Ragam Posisi Tidur Pasangan dan Maknanya dalam Hubungan


Posisi tidur pasangan dapat memiliki banyak arti. Posisi tidur dapat menunjukkan perasaan satu sama lain dan menjadi gambaran mengenai bagaimana hubungan Anda dan pasangan tengah berjalan.

0,0
15 Aug 2021|Bayu Galih Permana
Posisi tidur pasangan punya banyak arti dalam hubunganPosisi tidur pasangan dapat menjadi gambaran hubungan
Ketika tidur bersama pasangan di atas ranjang, ada berbagai macam posisi yang mungkin dilakukan, mulai dari saling berhadapan, berpelukan, hingga membelakangi satu sama lain. Ternyata, setiap posisi tidur yang ditunjukkan pasangan memiliki makna tersendiri.Posisi tidur pasangan bisa menggambarkan perasaan antara satu sama lain. Selain itu, posisi pasangan saat tidur juga dapat menjadi gambaran mengenai hubungan yang tengah mereka jalani. 

Posisi tidur pasangan dan artinya

Setiap posisi tidur pasangan memiliki arti tersendiri. Saat hubungan yang dijalani sedang dalam keadaan baik, pasangan biasanya akan tidur dalam posisi yang melibatkan sentuhan satu sama lain. Sementara itu, masalah dalam hubungan seringkali membuat pasangan tidur dalam posisi tidak bersentuhan.Berikut ini beberapa posisi tidur pasangan dan artinya:

1. Spooning

Posisi tidur spooning dapat membuat pasangan merasa nyaman
Spooning memberikan keintiman dengan pasangan
Spooning adalah posisi tidur pasangan yang menunjukkan perlindungan dan kenyamanan di dalam hubungan. Pada posisi ini, pria akan memeluk wanita dari belakang saat tidur, dengan kaki ditekuk dan menempel satu sama lain. Posisi tidur spooning ini disukai banyak pasangan karena dapat memberikan rasa nyaman dan keintiman.

2. Berhadapan dan bersentuhan

Tidur dalam posisi berhadapan dan bersentuhan menunjukkan bahwa hubungan pasangan sedang sangat dekat dan mereka merasa bahagia. Meski begitu, posisi tidur ini sebenarnya tidak ideal untuk tidur nyenyak. Dalam posisi ini, napas pasangan yang langsung menuju ke  muka mungkin akan mengganggu tidur.

3. Berhadapan tanpa bersentuhan

Jika Anda dan pasangan tidur dalam posisi berhadapan tapi tidak bersentuhan, hal tersebut bisa saja dipicu oleh adanya masalah dalam hubungan. Salah satu pasangan mungkin ingin perhatian, namun gagal mendapatkannya. Sebagai solusinya, para ahli menyarankan untuk bersikap terbuka dan saling jujur mengenai perasaan satu sama lain.

4. Membelakangi tanpa bersentuhan

Posisi tidur membelakangi tanpa bersentuhan menjadi tanda kemandirian dalam hubungan
Diskusikan hubungan dengan pasangan jika posisi tidur ini terjadi secara tiba-tiba
 Tidur saling membelakangi tanpa bersentuhan dapat menunjukkan koneksi dan kemandirian dalam hubungan. Masing-masing dari Anda mungkin juga ingin memperoleh tidur malam yang lebih baik lewat posisi ini. Namun, jika Anda dan pasangan tiba-tiba beralih dari posisi intim ke posisi ini, cobalah untuk mengobrol satu sama lain.

5. Shingles

Shingles merupakan posisi tidur pasangan yang menunjukkan kepercayaan dalam hubungan. Dalam posisi ini, wanita umumnya akan menyandarkan kepalanya ke bahu pria ketika mereka berdua sedang tidur.

6. Nuzzling

Dalam posisi tidur nuzzle, wanita biasanya akan meletakkan kepala mereka di dada pria saat tidur. Posisi tidur pasangan ini menunjukkan bahwa Anda dapat menjadi pribadi yang mandiri, tetapi tetap menghargai dan mencintai pasangan.

7. Tangling

Tangling adalah posisi di mana kedua pasangan saling memeluk erat satu sama lain ketika sedang tidur. Posisi tidur ini biasanya dilakukan oleh pasangan yang masih baru. Meskipun begitu, jika Anda dan pasangan selalu tidur dalam posisi ini setelah enam bulan, hal itu bisa berarti ketergantungan antara satu sama lain.

8. Stomach snoozers

Dalam stomach snoozers, pasangan akan tidur dalam posisi tengkurap. Posisi tidur ini bisa jadi menunjukkan tanda-tanda kecemasan, kerentanan, dan ketakutan emosional antara satu sama lain. Selain itu, posisi tidur pasangan ini dapat berarti kurangnya kepercayaan seksual di dalam hubungan.

9. Back kissers

Back kisser merupakan posisi tidur yang menjadi tanda hubungan masih baik
Back kisser menjadi tanda Anda dan pasangan menghargai ruang masing-masing
Back kissers merupakan posisi tidur di mana pasangan saling membelakangi satu sama lain, namun punggung bersentuhan. Posisi tidur ini menandakan bahwa Anda dan pasangan masih terhubung dengan baik, tapi cukup mandiri untuk menghargai ruang masing-masing di tempat tidur. 

Catatan dari SehatQ

Posisi tidur pasangan saat di atas ranjang dapat menunjukkan perasaan satu sama lain, dan menjadi gambaran mengenai hubungan yang sedang mereka jalani. Tidur dalam posisi yang melibatkan sentuhan umumnya menjadi tanda bahwa hubungan sedang berjalan harmonis, sedangkan tanpa sentuhan bisa jadi pertanda adanya masalah antara satu sama lain. Meski begitu, perlu diingat bahwa hal tersebut tidak dapat dijadikan patokan pasti.Jika Anda dan pasangan merasakan adanya masalah dalam hubungan, cobalah untuk saling terbuka dan mengutarakan perasaan masing-masing. Apabila masalah tak bisa terselesaikan, sebaiknya konsultasikan hubungan Anda ke psikolog atau psikiater.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tidurmenjalin hubungan
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/couple-sleeping-positions
Diakses pada 15 Agustus 2021
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/0-22017/what-your-sleeping-position-says-about-your-relationship.html
Diakses pada 15 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait