Psikolog Online, Pertolongan Pertama untuk Kesehatan Jiwa

(0)
17 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Psikolog online bisa jadi alternatif di kala pandemiKonsultasi psikolog online menjadi alternatif baru untuk konsultasi psikologi
Pandemi COVID 19 dapat membuat seseorang lebih rentan merasa kesepian bahkan depresi. Salah satu jalan keluar untuk meredakan perasaan mengganjal ini adalah dengan konsultasi psikolog online.Psikolog online adalah konsultasi masalah kejiwaan tanpa harus melakukan tatap muka langsung dengan psikolog yang menangani Anda. Asosiasi Psikolog Amerika (APA) menyebutnya sebagai telepsikologi karena konsultasi bisa dilakukan melalui live chat, berbalas pesan, sambungan telepon, hingga aplikasi di telepon pintar.Prinsip psikolog online mirip dengan penggunaan telemedicine, misalnya konsultasi dokter pada aplikasi dan live chat SehatQ. Psikolog yang berbicara pada Anda pun merupakan tenaga medis yang kompeten, bahkan bisa jadi merupakan psikolog yang sering Anda temui di tempat prakteknya.

Kapan Anda membutuhkan konsultasi psikolog online?

Kapanpun Anda merasa ingin mencurahkan isi hati sekaligus ingin mendengarkan solusi atas masalah yang mengganggu alam bawah sadar Anda, cobalah berkonsultasi dengan psikolog online. Bahkan hal-hal yang terlihat sepele seperti putus cinta maupun tidak bisa nongkrong bersama teman di masa pandemi dapat dijadikan sebagai alasan untuk menemui psikolog.Meski tidak bertemu langsung, psikolog online bisa menjadi pertolongan pertama ketika Anda mengalami beberapa kondisi, seperti gangguan bipolar, kecemasan berlebih, hingga gejala depresi. Konsultasi dengan psikolog online ini juga bisa membantu Anda melakukan terapi di rumah, seperti:
  • Terapi kognitif
  • Konseling pernikahan dan masalah keluarga
  • Terapi seksual
  • Terapi perilaku dialektikal
  • Terapi psikoanalisis.
Anda juga bisa berkonsultasi dengan psikolog yang memang tengah menangani masalah mental Anda selama ini lewat telepsikologi ini agar pengobatan lebih berkelanjutan.

Seperti apa bentuk konseling dengan psikolog online?

Berkonsultasi masalah kejiwaan Anda dengan psikolog online pada dasarnya sama saja dengan tatap muka langsung dengan psikolog offline. Pertama-tama, psikolog akan memastikan data diri Anda tidak akan bocor, begitu pula keluhan yang Anda utarakan.Di awal pertemuan, psikolog akan berusaha melakukan bonding terlebih dahulu dengan Anda agar Anda juga lebih nyaman menumpahkan permasalah mental yang mengganggu. Setelah masalah teridentifikasi, psikolog online akan menggunakan psikologi suara dan psikologi positif, seperti terapi perilaku kognitif atau perilaku dialektikal maupun bentuk terapi lain yang cocok untuk kondisi Anda.Merupakan hal yang lumrah bila Anda merasa tidak nyaman menumpahkan unek-unek pada psikolog online, terlebih bila Anda tidak terlalu paham teknologi. Demikian juga jika Anda tidak langsung nyetel dengan psikolog online tersebut sekalipun kualifikasinya sudah sesuai dengan ekspektasi Anda.Tanda-tanda itu mungkin akan membuat Anda berpikir untuk langsung berganti psikolog, namun coba dahulu untuk lebih membuka diri. Selain itu, jangan malu untuk mengatakan langsung pada psikolog Anda bahwa ada rasa tidak nyaman yang mengganjal atas pertemuan daring tersebut.Psikolog tidak akan memburu-buru Anda untuk membuka diri. Namun, Anda tetap dapat berganti psikolog bila memang perasaan tidak nyaman itu tetap muncul setelah beberapa sesi konseling.

Pro dan kontra konsultasi psikolog online

Di tengah kondisi pandemi dan perkembangan teknologi, psikolog online memiliki banyak manfaat, seperti:
  • Membuat pasien merasa lebih nyaman karena tidak harus bertatap muka langsung dengan psikolog yang menangani saat mengutarakan permasalahan mentalnya.
  • Pasien bisa memilih psikolog manapun, sekalipun yang berada di luar pulau tempat tinggalnya.
  • Psikolog online memungkinkan pasien disabilitas menerima konsultasi yang sama dengan tatap muka langsung.
  • Relatif lebih murah dibanding konsultasi langsung.
Meskipun demikian, seperti dua sisi mata uang, konsultasi psikolog online juga dianggap memiliki sisi negatif, di antaranya:
  • Pasien yang gagap teknologi akan kesulitan melakukan konsultasi online.
  • Pasien yang ada tendensi untuk melukai diri sendiri tidak bisa melakukan telepsikologi ini.
  • Bicara dengan dokter lewat telepon atau video call mungkin memberi diagnosis yang kurang akurat dibanding bertemu langsung.
Terdapat pula kekhawatiran bahwa psikolog yang menangani Anda tidak kompeten untuk memberi konseling masalah yang Anda hadapi. Untuk meminimalisir kemungkinan ini, gunakan layanan live chat atau aplikasi yang terbukti kredibilitasnya.Salah satu layanan psikolog online yang disediakan oleh pemerintah bernama Sehat Jiwa (Sejiwa) yang bisa diakses melalui telepon ke 119 ekstensi 8. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?
gangguan psikologispsikoterapi
APA. https://www.apa.org/topics/online-therapy
Diakses pada 3 Agustus 2020
Better Help. https://www.betterhelp.com/advice/psychologists/are-online-psychologists-for-real/
Diakses pada 3 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-online-therapy
Diakses pada 3 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/7-essential-tips-for-making-the-most-of-online-therapy-during-covid-19
Diakses pada 3 Agustus 2020
CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200429192710-185-498634/aplikasi-konsultasi-kesehatan-jiwa-anti-cemas-online
Diakses pada 3 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait