Prosedur Membuat Surat Keterangan Sehat Bebas Covid-19

Ilustrasi surat keterangan sehat bebas Covid-19
Surat keterangan sehat bebas Covid-19 dapat dibuat di rumah sakit swasta

Kondisi pandemi Covid-19 belakangan ini membuat perjalanan antardaerah menjadi lebih sulit dan membutuhkan dokumen tambahan, seperti Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan surat keterangan sehat bebas Covid-19.

Dokumen tersebut tidak boleh digunakan secara sembarangan. Jika Anda termasuk yang membutuhkannya, penting bagi Anda untuk tahu bagaimana prosedur pembuatannya.

Surat keterangan sehat bebas Covid-19 dan SIKM

Tidak sama dengan surat pernyataan sehat pada umumnya, surat keterangan sehat bebas Covid-19 juga harus menyertakan bukti hasil rapid test atau PCR yang menyatakan bahwa Anda negatif.

Surat keterangan sehat bebas Covid-19 ini bisa Anda dapatkan di rumah sakit swasta atau pelayanan kesehatan swasta lainnya dengan melakukan rapid test atau PCR terlebih dahulu. Akan tetapi, rumah sakit negeri tidak bisa membantu mengeluarkan SIKM, meski mereka menerima pendaftaran rapid test atau PCR.

Selain surat keterangan sehat bebas Covid-19, Anda juga perlu membawa surat tugas dan SIKM untuk dapat keluar daerah. Khusus Anda yang ingin keluar-masuk wilayah DKI Jakarta, Anda bisa mendapatkan SIKM melalui situs Pemprov DKI.

Jangan lupa untuk mempersiapkan berkas persyaratan yang tertera demi kelancaran proses pengurusannya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk mendapatkan SIKM. Selain itu, pastikan juga Anda memeriksa pengajuan perizinan ini secara berkala.

Pasalnya, hasil pemeriksaan rapid test negatif hanya berlaku selama 3 hari dan PCR negatif hanya berlaku hingga 7 hari.

Surat keterangan bebas Covid-19 untuk pendatang dari luar negeri

Selain mengatur mobilitas warga secara domestik, pemerintah Indonesia juga mengharuskan pendatang dari luar negeri membawa sertifikat sehat yang menyatakan bahwa Anda bebas dari virus Covid-19.

Surat atau sertifikat sehat ini wajib dibawa oleh warga negara asing yang ingin berkunjung ke Indonesia maupun warga Indonesia (WNI) yang ingin kembali, terutama mereka yang berasal dari Iran, Italia, Korea Selatan, dan tentunya Tiongkok.

Surat ini kemudian perlu Anda bawa dan perlihatkan kepada pihak maskapai saat Anda melakukan check-in. Tak cukup sampai di situ, begitu Anda tiba di Indonesia, Anda akan diharuskan untuk mengisi secara lengkap Health Alert Card dari pihak Kementerian Kesehatan.

Bagi warga negara Indonesia yang tidak membawa sertifikat kesehatan saat tiba di bandara Indonesia, akan dilakuan pemeriksaan tambahan guna memastikan Anda terbebas dari virus Covid-19.

Waspada surat keterangan sehat bebas Covid-19 palsu

Proses mendapatkan surat keterangan sehat bebas Covid-19 rentan dimanipulasi oleh segelintir orang yang tidak ingin ribet atau enggan mengeluarkan tenaga dan uang untuk membuatnya.

Belum lama ini bahkan muncul beberapa kasus oknum yang memanfaatkan kondisi ini dengan melakukan jual-beli surat lab mengenai keterangan negatif Covid-19.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat ancaman pidana bagi mereka yang ketahuan menggunakan surat kesehatan palsu atau dokter yang mengeluarkan surat palsu.

Berdasarkan UU KUHP pasal 267, dokter yang memberikan surat keterangan sehat palsu dapat dipidana paling lama hingga empat tahun. Sedangkan UU KUHP pasal 268 menyatakan bahwa dokter yang membuat surat keterangan sehat palsu dengan maksud menyesatkan penanggung dapat dipidana hingga empat tahun.

Selain pembuatnya, pemakainya pun juga bisa diancam hukuman pidana. Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan surat keterangan sehat bebas Covid-19 ini dengan benar, tanpa menggunakan jasa orang lain atau joki yang bertujuan untuk mendapatkan surat palsu agar Anda terhindar dari pidana.

Surat keterangan sehat bebas Covid-19 ini tidak hanya dibutuhkan untuk kelancaran Anda bepergian ke luar daerah, tapi juga untuk memastikan bahwa Anda sehat dan tidak berpotensi menyebarkan virus kepada orang lain.

Apabila Anda tidak ada kepentingan yang mendesak untuk bepergian ke luar daerah, sebaiknya tahan keinginan Anda untuk bepergian sementara ini demi menjaga kesehatan dan mencegah penularan virus corona pada Anda beserta keluarga di rumah.

Kemeskes
https://www.kemkes.go.id/article/view/20031200002/pemerintah-indonesia-mensyaratkan-surat-keterangan-sehat-bebas-covid-19-bagi-pendatang-dari-4-negara.html
Diakses 7 Juni

Kemenkes
http://p2p.kemkes.go.id/surat-tugas-dan-surat-sehat-merupakan-salah-satu-protokol-kesehatan-covid-19-yang-diterapkan/
Diakses 7 Juni

Kompas
https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/15/030200915/waspada-beredar-surat-bebas-covid-19-dan-stiker-akap-palsu
https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/30/150000265/bagaimana-cara-mendapatkan-surat-keterangan-bebas-covid-19-berikut?page=2
Diakses 7 Juni

Futuready
https://www.futuready.com/artikel/berita/waspada-surat-dokter-palsu/
Diakses 7 Juni

Artikel Terkait