Prosedur Layanan Psikiatri BPJS, Ini Tahapan yang Harus Dilewati Pasien


Banyak klinik psikiatri BPJS yang melayani konsultasi dan pengobatan masalah kesehatan mental secara gratis. Beberapa prosedur yang harus dilewati pasien untuk mendapat layanan tersebut mulai dari menyiapkan berkas, memeriksakan diri ke faskes tingkat 1, hingga menebus obat di farmasi rumah sakit.

0,0
25 Aug 2021|Bayu Galih Permana
Banyak klinik psikiatri BPJS yang melayani konsultasi dan pengobatan masalah kesehatan mental secara gratisUntuk mendapatkan layanan psikiatri BPJS, Anda harus meminta rujukan dari faskes tingkat satu
Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang patut mendapatkan perhatian. Kebanyakan orang selama ini masih abai terhadap kondisi mental mereka dan enggan untuk memeriksakan diri ke psikiater.Ada berbagai macam faktor yang menjadi pemicunya. Selain stigma terkait gangguan mental di masyarakat, beberapa orang menilai bahwa biaya memeriksakan diri atau berobat ke psikiater mahal bagi mereka.Padahal, saat ini sudah tersedia banyak klinik psikiatri BPJS. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir karena sebagian biaya pemeriksaan dan pengobatan masalah kesehatan mental yang dijalani akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Bagaimana cara konsultasi ke psikiater dengan BPJS?

Untuk melakukan klaim layanan psikiatri BPJS, ada beberapa prosedur yang harus Anda lewati. Prosedur yang harus dilalui pasien, antara lain:

1. Menyiapkan berkas

Sebelum melakukan klaim layanan psikiatri BPJS, sejumlah berkas perlu terlebih dahulu Anda persiapkan. Berkas-berkas tersebut, meliputi:
  • Kartu BPJS Kesehatan
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi kartu BPJS
  • Hasil diagnosis dokter (jika sudah pernah memeriksakan diri ke dokter sebelumnya)

2. Mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat 1 dalam kartu BPJS

Apabila semua berkas sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat 1 (klinik atau puskesmas) yang terdaftar dalam kartu BPJS Kesehatan Anda. Tanyakan apakah faskes tingkat 1 tersebut menyediakan layanan psikologi. Jika tidak, Anda akan diberi surat rujukan untuk berobat ke rumah sakit.

3. Melakukan pendaftaran ke rumah sakit rujukan

Setelah mendapatkan surat rujukan, Anda bisa melakukan pendaftaran di rumah sakit untuk berobat. Di tempat pendaftaran, lengkapi semua persyaratan administrasi yang dibutuhkan, kemudian ikuti prosedurnya sesuai ketentuan.

4. Berkonsultasi mengenai kondisi Anda ke psikiater

Usai menyelesaikan prosedur pendaftaran, Anda diminta mengantre terlebih dahulu sebelum kemudian dipanggil untuk berkonsultasi dengan psikiater. Anda mungkin akan dimintai untuk mengisi lembar psikotes, yang jawabannya haruslah diisi dengan sejujur-jujurnya. Tujuannya yaitu agar psikiater dapat mengetahui kondisi mental Anda secara akurat.

5. Menebus obat

Jika Anda sudah selesai berkonsultasi, psikiater mungkin akan meresepkan beberapa obat-obatan untuk dikonsumsi. Pemberian obat dimaksudkan untuk meredakan gejala yang Anda rasakan.Anda bisa menebus obat yang diresepkan psikiater pada bagian farmasi rumah sakit. Apabila Anda menebus obat di bagian farmasi rumah sakit, biayanya akan langsung ditanggung oleh BPJS. Namun, jika penebusan resep dilakukan di di apotek, obat tersebut harus dibeli dengan uang Anda sendiri.

Kondisi yang membutuhkan penanganan psikiater

Jika masalah kesehatan mental yang Anda derita tidak tertangani dengan baik oleh psikolog, berkonsultasi dengan psikiater bisa dijadikan pilihan. Psikiater bertugas menangani masalah kesehatan mental yang parah atau memerlukan pengobatan lebih lanjut.Segera konsultasikan diri ke psikiater jika Anda mengalami gejala gangguan mental seperti:Nantinya, psikiater mungkin akan merekomendasikan terapi untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental yang Anda derita. Beberapa obat mungkin juga diresepkan untuk mengurangi tingkat keparahan gejala.

Catatan dari SehatQ

Saat ini, sudah banyak klinik psikiatri BPJS yang melayani konsultasi dan pengobatan masalah kesehatan mental secara gratis. Beberapa prosedur yang harus dilewati pasien untuk mendapat layanan tersebut mulai dari menyiapkan berkas, memeriksakan diri ke faskes tingkat 1, hingga menebus obat di farmasi rumah sakit. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
bpjs kesehatan
Lifepal. https://lifepal.co.id/media/manfaatkan-bpjs-kesehatan-buat-kesehatan-jiwa-gini-caranya/
Diakses pada 25 Agustus 2021
SIPP Kemenpan RB. https://sipp.menpan.go.id/pelayanan-publik/jawa-tengah/kabupaten-sukoharjo/poliklinik-psikiatri
Diakses pada 25 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/what-is-the-difference-between-a-psychologist-and-a-psychiatrist
Diakses pada 25 Agustus 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/psychologists-vs-psychiatrists-what-is-the-difference-2795761
Diakses pada 25 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait