Potensi Manfaat Kuaci untuk Ibu Hamil yang Tidak Boleh Diremehkan

(0)
08 Jul 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kuaci adalah camilan yang bernutrisi tinggiManfaat kuaci untuk ibu hamil cukup beragam, sebab camilan ini kaya akan asam folat.
Kuaci lebih dari sekadar camilan lezat. Biji bunga matahari yang rasanya gurih dan sedikit manis ini ternyata menawarkan beberapa manfaat untuk kehamilan. Mari kita kenali lebih lanjut berbagai manfaat kuaci untuk ibu hamil.

7 manfaat kuaci untuk ibu hamil, si sumber asam folat yang lezat

Meski ukurannya kecil, kuaci adalah makanan yang bernutrisi tinggi. Faktanya, camilan lezat ini mengandung asam folat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

1. Bernutrisi tinggi

Berbagai macam manfaat kuaci untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisinya. Berikut adalah sejumlah kandungan nutrisi di dalam 30 gram atau seperempat cangkir kuaci.
  • Kalori: 163
  • Lemak total: 14 gram
  • Protein: 5,5 gram
  • Karbohidrat: 6,5 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin E: 37 persen dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin B3: 10 persen dari AKG
  • Vitamin B6: 11 persen dari AKG
  • Folat: 17 persen dari AKG
  • Vitamin B5: 20 persen dari AKG
  • Zat besi: 6 persen dari AKG
  • Zinc: 10 persen dari AKG
  • Tembaga: 26 persen dari AKG
  • Mangan: 30 persen dari AKG
  • Selenium: 32 persen dari AKG.
Meskipun kandungan nutrisi kuaci dianggap baik untuk kesehatan, ibu hamil tetap perlu memerhatikan porsinya karena kuaci juga mengandung kalori yang cukup tinggi.

2. Memperkuat sistem imun

Ibu hamil perlu menjaga sistem imunnya agar tidak mudah sakit. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun adalah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti kuaci.Dilansir dari Web MD, kuaci merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti zinc dan selenium, yang mampu meningkatkan sistem imun dan memperkuat tubuh dalam melawan virus.Zinc memiliki peran penting dalam menjaga dan membentuk sel imun, sedangkan selenium berperan penting dalam mengurangi peradangan, melawan infeksi, dan meningkatkan sistem imun.

3. Meningkatkan energi

Sering merasa lelah saat hamil? Cobalah penuhi kebutuhan protein harian Anda dengan mengonsumsi makanan sehat seperti kuaci.Kuaci mengandung protein yang cukup tinggi dan dilengkapi dengan kandungan vitamin B sekaligus selenium yang bisa membuat tubuh lebih berenergi.Tidak hanya itu, kandungan vitamin B1 yang dimiliki kuaci mampu mengubah makanan menjadi energi. Kandungan seleniumnya juga dapat meningkatkan aliran darah dan mengirim lebih banyak oksigen ke dalam tubuh.

4. Mendukung pertumbuhan tulang janin

Khasiat kuaci untuk ibu hamil selanjutnya adalah mendukung pertumbuhan tulang janin. Dilansir dari Mom Junction, kandungan fosfor dan berbagai mineral lainnya yang dikandung kuaci dapat mendukung pertumbuhan tulang janin.

5. Mencegah cacat tabung saraf

Kuaci mengandung asam folat yang baik untuk kesehatan janin. Vitamin B9 ini dipercaya mampu mencegah cacat lahir yang dikenal sebagai cacat tabung saraf, seperti spina bifida.Tidak hanya itu, folat juga dibutuhkan untuk fase pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

6. Mencegah anemia defisiensi besi

Ternyata, kuaci juga dianggap mampu mencegah anemia defisiensi besi. Manfaat kuaci untuk ibu hamil yang satu ini berasal dari kandungan zat besinya.Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin di dalam tubuh ibu hamil dan janin. Selain itu, zat besi juga membantu mengantar oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan janin.

7. Mengandung serat yang baik untuk kehamilan

Sembelit adalah satu gejala umum kehamilan yang sering terjadi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung serat.Kuaci adalah salah satu makanan yang mengandung serat sehingga dapat membantu mencegah sembelit.Selain itu, serat juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar, menurunkan tekanan darah, mencegah preeklampsia, hingga mengontrol kadar gula darah untuk mencegah diabetes gestasional.

Risiko mengonsumsi kuaci berlebihan

Berbagai khasiat kuaci untuk ibu hamil di atas memang menggiurkan. Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan mengonsumsi kuaci secara berlebihan. Berikut adalah berbagai efek samping kuaci yang perlu diwaspadai:
  • Keracunan fosfor yang menyebabkan kerusakan ginjal
  • Keracunan selenium yang menyebabkan gejala, seperti merasa lelah dan iritabilitas (mudah marah dan frustrasi)
  • Menimbulkan masalah kulit dan membuat rambut serta kuku rapuh.
Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kehamilan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
makanan sehatmenjaga kehamilanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sunflower-seeds#nutrition
Diakses pada 23 Juni 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-sunflower-seeds#1
Diakses pada 23 Juni 2021
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/amazing-benefits-eating-sunflower-seeds-pregnancy_0085914/
Diakses pada 23 Juni 2021
Web MD. https://www.webmd.com/baby/are-you-getting-enough-iron#:~:text=Your%20body%20uses%20iron%20to%20make%20extra%20blood%20(hemoglobin)%20for,tired%2C%20called%20iron%20deficiency%20anemia.
Diakses pada 23 Juni 2021
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/maternity-products/health/pregnancy-snacks-fiber/
Diakses pada 23 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait