Pola Makan Sehat untuk Gula Darah pada Diabetes Gestasional

Untuk menghindari diabetes gestasional, jangan konsumsi karbohidrat secara berlebihan
Hindari konsumsi karbohidrat berlebihan, agar tidak terjadi peningkatan gula darah secara cepat.

Diabetes gestasional, adalah tipe diabetes yang hanya terjadi pada saat kehamilan (gestasional). Wanita hamil yang mengalami kondisi tersebut, tidak memiliki riwayat diabetes. Diabetes gestasional biasanya muncul pada saat pertengahan kehamilan. Pada masa ini, yaitu pada minggu ke-24 dan ke-28 kehamilan, dokter biasanya melakukan tes gula darah.

Mengenal Diabetes Gestasional

Uniknya, diabetes gestasional akan hilang dengan sendirinya, sesaat setelah persalinan berlangsung. Meski demikian, perlu diwaspadai adanya kemungkinan diabetes tipe 2 di kemudian hari. Sebab, riwayat diabetes gestasional, menandakan potensi diabetes tipe 2.

Serupa diabetes tipe lain, diabetes gestasional menyebabkan glukosa terganggu. Terganggunya glukosa pada diabetes gestasional, dapat membahayakan kehamilan dan janin.

Bahaya dari kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan dan pada kesehatan janin antara lain macrosomia. Yang dimaksud dengam macrosomia adalah berat badan bayi di bawah 400 gram. Kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan persalinan, maupun indikasi dari operasi Caesar dan hipertensi, yang mengakibatkan preeklampsia.

Efek dari diabetes gestasional memang sangat berbahaya. Namun berita baiknya, kondisi ini dapat dikontrol melalui konsumsi makanan yang sehat, obat-obatan, serta melakukan olahraga ringan. Berikut ini pola makan sehat yang disarankan untuk penderita diabetes gestasional.

Pola Makan Sehat untuk Diabetes Gestasional

Jika dokter telah mendiagnosis Anda dengan diabetes gestasional, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani pola makan yang sehat dan seimbang. Langkah ini terbukti mengurangi gejala penyakit tersebut, tanpa penggunaan obat-obatan.

1. Komposisi Makanan Penderita Diabetes Gestasional

Pada umumnya, pola makan untuk penderita diabetes gestasional terdiri dari protein yang dikombinasikan dengan 40-50 persen karbohidrat, dan 25-35 persen lemak. Bila jumlah karbohidrat terlalu banyak, akan terjadi peningkatan kadar gula darah secara cepat.

Prinsip pola makan yang sehat adalah:

  • Mengonsumsi protein setiap kali makan
  • Selalu memasukkan buah dan sayuran pada menu makanan harian
  • Mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah kurang dari separuh kebutuhan kalori harian
  • Konsumsi lemak tidak boleh melebihi 35 persen asupan harian
  • Menghindari atau mengurangi makanan olahan, makanan cepat saji, serta minuman bersoda
  • Selalu memperhatikan porsi makanan, dan hindari makan berlebihan

2. Rekomendasi Makanan Ringan

Selain makanan pokok, berikut ini beberapa makanan ringan yang dapat dikonsumsi, bila Anda menderita diabetes gestasional.

  • Sayuran segar atau beku, terutama yang dikukus
  • Telur atau putih telur
  • Oatmeal (terutama steel-cut oatmeal)
  • Buah segar
  • Dada ayam tanpa kulit
  • Ikan kukus atau panggang
  • Yogurt tanpa pemanis

Setelah dokter mendiagnosis Anda dengan diabetes gestasional, segera tanyakan tentang kebutuhan untuk berkonsultasi pada ahli nutrisi atau ahli gizi. Sebab, ahli nutrisi maupun ahli gizi dapat mempersiapkan rencana makanan harian Anda, dengan menyesuaikan pola makan sehat.

Dengan demikian, Anda dan janin akan tetap sehat selama kehamilan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli nutrisi atau ahli gizi, jika Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/gestational-diabetes-food-list
Diakses pada 17 April 2019

CDC. https://www.cdc.gov/pregnancy/diabetes-gestational.html
Diakses pada 17 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed