Potensi Khasiat Buah Menteng bagi Kesehatan

(0)
30 May 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ternyata ada manfaat buah menteng bagi kesehatanBuah menteng bentuknya seperti duku
Popularitas buah menteng memang tidak setinggi nama salah satu daerah di pusat Jakarta. Tidak banyak orang yang pernah mencicipi buah langka yang satu ini, apalagi mengetahui manfaatnya untuk kesehatan.Di Indonesia, buah menteng tumbuh subur di Pulau Sumatera dan Jawa, namun kini keberadaannya sulit ditemui karena kalah bersaing dengan jenis tanaman buah lainnya. Sepintas, bentuk fisik buah menteng mirip dengan buah duku dengan bentuknya yang bulat, kecil, dan berwarna cokelat, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar.Buah menteng (Baccaurea racemosa) datang dari suku Euphorbiaceae, sedangkan duku (Lansium domesticum) berasal dari suku Meliaceae. Dari segi rasa, buah duku juga memiliki daging buah yang lebih manis, sedangkan buah menteng lebih didominasi oleh rasa asam.

Lebih jauh mengenal buah menteng dan cara mengolahnya

Jika Anda tidak familiar dengan sebutan buah menteng, Anda mungkin pernah mendengar tentang buah kepundung, kemundung, atau kapundung. Ya, semua itu adalah penyebutan yang diperuntukkan bagi buah yang banyak ditanaman di area tropis seperti Indonesia ini.Menteng merupakan jenis tanaman yang bentuknya variatif. Buah ini bisa tumbuh sebagai semak dengan tinggi 3 meter hingga pohon berukuran sedang dengan tinggi 25 meter yang agak lebat sehingga kerap dijadikan tanaman hias maupun peneduh di tepi jalan.Buah menteng sendiri berbentuk bulat dengan diameter 25-70 cm. Kulit buahnya cukup tebal dan keras, bahkan lebih tebal dari daging buahnya sehingga dinilai tidak ekonomis mengingat rasanya yang juga cenderung asam.Buah menteng tetap bisa dimakan dalam keadaan segar tanpa diolah lebih dahulu. Banyak juga orang yang mengonsumsinya dengan merebusnya terlebih dahulu, menjadikannya asinan, maupun manisan.Meskipun demikian, Anda tidak boleh memakan buah ini terlu banyak karena dikhawatirkan bisa menimbulkan mual dan muntah.

Apakah ada manfaat buah menteng untuk kesehatan?

Sayangnya, hingga kini belum banyak penelitian yang membahas mengenai khasiat buah menteng untuk kesehatan. Namun berdasarkan kandungan buah menteng yang sudah pernah diteliti di laboratorium, buah langka ini mungkin memiliki potensi khasiat sebagai berikut:
  • Sumber antioksidan

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, daging buah menteng banyak mengandung flavonoid, fenol, dan terpenoid. Ketiganya merupakan senyawa antioksidan yang memiliki potensi manfaat untuk memerangi datangnya berbagai penyakit akibat paparan radikal bebas, seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.Sifat antioksidan buah menteng juga didapat dari kandungan asam galat yang terdapat di dalamnya. Asam galat ini lebih banyak terdapat pada bagian kulit buah menteng, meski jumlah yang lebih sedikit juga terdapat pada daging buahnya.Meskipun demikian, kandungan zat antioksidan pada buah menteng tersebut sangat lemah dibanding antioksidan seperti vitamin C. Dengan kata lain, Anda harus melengkapi konsumsi buah menteng dengan makanan lain yang mengandung zat antioksidan untuk mendapatkan manfaat tersebut.
  • Menyembuhkan diare

Manfaat buah menteng lainnya yang dipercaya ialah mengatasi diare karena kandungan asam galat di dalamnya. Asam galat memang dikenal memiliki aktivitas antibakteri, bahkan dipercaya dapat bertindak sebagai zat anti-HIV dan antikarsinogenik.Sayangnya, hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa asam galat pada buah menteng tidak bisa mengatasi diare, terutama yang disebabkan oleh bakteri Escherechia coli. Asam galat juga tidak terbukti mampu mengatasi infeksi bakteri Staphylococcus aureus penyebab berbagai penyakit kulit, seperti impetigo. Manfaat lain dari buah menteng yang beredar di masyarakat adalah dapat menjadi peluruh haid, tapi klaim ini juga belum terbukti secara medis. Meski khasiat buah menteng belum banyak diketahui, tidak ada salahnya bila Anda mencicipi buah langka yang satu ini sekedar untuk mengetahui rasanya.
buah dan sayuran
Unila. http://staff.unila.ac.id/janter/2011/12/21/menteng-baccaurea-racemosa/
Diakses pada 17 Mei 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/339686622_Uji_Antioksidan_Ekstrak_Etanol_Kulit_Buah_dan_Daging_Buah_Menteng_Baccaurea_racemosa_Blume_Mull_Arg_dengan_Metode_DPPH_22_Diphenyl-1-picrylhydrazyl
Diakses pada 17 Mei 2020
The Ferns Tropical. http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Baccaurea+racemosa
Diakses pada 17 Mei 2020
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/antioxidants
Diakses pada 17 Mei 2020
Jurnal Penelitian Kimia UNS. https://jurnal.uns.ac.id/alchemy/article/view/11300
Diakses pada 17 Mei 2020
Universitas Andalas. http://scholar.unand.ac.id/3486/2/Pendahuluan.pdf
Diakses pada 17 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait