Mengenal Power Walking dan Tekniknya


Power walking adalah teknik olahraga yang menekankan pada kecepatan dan gerakan tangan. Tujuannya tentu saja untuk menyehatkan tubuh dan memperkuat otot. Bukan hanya itu, power walking juga sangat baik untuk persendian hingga kesehatan jantung.

0,0
16 Sep 2021|Azelia Trifiana
Power waling membutuhkan teknik yang tepat agar tidak cederaPower waling membutuhkan teknik yang tepat agar tidak cedera
Sudah pernah coba power walking? Ini adalah teknik olahraga yang menekankan pada kecepatan dan gerakan tangan. Tujuannya tentu saja untuk menyehatkan tubuh dan memperkuat otot.Bukan hanya itu, power walking juga sangat baik untuk persendian hingga kesehatan jantung. Bahkan bonusnya, rutin melakukan power walking dapat berdampak positif terhadap sisi emosional seseorang.

Teknik melakukan power walking

Kunci dari power walking yang tepat adalah kekuatan tubuh. Ini penting demi memaksimalkan manfaatnya sekaligus mencegah cedera. Beberapa panduan yang bisa diikuti adalah:

1. Perhatikan postur tubuh

Pastikan selama melakukan power walking, pandangan mata lurus ke depan. Pundak tetap turun, serta kepala tegak. Untuk mengaktifkan otot core, tarik pusar ke arah tulang punggung. Jika di tengah-tengah berjalan tubuh mulai bungkuk, perbaiki postur agar kembali tegak.Selain itu, perhatikan pula apakah Anda menahan beban di pundak dan leher. Jika iya, segera rileks dan bebaskan dari tekanan. Postur yang tepat akan membantu menjaga kecepatan serta melindungi dari cedera.

2. Ayunkan tangan

Ketika melakukan power walking, tekuk siku tangan dengan sudut 90 derajat. Kemudian, gerakkan lengan ke depan dan belakang secara bergantian antara tangan dan kaki. Contohnya apabila kaki kanan mengayun ke depan, maka lengan kiri juga mengayun ke depan.Jangan remehkan, sebab mengayunkan tangan dapat membantu berjalan lebih cepat. Tak perlu menggerakkan tangan secara berlebihan, karena justru bisa membuat jalan kian lambat.Pastikan pula tangan tidak naik lebih tinggi daripada tulang selangka. Di saat yang sama, tangan juga tidak boleh sampai menyilang di depan tubuh.

3. Tumit

Sepele tapi penting. Ketika melakukan power walking, pastikan tumit benar-benar menapak tanah. Kemudian, majukan telapak kaki ke arah jari-jarinya. Fokus untuk menggerakkan pinggang ke depan, bukan ke samping.

4. Padukan dengan brisk walk

Tak ada salahnya memadukan power walking dengan brisk walk. Bahkan, semakin banyak langkah yang dilakukan dalam semenit, akan memberikan dampak positif pada level insulin, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang.Namun bagi yang baru memulai, sebaiknya pastikan dulu posturnya tepat. Barulah secara bertahap, tambah jarak tempuh dan juga kecepatan.

5. Jumlah langkah

Sama seperti olahraga berjalan kaki lainnya, berapa jumlah langkah yang dilakukan juga tak kalah penting. Mereka yang berjalan lebih dari 15.000 langkah setiap harinya tidak mengalami gejala sindrom metabolik. Sindrom metabolik bisa mengarah pada prediabetes.

Tips aman melakukan power walking

Selain teknik, hal yang tak kalah penting adalah bagaimana melakukan power walking yang aman dan juga sehat. Memang, olahraga yang satu ini tidak memerlukan peralatan khusus yang mahal. Namun, pastikan sepatu yang dipakai bisa menopang telapak kaki.Idealnya, sepatu untuk berjalan cepat ini memiliki sol yang datar. Ini berbeda dengan sepatu lari yang di bagian tumitnya biasanya lebih tinggi.Pastikan pula Anda selalu berjalan di area yang aman dari lalu lintas kendaraan bermotor. Apabila berolahraga saat gelap seperti pagi buta atau malam hari, pastikan mengenakan pakaian reflektif atau bawa senter.Ketahui pula bagaimana medan yang dihadapi. Sebab, risiko cedera saat melakukan power walking tentu lebih tinggi dibandingkan dengan jalan biasa karena kecepatannya.Oleh sebab itu, kenali ketika ada jalan yang tidak rata, akar pohon, atau hambatan lainnya. Terlebih jika Anda melakukan power walking di area yang belum familiar.Terakhir, buat suasana power walking semakin menyenangkan dengan mengajak teman, saudara, pasangan, atau siapa saja. Cari suasana yang menyenangkan dan membuat Anda kian menyatu dengan alam.Jika ingin mendengarkan musik, pastikan volume suaranya tidak terlalu kencang sehingga masih bisa mendengarkan suara lalu lintas atau klakson kendaraan.

Catatan dari SehatQ

Hal yang paling membedakan power walking dari olahraga semacamnya adalah kecepatan dan gerakan tangan. Semuanya bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung serta memberikan dampak positif baik bagi kesehatan fisik maupun mental.Bagi Anda yang ingin menambah kekuatan berjalan sehari-hari, tingkatkan kecepatan dengan menambah jumlah langkah setiap menitnya. Jangan lupa tekuk siku dan ayunkan perlahan saat berjalan.Tak kalah penting, pastikan saat melakukan power walking Anda berada di medan yang aman. Kenali juga apabila ada jalan yang tidak rata atau rintangan lain.Untuk berdiskusi lebih lanjut seberapa kecepatan yang tepat untuk Anda saat melakukan power walking, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragahidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/power-walking#benefits
Diakses pada 3 September 2021
Walk the Walk. https://walkthewalk.org/training/what-is-power-walking
Diakses pada 3 September 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/speed-walking-3435998
Diakses pada 3 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait