Posisi Bantal yang Benar Saat Tidur Seperti Apa? Ini Faktanya


Posisi bantal yang benar saat tidur terlentang adalah dengan tumpukan yang tidak terlalu tinggi. Menempatkan bantal di bawah lutut juga baik untuk punggung. Sedangkan saat tidur menghadap samping, bantal boleh lebih tinggi.

0,0
09 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Posisi bantal yang benar saat tidur terlentang adalah tidak terlalu tinggiPosisi bantal yang benar saat tidur terlentang adalah di tengah dan tidak terlalu tinggi
Meski terlihat sepele, posisi bantal yang benar saat tidur bisa memberikan pengaruh yang cukup signifikan. Anda pasti familiar dengan istilah salah bantal. Ya, dengan posisi yang salah, maka rasa sakit di area kepala dan leher bisa dirasakan.Sementara itu, jika Anda berhasil tidur dengan posisi bantal yang benar, maka kualitas tidur akan meningkat dan merasa lebih segar saat pagi hari.Posisi bantal juga penting diperhatikan oleh orang yang sudah punya riwayat penyakit sebelumnya, seperti nyeri punggung.

Bagaimana posisi bantal yang benar saat tidur?

Posisi bantal saat tidur miring boleh sedikit naik
Posisi bantal yang benar saat tidur miring boleh sedikit naik
Saat tidur, biasanya setiap orang memiliki posisi nyaman yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka tidur terlentang dan ada yang lebih nyaman tidur menghadap samping. Perbedaan posisi tidur ini juga berpengaruh pada posisi bantal yang ideal. Ini penjelasannya.

1. Posisi bantal yang benar saat tidur terlentang

Untuk kamu yang biasanya tidur terlentang, posisi bantal yang benar adalah yang tidak terlalu tinggi. Bantal yang digunakan juga sebaiknya yang bisa mengikuti bentuk leher dengan baik dan bisa menopang hingga bahu.

2. Posisi bantal yang benar saat tidur miring

Sementara itu kalau kamu lebih suka tidur dengan posisi miring, hal yang penting diperhatikan adalah memposisikan tulang belakang agar tetap lurus atau dalam posisi netral.Cara ini bisa dicapai dengan menggunakan bantal tebal untuk kepala dan menempatkan bantal di antara lutut. Kalau kamu tidur dalam posisi miring tanpa bantal yang menopang kedua kaki, maka posisi tulang belakang jadi tidak ideal dan berisiko menimbulkan gangguan.

3. Posisi bantal yang benar saat tidur tengkurap

Posisi bantal yang benar saat tidur tengkurap justru sebaiknya tidak diletakkan di kepala. Atau kalaupun mau diposisikan di kepala, pilih lah bantal yang tipis. Sebab, menggunakan bantal yang tebal saat tidur tengkurap bisa membuat leher dan tulang belakang justru menerima tekanan berlebih.Anda juga bisa menempatkan bantal tipis di bawah perut atau pinggang saat tidur tengkurap. Ini bisa membantu mengembalikan posisi tulang belakang agar kembali netral dan tidak tegang atau sakit.

4. Posisi bantal yang benar untuk sakit punggung

Saat sakit punggung, kamu bisa tidur terlentang ataupun menghadap samping. Kuncinya ada pada posisi bantal yang benar agar punggung bisa ditopang dengan baik dan tidak membuat kondisi Anda tambah parah.Jika Anda tidur menghadap samping, menempatkan bantal di antara kedua kaki bisa membantu mengurangi tekanan di punggung dan membuat posisi tulang belakang lebih netral.Kalau lebih memilih untuk tidur terlentang, cobalah untuk tidak pakai bantal di kepala dan tempatkan bantal di belakang lutut. Cara ini bisa membuat tulang belakang berada di posisi yang ideal dan beban di tubuh bisa menyebar secara merata.

Tips memilih bantal yang sesuai

Posisi bantal menentukan jenis bantal yang perlu dipilih
Pilih bantal yang sesuai dengan kecenderungan posisi tidur
Pilih lah bantal yang sesuai dengan kecenderungan posisi tidur Anda. Jika lebih sering tidur terlentang, maka gunakanlah bantal yang lebih tipis. Bantal tipis juga sebaiknya dipilih oleh orang yang sedang sakit punggung.Sementara kalau Anda lebih suka tidur menghadap samping, pilih bantal yang lebih tebal. Pastikan bantal tersebut bisa mengikuti lekuk leher sehingga di kemudian hari tidak ada risiko sakit atau cedera.Anda juga bisa memilih bantal dengan memory foam yang bentuknya mengikuti lekuk leher dan bahu dengan baik.
Setelah mengetahui posisi bantal yang benar saat tidur, Anda diharapkan bisa mempraktikannya agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Sebab, tidur sangatlah penting untuk kesehatan.
Dengan tidur yang cukup, tubuh bisa beristirahat agar bisa kembali berfungsi normal keesokan harinya. Tak hanya itu, kurang tidur juga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Jadi meski terlihat sepele, memilih posisi bantal sebenarnya berpengaruh cukup besar untuk kesehatan.Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar posisi bantal yang paling baik sesuai kondisi, jangan ragu untuk diskusikan hal tersebut pada dokter.
tidurwaktu tidurmasalah tidurmanfaat tidur
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait