Potensi Manfaat Daun Tempuyung dan Cara Mengonsumsinya


Daun tempuyung dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya yang cukup populer adalah mengatasi gangguan batu ginjal. Beberapa manfaat daun tempuyung lainnya, yaitu mencegah hipertensi hingga mengobati peradangan.

0,0
30 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat daun tempuyung adalah mengatasi batu ginjalDaun tempuyung dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan
Pernahkah Anda mendengar tanaman tempuyung? Tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia ini memiliki daun yang disinyalir memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat daun tempuyung yang paling populer adalah membantu mengatasi batu ginjal.Tidak hanya itu, tanaman yang memiliki nama latin Sonchus arvensis ini juga berpotensi membantu mencegah dan meringankan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Kandungan nutrisi daun tempuyung

Segudang manfaat daun tempuyung berasal dari kandungan nutrisinya, di antaranya vitamin, mineral, dan senyawa-senyawa alami lainnya. Berbagai kandungan tersebut juga memiliki sifat antibakteri, antioksidan, hingga antiradang.   Tanaman tempuyung mengandung banyak sumber nutrisi alami yang baik bagi tubuh. Manfaat daun tempuyung didapatkan dari tingginya kandungan garam mineral dan vitamin C, serta sebagian kecil protein dalamnya.Selain itu, tanaman tempuyung juga memiliki kandungan asam amino, lipid, polifenol, coumarin, taraxasterol, serta berbagai senyawa alami lainnya.

Potensi manfaat daun tempuyung

Berikut adalah beberapa potensi manfaat daun tempuyung bagi kesehatan yang patut dipertimbangkan.

1. Mengatasi batu ginjal

Kandungan kalium yang tinggi pada daun tempuyung dinilai bermanfaat dalam mengatasi batu ginjal. Mineral ini dapat bereaksi dengan menguraikan kalsium karbonat dan zat-zat lainnya yang membentuk batu ginjal sehingga bisa larut dan dikeluarkan melalui urine.

2. Mengatasi peradangan

Kandungan senyawa antiradang yang dimiliki daun tempuyung dianggap bermanfaat dalam memerangi dan meredakan peradangan di dalam tubuh. Khasiat daun tempuyung ini bisa Anda dapatkan dengan cara yang mudah, yaitu lewat meminum air rebusannya.

3. Menurunkan kadar asam urat

Selain menguraikan batu ginjal, berbagai kandungan yang dimiliki daun tempuyung juga dipercaya bermanfaat dalam melarutkan kristal asam urat. Kandungan daun herbal ini dapat mendorong keluar kristal asam urat yang mengendap di dalam pembuluh darah melalui urine.

4. Mengobati luka bakar atau memar

Daun tanaman tempuyung juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringan atau memar, misalnya karena tersundut rokok, arang, atau setrika. Khasiat daun tempuyung ini bisa Anda dapatkan dengan menempelkan daun yang telah ditumbuk ke area yang mengalami luka bakar.

5. Mencegah hipertensi

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit yang berbahaya, seperti jantung dan stroke. Salah satu potensi manfaat daun tempuyung adalah membantu mengontrol tekanan darah Anda supaya tidak melonjak tinggi.

6. Memiliki sifat antitumor dan antikanker

Daun yang dimiliki tanaman tempuyung memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, salah satunya adalah flavonoid yang dapat membantu mencegah pembentukan radikal bebas di dalam tubuh. Sehingga, risiko terjadinya tumor atau kanker juga dapat diturunkan.

Cara mengonsumsi daun tempuyung

Berikut adalah berbagai cara mengonsumsi daun tempuyung yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berbagai potensi manfaat di atas.
  • Daun tanaman tempuyung muda dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah, direbus, atau diolah seperti sayur bayam. Mungkin tidak semua orang akan menyukai daun muda ini karena rasanya sedikit pahit.
  • Cara mengonsumsi daun tempuyung lainnya adalah dengan merebus daunnya, kemudian air rebusannya diminum.
  • Selain itu, khasiat daun tempuyung juga bisa didapatkan dengan menumbuk dan mengoleskannya langsung ke area yang sakit, misalnya ke area kulit yang mengalami luka bakar ringan.
  • Tumbukan daun tanaman tempuyung dapat diperas dan airnya digunakan untuk mengompres memar, sedangkan ampasnya digunakan untuk membalut area yang luka.
Itulah berbagai potensi manfaat daun tempuyung dan cara mengonsumsi atau mengolahnya. Sebagian manfaat di atas belum benar-benar terbukti secara ilmiah sehingga sebaiknya Anda jangan mengonsumsi daun ini secara berlebihan untuk menghindari potensi efek sampingnya.Jika Anda ingin menggunakan ekstrak daun tempuyung secara oral (minum), kini Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk obat herbal sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi.Pastikan obat herbal ekstrak tempuyung yang Anda konsumsi telah terjamin keamanannya. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat herbal atau suplemen apa pun, termasuk daun tempuyung.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
batu ginjalherbal
Dr Health Benefits. https://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-plant/health-benefits-of-sonchus-arvensis
Diakses 17 September 2021
Plants for a Future. https://pfaf.org/user/plant.aspx?LatinName=Sonchus+arvensis
Diakses 17 September 2021
Unu=iversitas Airlangga. https://fst.unair.ac.id/en/tempuyung-bagi-industri-farmasi-dan-peneliti/
Diakses 17 September 2021
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/Vredeburg/sardjito-dokter-dan-pejuang/
Diakses 17 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait