Intip Kandungan Semangka Ini untuk Segarkan Tubuh Anda

(0)
09 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan semangka cukup beragam, termasuk mineral dan senyawa khas tumbuhan seperti likopenSemangka mengandung beragam mineral plus senyawa tumbuhan seperti likopen
Di siang bolong yang terik, beberapa potong buah semangka dapat menjadi pelarian yang menyehatkan dan menyegarkan. Seperti buah-buah pada umumnya, buah dengan daging yang merah menyala ini mengandung beragam nutrisi yang mengesankan, terutama vitamin C. Simak kandungan semangka yang membantu segarkan tubuh Anda.

Profil kandungan semangka

Seperti yang mungkin Anda tahu, semangka merupakan buah yang tinggi dengan kandungan airnya. Bahkan, air dalam semangka bisa mencapai 91%. Kandungan semangka tertinggi kedua yakni karbohidrat dengan sedikit serat, di samping juga protein dan lemak dalam jumlah yang kecil.Berikut ini profil kandungan gizi semangka untuk setiap 100 gram:
  • Kalori: 30
  • Air: 91%
  • Protein: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 7,6 gram
  • Gula: 6,2 gram
  • Serat: 0,4 gram
  • Lemak: 0,2 gram

Karbohidrat dalam buah semangka

Seperti yang disampaikan di atas, kandungan semangka yang utama adalah air dan karbohidrat. Untuk setiap 100 gram, buah semangka bisa mengantongi karbohidrat total hingga 12 gram.Kandungan karbohidrat dalam semangka utamanya terdiri atas gula-gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Dalam karbohidrat semangka juga terkandung sedikit serat.Indeks glikemik dari semangka juga relatif tinggi, yakni memiliki rentang 72-80. Indeks glikemik merujuk pada seberapa cepat sebuah makanan memicu kenaikan gula darah setelah dimakan. Karena memiliki indeks glikemik yang tinggi, konsumsi semangka harus dilakukan dengan bijak dan tak bisa berlebihan.
Buah semangka
Buah semangka memiliki indeks glikemik relatif tinggi
Sayangnya, tak seperti banyak buah lain, semangka memiliki kandungan serat yang sedikit. Untuk setiap 100 gram buah semangka, serat yang didapatkan berkisar hanya 0,4 gram.

Kandungan vitamin dalam semangka

Sebagai buah-buahan, semangka mengandung beragam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa vitamin utama yang dikandung semangka, yaitu:

1. Vitamin C

Vitamin C boleh jadi merupakan kandungan semangka yang membuat banyak orang  menyukai buah menyegarkan ini. Untuk setiap 154 gram buah semangka, vitamin C yang akan Anda dapatkan yakni sekitar 12,5 miligram.Vitamin C memainkan peran penting untuk tubuh, mulai dari menjaga sistem imun hingga menjaga kesehatan kulit.

2. Vitamin B9

Kandungan gizi semangka yang tak bisa dilewatkan lainnya yakni vitamin B9 atau folat. Untuk setiap 154 gramnya, buah semangka mengandung vitamin B9 sekitar 4,6 mikrogram.

Mineral dalam buah semangka

Tak hanya vitamin, semangka juga mengandung nutrisi mikro lain berupa mineral. Beberapa mineral utama dalam semangka, termasuk:

1. Kalium

Kalium merupakan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Untuk setiap 154 gram buah semangka,  kalium yang bisa kita dapatkan yakni sekitar 172 miligram.

2. Magnesium

Setiap 154 gram buah semangka mengandung magnesium hingga 15,4 miligram. Mineral ini berperan dalam berbagai aktivitas di dalam tubuh, mulai fungsi saraf, fungsi otot, hingga  fungsi imun.

3. Kalsium

Siapa sangka, kalsium juga menjadi kandungan gizi semangka yang akan kita dapatkan. Untuk setiap 154 gram buah ini, kalsium yang terkandung yakni sekitar 10,8 miligram.Kalsium menjadi mineral penting untuk kesehatan gigi dan tulang, di samping juga terlibat dalam kontraksi otot.

4. Fosfor

Fosfor juga menjadi mineral yang terlibat dalam pembentukan gigi dan tulang. Tak hanya itu, mineral ini juga berfungsi dalam penggunaan karbohidrat dan lemak, serta pembuatan protein untuk untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel dan jaringan tubuh.Setiap 154 gram buah semangka mengandung sedikit fosfor, yakni 16,9 miligram.

Senyawa tumbuhan dalam buah semangka

Semangka juga mengandung beberapa senyawa tumbuhan yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa senyawa yang menjadi kandungan semangka, yaitu:

1. Likopen

Jika Anda takjub dengan warna merah segar dari daging buah semangka, maka likopen adalah pigmen yang berperan dalam warna tersebut. Likopen merupakan senyawa yang memiliki kekuatan antioksidan dan termasuk dalam golongan karotenoid. Bahkan, semangka disebutkan menjadi sumber likopen yang lebih baik dibandingkan tomat.Likopen yang kita konsumsi dapat berubah menjadi vitamin A, vitamin yang penting untuk kesehatan mata.

2. Beta-karoten

Beta-karoten juga mirip dengan likopen, yang menjadi senyawa karotenoid dengan efek antioksidan. Beta-karoten pun menjadi provitamin A seperti likopen, sehingga konsumsinya penting untuk menjaga kesehatan mata.

3. Citrulline

Saat mengonsumsi semangka, Anda mungkin hanya fokus pada bagian merahnya saja. Padahal, bagian putih buah ini juga bermanfaat karena kaya dengan asam amino citrulline. Setelah dikonsumsi, citrulline dapat diubah menjadi asam amino arginine.Citrulline dan arginine berperan penting dalam sintesis nitrit oksida, senyawa yang membantu menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah. Arginine juga diperlukan untuk fungsi berbagai organ dan sistem, seperti paru-paru, ginjal, hati, sistem imun, dan sistem reproduksi.

Catatan dari SehatQ

Kandungan semangka yang membuatnya berkesan mungkin berasal dari beberapa vitamin, mineral, dan senyawa uniknya. Senyawa unik dalam buah semangka termasuk provitamin A likopen dan beta-karoten, serta asam amino citrulline. Karena memiliki indeks glikemik yang tinggi, konsumsi semangka sebaiknya dilakukan dengan bijak dan tak berlebihan.
manfaat semangkanutrisibuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/watermelon
Diakses pada 23 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-health-benefits
Diakses pada 23 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266886
Diakses pada 23 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait