8 Potensi Manfaat Genjer untuk Kesehatan Tubuh Anda

(0)
07 May 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat genjer untuk kesehatan dipercaya memiliki potensi yang baikManfaat genjer diperoleh dari kandungan nutrisinya
Apakah Anda gemar mengonsumsi sayur genjer? Meski tidak sepopuler kangkung atau bayam, daun genjer tak kalah lezat karena memiliki cita rasa yang khas. Selain itu, ada pula sejumlah manfaat genjer yang dianggap baik untuk kesehatan.Tanaman genjer adalah sejenis tumbuhan yang hidup di tanah berair, seperti rawa, empang, atau perairan sawah. Tumbuhan ini terdiri dari daun yang terlapisi lilin, batang yang berongga, dan bunga. 

Kandungan nutrisi daun genjer

Daun genjer umumnya dimasak dengan cara ditumis. Tak kalah dengan jenis sayur-mayur lainnya, genjer mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.Tanaman genjer kaya akan protein, lemak, karbohidrat, serat, dan mineral. Nilainya bahkan cukup tinggi jika dibandingkan sawi hijau dan bayam. Dilansir dari Panganku, 100 gram genjer mengandung nutrisi berikut:
  • 90 gram air
  • 35 kalori
  • 7,7 gram karbohidrat
  • 1,7 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 2,5 gram serat
  • 62 mg kalsium
  • 33 gram fosfor
  • 2,1 mg zat besi
  • 905,8 mg kalium
  • 64 mg natrium
  • 3.800 mcg karoten
  • 0,07 mg vitamin B1 (tiamin)
  • 0,10 mg vitamin B2 (riboflavin)
  • 54 mg vitamin C
  • 1,1 mg niasin.
Selain itu, bunga dan daun genjer mengandung senyawa bioaktif kardenolin, flavonoid, dan polifenol yang menyehatkan. Daun genjer bahkan juga mengandung sembilan jenis asam amino esensial dan delapan jenis asam amino nonesensial. Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, tak heran jika ada banyak manfaat genjer untuk kesehatan.

Manfaat genjer untuk kesehatan

Berikut adalah sejumlah potensi manfaat genjer untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsinya.

1. Membantu meningkatkan produksi kolagen

kolagen baik untuk kulit dan kuku
Kolagen berperan dalam membangun kulit dan kuku
Vitamin C dalam daun genjer juga dapat mendorong produksi kolagen yang berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan ikat, seperti rambut, kulit, dan kuku.

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat genjer berikut adalah membantu menangkal radikal bebas. Manfaat ini didapatkan lewat kandungan karoten di dalam genjer yang berperan sebagai antioksidan sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas dapat memicu terjadinya berbagai penyakit kronis yang berbahaya.

3. Menjadi sumber energi

Selain protein, tubuh membutuhkan karbohidrat dan lemak untuk mendapatkan energi. Daun genjer memiliki ketiga nutrisi ini sehingga bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari Anda.

4. Mengendalikan tekanan darah

Kalium yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau seperti genjer, dapat membantu mengendalikan tekanan darah dengan menetralisir kelebihan natrium dari tubuh.Kadar natrium yang tinggi bahkan dapat meningkatkan tekanan darah, terutama pada orang yang memiliki riwayat hipertensi. Atas dasar inilah, manfaat sayur genjer dianggap baik bagi tekanan darah. Namun, dalam pengolahannya juga hindari terlalu banyak garam dan santan

5. Menjaga kesehatan tulang

kalsium menguatkan tulang
Kalsium dalam genjer bantu menjaga kesehatan tulang
Manfaat genjer lainnya yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan tulang. Kalsium yang terkandung di dalamnya dapat memperkuat tulang, mengurangi risiko osteoporosis, hingga membantu menghilangkan rasa ngilu pada persendian.

6. Memelihara fungsi penglihatan

Manfaat sayur genjer selanjutnya adalah membantu memelihara fungsi penglihatan. Kandungan karoten di dalam daun genjer dapat melindungi sel-sel sehat di mata sehingga berbagai penyakit mata bisa dicegah.

7. Melancarkan pencernaan

Daun genjer mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah Anda terkena sembelit. Manfaat genjer yang didapatkan dari kandungan seratnya ini bahkan juga dianggap berpotensi dalam mencegah kanker usus.

8. Mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker

Kandungan polifenol dalam genjer yang berperan sebagai antioksidan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Di samping itu, berbagai kandungan mineral di dalamnya juga untuk kesehatan tubuh Anda.Meski berbagai manfaat genjer di atas terkesan menjanjikan, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya. Jika Anda tertarik mengonsumsi daun genjer, sebaiknya konsumsi secukupnya saja karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping bila dikonsumsi berlebihan.Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi dan genjer bersama dengan asupan lain sehingga gizinya seimbang. Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar pola makan yang baik, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehattanaman obat
Panganku. https://www.panganku.org/id-ID/view
Diakses pada 23 April 2021
Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/68535-ID-none.pdf
Diakses pada 23 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait