Prosedur Pasang Gigi Palsu dan Cara Merawatnya dengan Baik

Prosedur pasang gigi palsu berbeda tergantung jenisnya
Ilustrasi pemasangan gigi palsu

Gigi orang dewasa yang tanggal karena cedera atau kecelakaan tidak dapat tumbuh lagi. Tidak sedikit orang yang mengambil opsi pasang gigi palsu untuk mengatasi masalah ini dengan instan. Gigi palsu adalah benda seperti gigi yang berperan sebagai pengganti gigi dan jaringan di sekitarnya. Benda ini umumnya dapat dilepas dan dipasang dengan mudah. Setidaknya terdapat dua jenis gigi palsu, yaitu gigi palsu sebagian dan lengkap.

Seperti namanya, gigi palsu sebagian digunakan untuk menggantikan beberapa gigi hilang, misalnya hanya satu atau dua. Sedangkan gigi palsu lengkap menggantikan semua gigi yang hilang.

Jenis dan prosedur pasang gigi palsu

Sebelum Anda memutuskan untuk pasang gigi palsu, ada baiknya Anda menyimak mengenai kedua jenis gigi palsu ini beserta prosedurnya.

1. Gigi palsu sebagian

Sebelum pemasangan gigi palsu dilakukan, dokter akan mengukur mulut Anda dan bagian yang memerlukan gigi palsu, agar dapat membuatnya dengan ukuran yang sesuai. Jika sudah jadi, umumnya gigi palsu akan dipasang denggan menggunakan penjepit logam yang mampu menahan posisi gigi pada mulut Anda.

Selain dengan menggunakan logam, penjepit juga bisa dibuat dengan bahan yang warnanya serupa dengan gusi atau gigi Anda supaya tampak lebih alami. Meski begitu, tipe penjepit seperti ini umumnya lebih rapuh dibandingkan dengan penjepit berbahan logam.

Gigi palsu sebagian berfungsi untuk mengganti beberapa gigi yang lepas, serta menjaga posisi gigi lainnya agar tidak berubah atau bergeser. Gigi palsu sebagian digunakan ketika satu atau lebih gigi asli tetap berada di rahang bawah dan atas.

2. Gigi palsu lengkap

Ada dua jenis prosedur pemasangan gigi palsu lengkap, yaitu segera dan konvensional. Pemasangan gigi palsu segera akan dipasang langsung setelah gigi dicabut. Dengan begini, Anda tidak perlu merasa kehilangan gigi.

Meski begitu, gusi yang telah sembuh umumnya akan menyusut dan membuat gusi serta tulang rahang berubah bentuk. Dengan begini, setelah beberapa bulan Anda akan membutuhkan gigi palsu baru dengan ukuran yang lebih sesuai

Sedangkan pemasangan gigi palsu konvensional akan dibuat setelah gigi dilepas dan gusi sembuh sehingga mendapatkan ukuran yang lebih sesuai. Gigi palsu ini biasanya siap dipasangkan pada mulut Anda sekitar 3 bulan setelah gigi Anda dilepaskan.

Cara merawat gigi palsu

Pemasang gigi palsu tak hanya membantu tampilan gigi Anda tetap lengkap, tapi juga dapat mencegah masalah berbicara dan makan. Supaya kesehatan mulut terjaga dan gigi palsu tetap bersih, berikut adalah beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk merawat gigi palsu.

1. Bersihkan gigi palsu setelah makan

Demi menjaga kebersihan gigi palsu dan kesehatan mulut Anda, lepas dan bersihkanlah gigi palsu setelah makan. Anda bisa mencucinya dengan menggunakan air mengalir sehingga dapat menghilangkan sisa-sisa makanan.

Untuk menghindari gigi palsu pecah karena tidak sengaja terjatuh saat membersihkannya, cobalah untuk meletakkan wadah berisi air atau handuk di bawahnya.

2. Sikat gigi palsu

Jika membersihkan gigi palsu dengan menggunakan air mengalir perlu dilakukan setiap setelah makan, menyikat gigi palsu perlu dilakukan setidaknya sehari sekali. Tujuannya adalah untuk menghilangkan plak gigi dan sisa makanan.

Caranya, rendam dan sikat gigi palsu dengan menggunakan pembersih nonabrasif dan sikat berbulu lembut.

2. Bersihkan mulut setelah melepaskan gigi palsu

Setelah membersihkan gigi palsu, jangan lupa untuk juga membersihkan mulut. Anda bisa menggunakan sikat gigi berbulu lembut pada gigi asli Anda dan membersihkan lidah dengan menggunakan alat khusus pembersih lidah atau kain kasa.

3. Rendam gigi palsu

Sebagian besar gigi palsu perlu tetap lembap agar terjaga bentuknya. Oleh karena itu, Anda perlu merendamnya di dalam air atau cairan perendam gigi palsu. Meski begitu, cobalah untuk mengonsultasikan cara penyimpanan yang sesuai dengan dokter gigi Anda.

Setelah itu, jangan lupa untuk membasuh gigi palsu dengan air mengalir ketika ingin memasangnya lagi pada keesokan harinya. Tujuannya agar cairan yang digunakan untuk merendam gigi tidak tertelan. Pasalnya, cairan ini dapat menimbulkan rasa nyeri atau muntah jika tertelan. 

Selain melakukan beberapa hal di atas, periksakan kondisi mulut dan gigi palsu Anda secara rutin guna menjaga kesehatannya.

Saat pertama menggunakan gigi palsu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut dan mengunyahnya secara perlahan. Hindari mengonsumsi makanan yang lengket, keras, tajam, atau permen karet.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk pasang gigi palsu dan langkah untuk merawatnya. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan gigi palsu agar kesehatan mulut tetap terjaga.

Webmd
https://www.webmd.com/oral-health/dental-health-dentures#1
Diakses 30 Mei

NHS
https://www.nhs.uk/conditions/dentures/
Diakses 30 Mei

Mayoclinic
https://www.mayoclinic.org/denture-care/expert-answers/faq-20058375
Diakses 30 Mei

Artikel Terkait