5 Produk Skincare untuk Usia 50 Tahun dan Pilihan Kandungannya


Produk skincare untuk usia 50 tahun bisa jadi pertimbangan untuk digunakan. Sebab, produksi kolagen dan elastin pada kulit berkurang sehingga tanda penuaan semakin banyak bermunculan. Beberapa produk skincare anti aging usia 50 tahun adalah sabun cuci muka sampai sunscreen.

(0)
Produk skincare untuk usia 50 tahun bisa jadi pertimbangan untuk digunakanKulit keriput dan kendur bisa diatasi dengan penggunaan skincare untuk usia 50 tahun
Pada usia 50-an, kulit seseorang cenderung akan mengalami perubahan. Maka dari itu, penggunaan produk skincare untuk usia 50 tahun sebaiknya perlu jadi pertimbangan. Ini karena produksi kolagen dan elastin pada kulit berkurang sehingga tanda-tanda penuaan semakin banyak bermunculan.Walau kondisi ini wajar terjadi, beberapa dari Anda mungkin merasa khawatir dan tidak percaya diri lantaran wajah mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan.Lantas, adakah produk skincare anti aging untuk usia 50 tahun yang bisa digunakan?

Pilihan produk skincare untuk usia 50 tahun

produk skincare untuk usia 50 tahun bisa jadi pertimbangan
Kemunculan kerutan tentu dapat mengganggu penampilan
Meski kulit wajah sudah menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, keriput, garis-garis halus, dan kulit kendur, bukan berarti Anda hanya berdiam diri dan tidak melakukan perawatan apa pun.Adapun berbagai produk skincare untuk usia 50 tahun yang bisa digunakan adalah sebagai berikut.

1. Sabun pembersih wajah

Salah satu produk skincare untuk usia 50 tahun adalah sabun pembersih wajah.Pastikan Anda menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit. Lakukan cuci muka 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.Pada pagi hari, membersihkan wajah bertujuan untuk mengangkat minyak dan kotoran di wajah.Sedangkan, pada malam hari, cuci muka dilakukan untuk mengangkat penumpukan minyak, kotoran, dan make up yang Anda gunakan.Caranya, mulailah membilas wajah dengan air hangat. Lalu, gunakan sabun pembersih wajah seraya memijat muka perlahan. Selanjutnya, bilas wajah kembali dengan air hangat.

2. Pelembap

Produk skincare untuk usia 50 tahun berikutnya adalah pelembap.Anda bisa menggunakannya setelah tahapan mencuci muka pada pagi dan malam hari.Seiring bertambahnya usia, kulit Anda akan semakin kering.Akibatnya, kemunculan kerutan atau keriput dan garis-garis halus bisa semakin jelas terlihat.Nah, penggunaan pelembap dapat membantu mengunci air dalam kulit sehingga membuatnya tampak halus, lembut, dan tak kering. Dengan ini, tanda-tanda penuaan dapat tersamarkan.Sebaiknya, pilihlah pelembap yang teksturnya krim dibandingkan lotion.

3. Sunscreen atau tabir surya

Sunscreen atau tabir surya menjadi produk skincare untuk usia 50 tahun selanjutnya.American Academy of Dermatology mengemukakan penggunaan tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyengat.Seperti yang diketahui, paparan sinar matahari terlalu sering menjadi salah satu penyebab kulit menua dengan cepat.Anda bisa menggunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida.Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar rumah, gunakan sunscreen yang memiliki SPF minimal 30, berlabel broad spectrum (melindungi dari sinar ultraviolet A dan B), dan bersifat resisten terhadap air.Pastikan Anda selalu mengoleskan sunscreen kembali setiap 2 jam saat berada di luar rumah.

4. Krim retinoid

Produk skincare untuk usia 50 tahun yang wajib digunakan lainnya adalah krim wajah mengandung retinoid.Retinoid adalah kandungan bahan aktif dalam krim wajah atau skincare yang berasal dari turunan vitamin A.Retinoid bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin sehingga mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan yang muncul, seperti kerutan, garis halus, dan pigmentasi.Di samping itu, retinoid juga dapat mengeksfoliasi kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati.Dengan demikian, kulit wajah Anda akan tampak halus dan bercahaya.
Produk skincare untuk usia 50 tahun adalah krim retinoid
Gunakan krim retinoid pada malam hari
Anda bisa menggunakan krim retinoid pada malam hari. Meski dibutuhkan waktu untuk melihat hasilnya secara maksimal, penggunaan krim retinoid ini bisa memperbaiki tampilan kulit Anda.Perlu diingat, bahwa penggunaan krim wajah retinoid dapat menimbulkan iritasi kulit dan membuat kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari.Oleh sebab itu, penting untuk selalu menggunakan pelembap dan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas perawatan sehari-hari.

5. Produk eksfoliasi kulit

Melakukan eksfoliasi secara rutin dengan produk eksfoliasi kulit tertentu juga bisa menjadi cara merawat kulit di usia senja.Anda bisa menggunakan produk eksfoliasi kulit yang mengandung AHA atau asam alfa hidroksi.Kandungan ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.Dengan demikian, kulit kusam di wajah bisa hilang dan tergantikan dengan wajah cerah.Lakukan eksfoliasi kulit 2-3 kali dalam sehari. Hindari penggunaan scrub wajah yang butirannya besar karena dapat berisiko mengiritasi kulit.

Kandungan bahan aktif yang sebaiknya ada di skincare anti aging usia 50 tahun

Produk skincare untuk usia 50 tahun sebaiknya memiliki kandungan bahan aktif yang tepat
Kandungan produk skincare anti aging sebaiknya mengandung AHA
Setelah mengetahui berbagai produk skincare untuk usia 50 tahun, penting bagi Anda untuk memerhatikan kandungan bahan aktif yang terdapat di dalamnya.Sebab, ada sejumlah kandungan bahan aktif yang sebaiknya ada dalam skincare anti aging usia 50 tahun.Hal ini bertujuan untuk memperbaiki warna kulit dan tekstur serta menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus.Efektivitas produk skincare untuk usia 50 tahun yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit dan bahan aktif yang terkandung di dalamnya.Berikut adalah berbagai kandungan bahan aktif yang harus ada dalam skincare anti aging usia 50 tahun.

1. Retinoid

Salah satu kandungan bahan aktif yang sebaiknya ada dalam skincare anti aging usia 50 tahun adalah retinoid atau retinol.Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, retinoid atau retinol adalah senyawa kimia turunan vitamin A yang bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin sehingga kulit lebih kenyal dan tampak awet muda.Dengan demikian, tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus, dapat berkurang dan tersamarkan.Umumnya, produk dengan kandungan retinol dapat ditemukan dengan mudah dalam produk perawatan skincare, seperti krim wajah atau serum.Namun, jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan kandungan retinoid sesuai kebutuhan kulit.

2. Asam alfa hidroksi (AHA)

AHA juga menjadi kandungan bahan aktif yang penting dalam skincare anti aging usia 50 tahun.Kandungan AHA, seperti glycolic acid dan lactic acid, umumnya bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga memudahkan sel kulit baru untuk tumbuh.AHA juga memungkinkan lapisan kulit paling dalam untuk muncul ke permukaan kulit. Dengan ini, proses regenerasi kulit dapat berjalan dengan cepat.Perlu diketahui bahwa setiap jenis golongan asam memiliki cara kerja yang berbeda-beda.Lactic acid, misalnya, bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit tampak lebih cerah.Sedangkan, glycolic acid dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan sehingga kulit tampak lebih kencang dan halus.Efek samping penggunaan AHA, di antaranya kulit terasa perih dan jadi sensitif terhadap paparan sinar matahari.Maka dari itu, penggunaan sunscreen sangat direkomendasikan bagi Anda yang rutin menggunakan produk skincare untuk usia 50 tahun mengandung AHA.

3. Vitamin C

Kandungan bahan aktif yang sebaiknya ada dalam produk skincare untuk usia 50 tahun adalah vitamin C.Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu jenis antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas penyebab tanda-tanda penuaan.Penggunaan skincare untuk usia 50 tahun yang mengandung vitamin C secara rutin bisa melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari serta mengurangi kerutan dan garis halus di wajah.

4. Peptida

Peptida adalah jenis protein kecil yang dapat menstimulasi produksi kolagen.Dengan ini, sel-sel kulit baru bisa cepat tumbuh dan memperbaiki tekstur kulit yang menua.Anda bisa menemukan kandungan peptida dalam pelembap yang bertujuan menghidrasi kulit. .

5. Niacinamide

Niacinamide juga merupakan jenis antioksidan kuat yang dapat ditemukan dalam produk skincare untuk usia 50 tahun.Niacinamide dapat membantu mengurangi kehilangan air di kulit sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

6. Ekstrak teh hijau

Penggunaan bahan alami mungkin saja terkandung pada produk skincare untuk usia 50 tahun.Salah satunya, teh hijau yang bertindak sebagai antioksidan dan antiradang.Manfaat teh hijau untuk kulit yang didapat melalui ekstraknya ini bisa Anda temukan dalam produk krim wajah antipenuaan. 

7. Ekstrak biji anggur

Selain teh hijau, ekstrak biji anggur juga menjadi bahan alami yang bertindak sebagai antioksidan dan antiradang.Ekstrak biji anggur dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit tampak awet muda dan tanda-tanda penuaan bisa tersamarkan.

8. Koenzim 10

Kandungan skincare anti aging usia 50 tahun lainnya adalah koenzim 10.Jenis kandungan ini dapat mengurangi garis halus di area mata sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar matahari.Selalu perhatikan kandungan bahan aktif dalam skincare secara saksama.Anda juga perlu mencari produk skincare untuk kulit menua yang berlabel hypoallergenic atau tidak rentan menyebabkan reaksi alergi.Baca Juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam HariMemang, hingga saat ini belum ditemukan hasil studi yang dapat membuktikan penggunaan skincare untuk usia 50 tahun bisa membuat kulit Anda kembali prima di usia remaja.Akan tetapi, penggunaan skincare anti aging dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terawat dengan baik.Selain cara menjaga kesehatan kulit dari luar, penting bagi Anda untuk melakukan pola hidup sehat lainnya, seperti cukup minum air putih, tidak merokok, serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Catatan dari SehatQ

Jika merasa bingung dan kesulitan dalam mencari kandungan produk skincare untuk usia 50 tahun yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit guna mendapatkan rekomendasi tepat.Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar kandungan produk skincare anti aging usia 50 tahun.Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanproduk kecantikankulit keriputperawatan wajah
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/skin-care-in-your-40s-and-50s
Diakses pada 16 Desember 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/selecting-anti-aging-products
Diakses pada 16 Desember 2020
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/anti-aging-routine#2
Diakses pada 16 Desember 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/in-depth/wrinkle-creams/art-20047463
Diakses pada 16 Desember 2020
Live Science. https://www.livescience.com/36720-anti-aging-products-lotions-supplements.html
Diakses pada 16 Desember 2020
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/the-age-you-should-start-using-anti-aging-skin-care-products_l_5d0ce8b0e4b0aa375f4b8928
Diakses pada 16 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait