7 Potensi Manfaat Tanaman Dlingo, Apakah Aman Dikonsumsi?


Tanaman dlingo (Acorus calamus) dipercaya bisa mencegah depresi, mengatasi peradangan, hingga meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, apakah herbal ini aman dikonsumsi?

0,0
08 Sep 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tanaman dlingo dipercaya bermanfaat untuk kesehatanTanaman dlingo dipercaya baik untuk kesehatan, namun apakah aman dikonsumsi?
Dlingo adalah tanaman herbal yang daun, tangkai, dan akarnya sering diolah menjadi obat tradisional di Tiongkok dan India.Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Acorus calamus ini dipercaya mampu mengatasi beberapa kondisi medis, seperti depresi, peradangan, hingga gangguan tidur. Namun, apakah klaim ini dapat dipercaya?

7 potensi manfaat tanaman dlingo untuk kesehatan

Tanaman dlingo memiliki daun yang panjang, tajam, dan bertekstur keras seperti daun pandan. Tanaman memiliki rizoma menonjol ini juga diklaim menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

1. Mengatasi depresi

Manfaat dlingo yang cukup populer adalah mengatasi depresi. Dilansir dari sebuah studi berjudul The ethnobotany of sweet flag Acorus Calamus, meminum teh dlingo yang terbuat dari akarnya dipercaya bisa mengatasi gangguan psikologis atau depresi.Sayangnya, studi tersebut dilakukan pada tahun 1994 silam. Dibutuhkan penelitian terbaru untuk mengetahui cara kerja tanaman dlingo secara lebih lanjut dalam mengatasi depresi.

2. Mengatasi peradangan

Dilansir dari Organic Facts, mengoleskan minyak atsiri tanaman dlingo dipercaya bisa meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada otot serta persendian.Karena faktor itu, sebagian orang percaya bahwa tanaman dlingo dapat menjadi obat alami untuk mengatasi rheumatoid arthritis, sakit kepala, migrain, asam urat, dan kondisi peradangan lainnya.Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat dlingo yang satu ini.

3. Membantu sekresi hormon

Tanaman dlingo dipercaya mengandung berbagai minyak dan antioksidan yang mampu mendukung proses pengaturan dan produksi hormon di dalam tubuh. Hal ini dinilai dapat membawa keseimbangan hormon yang baik untuk kesehatan.Keseimbangan hormon ini dianggap bisa menguntungkan kesehatan, mulai dari memperbaiki suasana hati, meningkatkan gairah seks, siklus menstruasi yang teratur, dan menjaga energi.

4. Mengobati epilepsi dan Parkinson

Dalam dunia obat-obatan tradisional, tanaman dlingo dipercaya bisa mengatasi gangguan sistem saraf, seperti epilepsi dan penyakit Parkinson.Meski demikian, tanaman dlingo dinilai hanya bisa meredakan gejalanya saja, tapi tidak bisa menyembuhkannya.Lagi-lagi, klaim dari manfaat dlingo ini tidak bisa ditelan mentah-mentah karena masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikannya.

5. Baik untuk sistem pencernaan

Dilansir dari Body Nutrition, tanaman dlingo dipercaya memiliki dampak baik untuk sistem pencernaan. Minyak yang diekstrak dari akarnya mengandung bahan-bahan aktif yang baik untuk pencernaan.Di beberapa negara Eropa, sebagian masyarakatnya percaya bahwa dlingo mampu mengatasi masalah pencernaan, seperti nyeri ulu hati hingga dispepsia atau maag.Sementara itu, dalam pengobatan tradisional Tiongkok, dlingo juga digunakan untuk mengatasi diare dan sakit perut.Lagi-lagi, manfaat dlingo yang satu ini belum bisa dipercaya sepenuhnya karena dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan klaim manfaatnya.

6. Meningkatkan metabolisme

Potensi manfaat dlingo selanjutnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, tanaman dlingo dinilai membantu menurunkan berat badan dan mendukung proses penyembuhan luka atau penyakit.

7. Mengatasi gangguan tidur

Meminum teh daun dlingo sebelum tidur dianggap bisa menyeimbangkan hormon dan mengatasi gangguan tidur.Dilansir dari Web MD, berbagai bahan kimia yang dikandung tanaman dlingo dipercaya dapat membuat otot-otot rileks dan mengundang rasa kantuk.Meski kelihatan menjanjikan, belum ada studi yang mendukung manfaat dlingo ini.

Efek samping tanaman dlingo

Meskipun berbagai manfaat dlingo di atas cukup menggiurkan, tanaman herbal ini berpotensi mengundang efek samping berbahaya, di antaranya:Berbagai efek samping ini dianggap bisa terjadi sebagai akibat kandungan bahan kimia yang dikandung tanaman dlingo, misalna β-asarone.Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Toxicology: Clinical Toxicology, senyawa β-asarone dapat dipecah dengan cepat di dalam tubuh dan bersifat halusinogen.Ditambah lagi, β-asarone yang dikandung tiga dari empat jenis dlingo di dunia dianggap berpotensi menyebabkan kanker.Maka dari itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencoba tanaman dlingo dalam olahan apa pun supaya terhindar dari berbagai efek sampingnya.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
herbalhidup sehattanaman obat
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/calamus.html?&utm_source=internal&utm_medium=link&utm_campaign=home-page/
Diakses pada 24 Agustus 2021
Body Nutrition. https://bodynutrition.org/calamus/
Diakses pada 24 Agustus 2021
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-778/calamus
Diakses pada 24 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait