Potensi Manfaat Saw Palmetto untuk Pria yang Patut Diperhitungkan


Saw palmetto adalah sejenis pohon palem yang umumnya ditemukan di Amerika Serikat bagian tenggara. Sejumlah potensi manfaat saw palmetto yang dianggap baik bagi kesehatan pria, di antaranya menjaga kesehatan prostat hingga mencegah rambut rontok.

0,0
08 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat saw palmetto untuk pria adalah menjaga kesehatan prostatBuah saw palmetto dianggap memiliki banyak manfaat bagi pria
Saw palmetto adalah sejenis pohon palem yang banyak ditemukan di daerah beriklim hangat, tepatnya di pantai tenggara Amerika Serikat. Pohon ini memiliki buah yang sering digunakan penduduk asli Amerika sebagai obat untuk mengatasi gangguan kesehatan pria.Saat ini, ekstrak saw palmetto telah dimanfaatkan sebagai bahan baku suplemen kesehatan, khususnya terkait penurunan kadar testosteron dan gangguan prostat pada pria. Suplemen ini tersedia dalam bentuk tablet, cair, hingga teh.

Potensi manfaat saw palmetto bagi kesehatan

Tidak semua klaim manfaat saw palmetto didukung bukti ilmiah yang kuat. Namun, beberapa penelitian awal dan testimoni dari para penggunanya secara turun-temurun, menunjukkan adanya potensi manfaat saw palmetto untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pria.Berikut adalah beberapa potensi manfaat saw palmetto yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan pria.

1. Berpotensi menjaga kesehatan prostat

Manfaat yang paling populer dari saw palmetto adalah membantu mengatasi penyakit terkait gangguan prostat, yaitu kelenjar kecil yang terletak di antara kandung kemih dan penis. Kelenjar prostat bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan sperma.Beberapa penelitian terkait saw palmetto menunjukkan bahwa buah ini punya beberapa potensi manfaat terhadap kesehatan prostat dan penyakitnya, seperti:
  • Membantu mencegah masalah prostat, seperti pembesaran prostat jinak (BPH) dan kanker prostat.
  • Berpotensi dalam mengurangi gejala kencing dan peradangan yang berhubungan dengan BPH.
  • Penggunaan ekstrak buah beri saw palmetto dianggap mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat.
  • Memiliki potensi dalam memblokir penyebaran dan pertumbuhan sel kanker prostat.
Sebagian besar penelitian ini masih merupakan penelitian awal terhadap manfaat saw palmetto untuk prostat sehingga diperlukan lebih banyak penelitian lanjutan pada manusia untuk membuktikan efektivitasnya, khususnya terkait kanker.

2. Berpotensi meningkatkan fungsi saluran kemih

Gangguan saluran kemih, seperti inkontinensia dan susah buang air kecil, sering terjadi pada pria usia lanjut. Konsumsi suplemen yang mengandung saw palmetto dianggap dapat membantu meringankan gangguan kemih yang terkait dengan pembesaran prostat jinak.

3. Berpotensi mencegah kerontokan rambut

Saw palmetto merupakan salah satu buah yang sering digunakan untuk menyeimbangkan kadar hormon dan mengatasi kerontokan rambut.Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa saw palmetto efektif meningkatkan pertumbuhan rambut pada 60 persen pria usia 23-64 tahun.Sementara itu, penelitian lainnya juga menemukan bahwa penggunaan saw palmetto secara topikal selama 3 bulan dapat meningkatkan kepadatan rambut sebanyak 35 persen.

4. Berpotensi mengurangi peradangan

Saw palmetto adalah buah yang kaya akan antioksidan epikatekin dan metil galat. Kedua senyawa ini dinilai berpotensi untuk membantu mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi dari penyakit kronis.

5. Berpotensi meringankan efek samping operasi prostat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Cochrane Database of Systematic Reviews menunjukkan manfaat saw palmetto dalam membantu proses operasi prostat secara keseluruhan.Konsumsi 320 mg saw palmetto setiap hari selama 2 bulan sebelum operasi dianggap dapat mengurangi durasi operasi prostat, jumlah kehilangan darah, berkembangnya masalah selama operasi, hingga total waktu yang dihabiskan di rumah sakit.

6. Berpotensi membantu mengatur kadar testosteron

Saw palmetto tersedia dalam bentuk suplemen yang dianggap berkhasiat dalam meningkatkan kadar testosteron secara alami.Sebuah uji tabung menemukan bahwa ekstrak saw palmetto memiliki efektivitas yang setara dengan obat finasteride dalam menjaga kadar hormon testosteron. Finasteride merupakan obat untuk menangani pembesaran prostat jinak (BPH).Kadar testosteron yang terjaga dapat menurunkan berbagai risiko gangguan kesehatan, seperti kebotakan, penyakit jatung, gangguan libido, gangguan suasana hati, dan gangguan kognitif.

Potensi efek samping saw palmetto

Saw palmetto dalam bentuk suplemen umumnya aman untuk diminum sampai 3 tahun. Di samping itu, beberapa kemungkinan efek samping ringan yang dapat ditimbulkan saw palmetto adalah:
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Diare
  • Muntah
  • Sembelit
Selain itu, Asosiasi Kehamilan Amerika Serikat (APA) tidak menyarankan suplemen saw palmetto untuk ibu hamil dan menyusui untuk menghindari dampak-dampak yang tidak diinginkan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
rambut rontokprostat
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-971/saw-palmetto
Diakses 27 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/saw-palmetto-benefits
Diakses 27 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/saw-palmetto
Diakses 27 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318782
Diakses 27 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait