Potensi Manfaat Lumut Kerak yang Dianggap Baik bagi Kesehatan

(0)
11 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Lumutkerak atau lichenes adalah organisme yang diklaim punya banyak potensi manfaat untuk kesehatanLumut kerak jenis usnea banyak diteliti mengenai manfaatnya
Lumut kerak (lichenes atau lichen) merupakan organisme yang berbeda dengan lumut yang biasa Anda temukan. Lichenes adalah dua organisme terpisah, yaitu jamur dan alga atau sianobakteri, yang berfungsi sebagai satu unit yang stabil.Jamur adalah yang paling dominan dan memberikan lumut sebagian besar karakteristiknya, mulai dari bentuk talus hingga tubuh buahnya. Jamur tidak memiliki klorofil untuk berfotosintesis sehingga perlu melakukan simbiosis.Koloni ganggang (alga) yang bersimbiosis dengan jamur dapat berupa alga hijau atau alga biru-hijau (sianobakteria). Dalam lumut kerak, alga berperan sebagai penyedia makanan melalui fotosintesis.

Potensi manfaat lumut kerak

Lumut kerak merupakan tumbuhan yang ada dalam ekosistem di seluruh dunia dengan jumlah mencapai ribuan jenis spesies. Beberapa jenis lichenes bahkan telah dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional.Banyak jenis lichenes menunjukkan aktivitas penghambat enzim, antibiotik, antitumor, antijamur, dan antivirus. Meski kelihatannya menjanjikan, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk penggunaannya terhadap manusia.Berikut adalah beberapa potensi manfaat lumut kerak bagi kesehatan yang dianggap menjanjikan.

1. Meningkatkan kadar oksigen

Lumut kerak merupakan tumbuhan yang memungkinkan alga untuk tetap hidup di tengah berbagai iklim berbeda di dunia, dengan melakukan fotosintesis.Proses fotosintesis dapat membantu meningkatkan kadar oksigen yang dibutuhkan banyak makhluk di sekitarnya untuk bisa bertahan hidup.

2. Menyerap polutan

Lichenes memiliki kemampuan untuk menyerap polutan. Selain membantu mengurangi kadar polutan, penelitian pada lumut kerak juga dapat membantu memberikan pengetahuan mengenai kondisi lingkungan, khususnya kualitas udara di suatu wilayah.

3. Berpotensi mempercepat penyembuhan luka

Lichenes jenis usnea merupakan salah satu lumut kerak yang banyak diteliti terkait manfaatnya. Saat ini, usnea telah banyak digunakan sebagai bahan suplemen dan obat krim.Sebuah uji tabung menunjukkan kandungan senyawa asam usnic pada usnea dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, melawan bakteri penyebab infeksi, mengurangi peradangan, serta merangsang penutupan luka.

4. Berpotensi melindungi dari kanker

Beberapa jenis lumut kerak memiliki kandungan antioksidan polifenol yang dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Asam usnic dianggap mampu membunuh sel kanker secara selektif dan mencegah pertumbuhannya.Beberapa jenis ekstrak lichenes lainnya juga menunjukkan aktivitas antiproliferatif, yang berpotensi mencegah sel kanker untuk terus berkembang.

5. Berpotensi menurunkan berat badan

Asam usnic termasuk senyawa aktif yang dapat berfungsi sebagai pembakar lemak. Suplemen dengan kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.Namun, ada beberapa kasus yang melaporkan efek samping berbahaya, seperti gagal hati bahkan kematian, setelah mengonsumsi suplemen mengandung asam usnic.Meski demikian, belum bisa dipastikan bahwa efek samping tersebut disebabkan oleh senyawa asam usnic atau bahan lainnya dalam suplemen.

6. Memperindah pemandangan

Ada banyak sekali jenis lumut kerak dan tidak sedikit yang memiliki tampilan menarik untuk dilihat. Ada yang bentuknya seperti untaian rambut, tirai, atau renda berwarna warni di atas bebatuan dan tebing pegunungan. Keberadaan lichenes dapat membuat pemandangan menjadi lebih hidup.

Bisakah lumut kerak digunakan untuk pengobatan?

Hingga saat ini, studi mengenai potensi manfaat lumut kerak bagi kesehatan masih terbatas dan terus dikembangkan.Banyaknya spesies lichenes mengakibatkan sulitnya mencari jenis yang paling tepat untuk dimanfaatkan, tapi ini juga berarti bahwa masih banyak penelitian yang dapat dilakukan untuk melihat potensi lichenes.Selain itu, lumut kerak merupakan tanaman yang pertumbuhannya relatif lambat. Sehingga, penggunaan lichenes dalam jumlah besar secara terus-menerus bisa jadi tidak memungkinkan secara ekologis. Meskipun demikian, lumut kerak dapat diperbanyak secara kultur jaringan tanaman (in vitro) dengan perlakuan khusus.Mengingat masih kurangnya penelitian yang menunjukkan efektivitas kandungan lichenes bagi kesehatan manusia, maka penggunaan lumut kerak perlu diperhatikan. Jangan menggunakan obat atau suplemen yang mengandung lichenes sembarangan.Terlebih lagi, penggunaan suplemen mengandung lichenes dikaitkan dengan terjadinya kerusakan hati. Pastikan obat atau suplemen dengan kandungan dari lumut kerak telah memiliki merek yang terdaftar di badan POM dan petunjuk pemakaian yang jelas.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
herbaltanaman obat
Livescience. https://www.livescience.com/55008-lichens.html
Diakses 28 April 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5463493/
Diakses 28 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/usnea#benefits
Diakses 28 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait