Kenali 9 Cara Membakar Lemak Perut yang Bisa Dilakukan di Rumah


Cara membakar lemak perut tidaklah sulit untuk Anda lakukan dari rumah. Cara ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang memiliki perut bergelambir untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan komitmen.

0,0
27 Jan 2020|Azelia Trifiana
Cara membakar lemak perut adalah berolahragaLemak perut mengganggu penampilan dan membutuhkan waktu untuk menghilangkannya
Siapa yang setuju bahwa lemak di bagian perut adalah yang paling sulit diusir? Ada banyak cara membakar lemak perut tapi tentu tak semudah teorinya. Bagi banyak orang, lemak di perut bisa mengganggu penampilan hingga mengurangi rasa percaya diri. Tak hanya itu, lemak perut yang termasuk dalam lemak viseral ini juga merupakan faktor risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan lainnya.Bahkan orang yang bertubuh kurus namun memiliki lemak perut berlebih pun juga punya risiko serupa. 

Cara membakar lemak perut

Ada banyak sekali cara membakar lemak perut yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Mulai dari memilih makanan, hingga berolahraga bisa Anda coba untuk membantu membakar lemak perut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda coba untuk membakar lemak perut di rumah:
Cara membakar lemak perut adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan
Kacang-kacangan merupakan sumber serat larut air yang dapat mengusir lemak perut

1. Banyak konsumsi serat larut air

Serat larut air dapat menyerap air dan membentuk gel sehingga proses turunnya makanan di saluran cerna menjadi lebih lambat. Dengan demikian, seseorang akan merasa kenyang dan secara alami makan lebih sedikit.Bonusnya, jumlah kalori yang diserap tubuh juga berkurang. Lalu, apa saja jenis makanan yang mengandung serat larut air atau soluble fiber? Coba flaxseeds, mie shirataki, alpukat, blackberry, dan kacang-kacangan.

2. Tidak minum alkohol

Ada banyak penelitian yang menyebut bahwa minum terlalu banyak alkohol menyebabkan lemak perut. Membatasi atau bahkan sama sekali tidak minum alkohol bisa menjadi cara membakar lemak perut secara signifikan.

3. Diet protein tinggi

Semakin tinggi protein yang dikonsumsi seseorang, akan semakin aktif kinerja hormon PYY yang bisa mengurangi nafsu makan. Tak hanya itu, protein juga membantu menjaga massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.Untuk itu, masukkan makanan yang mengandung protein tinggi sebagai salah satu cara membakar lemak perut. Pilih sumber protein seperti daging, ikan, telur, produk olahan susu, hingga biji-bijian.

4. Kurangi stres

Rupanya, mengurangi stres dapat menjadi cara membakar lemak perut. Ketika seseorang mengalami stres, kelenjar adrenal akan memproduksi hormon stres atau kortisol.Ketika hormon kortisol tinggi, maka nafsu makan bisa bertambah. Konsekuensinya, lemak perut bisa bertambah. Hal ini yang terjadi pada orang yang saat patah hati atau gagal di pekerjaannya melampiaskan stres mereka pada makanan.Alternatifnya, temukan aktivitas pereda stres lain seperti yoga, meditasi, berolahraga, atau hobi lainnya.
Cara membakar lemak perut adalah menghindari makanan manis dan gula tambahan
Hindari konsumsi gula untuk mengusir lemak perut

5. Batasi makanan manis

Gula mengandung fruktosa yang jika dikonsumsi berlebihan berisiko menyebabkan berbagai penyakit. Sebut saja penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga obesitas. Tak hanya itu, konsumsi gula berlebih juga akan menambah lebar lingkar perut.Mulai sekarang, batasi konsumsi makanan manis atau yang mengandung gula terlalu tinggi, terutama makanan yang telah diproses dan diberi pemanis buatan.

6. Olahraga intensitas tinggi

Jika Anda ingin tahu cara membakar lemak perut dengan cepat, maka melakukan olahraga berintensitas tinggi bisa jadi pilihan. Olahraga-olahraga yang mengutamakan gerakan cardio ini harus dilakukan secara intensif. Artinya, orang yang melakukan olahraga cardio lebih sering setiap minggunya tentu akan merasakan hasilnya lebih signifikan dalam mengurangi lemak perut.

7. Jaga kualitas tidur

Selain menjaga stres, kualitas tidur juga berpengaruh terhadap lemak perut. Menurut banyak penelitian, orang yang tidak tidur cukup cenderung mengalami kenaikan berat badan lebih banyak, termasuk lemak perut.Pastikan juga tidur benar-benar berkualitas setiap harinya. Apabila ada masalah terkait tidur seperti insomnia atau sleep apnea, segera konsultasikan ke dokter.

8. Mengganti minyak kelapa dengan minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi untuk dapat membantu Anda terbebas dari radikal bebas. Minyak zaitun dapat mengurangi rasa lapar, memiliki kandungan yang rendah lemak dan kolestrol, serta dapat membantu Anda untuk mencerna makanan lebih baik lagi.Dengan demikian, mengganti minyak kelapa yang biasa Anda gunakan untuk mengolah makanan dengan minyak zaitun bisa jadi salah satu solusi Anda untuk membantu membakar lemak perut.

9. Hindari minuman manis

Tak hanya makanan manis, minuman manis juga sebaiknya dihindari karena bertentangan dengan cara membakar lemak perut. Kandungan fruktosa dalam minuman dengan pemanis buatan bisa menyebabkan penumpukan lemak secara signifikan.Lebih parahnya lagi, otak tidak memproses masuknya kalori cair ke tubuh sama seperti saat mengonsumsi kalori solid. Artinya, ada kemungkinan seseorang mengonsumsi terlalu banyak kalori dan gula dari minuman manis.Dari beberapa cara membakar lemak perut di atas, coba temukan mana yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda. Intinya adalah mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat.Tentu, cara membakar lemak perut bukan sulap yang bisa berhasil secara instan. Perlu usaha, komitmen, dan juga tekad bulat. Ketika lemak perut sudah berhasil diusir, bonusnya adalah tubuh yang tentu saja lebih sehat.
proteinmenurunkan berat badanseratbenjolan lemakperutpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-tips-to-lose-belly-fat#section21
Diakses 20 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-proven-ways-to-lose-belly-fat
Diakses 20 Januari 2020
Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/uk/body/diet-nutrition/a13082695/losing-belly-stomach-fat-mistakes/
Diakses 20 Januari 2020
NDTV. https://www.ndtv.com/food/weight-loss-heres-how-olive-oil-may-help-promote-weight-loss-and-cut-belly-fat-1989891
Diakses pada 5 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait