juga bisa meningkatkan risiko psoriasis kulit kepala. Bahkan, kebiasaan buruk mengisap tembakau yang dibakar ini juga mampu memperparah gejala psoriasis kulit kepala.

  • Stres

Gangguan kesehatan mental ini juga dipercaya sebagai salah satu penyebab psoriasis kulit kepala. Sebab, stres bisa berdampak buruk pada sistem imun tubuh.

  • Infeksi virus dan bakteri

Seseorang yang memiliki sistem imun lemah, cenderung lebih mudah terserang infeksi virus ataupun bakteri. Itulah sebabnya, infeksi virus dan bakteri dianggap dapat meningkatkan risiko terjadinya psoriasis kulit kepala.

Hati-hati, gejala psoriasis kulit kepala dapat diperparah dengan berbagai macam hal, seperti kekurangan vitamin D, kecanduan minuman keras, infeksi, cedera kulit, merokok, penggunaan obat (lithium, obat antimalaria, iodida), hingga stres.

Jangan ragu untuk datang ke dokter dan meminta pengobatan psoriasis kulit kepala, agar gejalanya bisa ditangani segera.

Pengobatan psoriasis kulit kepala

Psoriasis kulit kepala
Psoriasis kulit kepala

Banyak obat-obatan yang sudah “lulus uji” dan direkomendasikan dalam perawatan psoriasis kulit kepala, seperti anthralin, calcipotriene, betamethasone, tazarotene, methotrexate, retinoid, cyclosporine, hingga terapi sinar ultraviolet.

Namun, obat-obatan dan terapi di atas harus diberikan dengan resep dan pengawasan dokter. Sebab, Anda tidak tahu dosis tepat dari obat-obatan di atas, untuk mengobati psoriasis kulit kepala.

Selain obat-obatan resep dari dokter, ada juga bahan alami yang biasanya digunakan untuk mengobati psoriasis kulit kepala, yaitu:

Ada banyak sampo khusus psoriasis yang dijual di apotek. Namun, carilah sampo psoriasis yang mengandung asam salisilat dan tumbuhan witch hazel, agar hasilnya maksimal.

Catatan dari SehatQ:

Hati-hati, jangan sampai Anda mengelupas bercak psoriasis kulit kepala. Sebab, hal ini bisa menyebabkan kerontokan rambut, infeksi hingga perdarahan. Mintalah bantuan dokter jika gejala psoriasis kulit kepala sudah sangat mengganggu kesehatan dan penampilan Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/scalp-psoriasis
Diakses pada 23 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314731#symptoms
Diakses pada 23 April 2020

Artikel Terkait