Yuk, Mulai Pola Hidup Sehat dengan 5 Langkah Sederhana Ini!


Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang bertujuan untuk menghindari penyakit kronis. Selain pola makan, berolahraga juga jadi bagian dari gaya hidup sehat karena bisa...

(0)
16 Mar 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara memulai pola hidup sehat dengan makan makanan sehatPola hidup sehat bisa dimulai dengan konsumsi makanan yang bergizi tinggi setiap hari
Setiap orang tentu ingin hidup sehat. Namun, mungkin tidak sedikit yang bingung harus mulai dari mana. Mungkin malah belum banyak juga yang memahami apa itu sebenarnya pola hidup sehat.Menurut WHO, pola hidup sehat adalah prinsip, cara, atau gaya hidup yang bertujuan untuk menurunkan risiko sakit parah atau kematian dini karena penyakit kronis. Tidak semua penyakit dapat dicegah, tapi sebagian besar kematian, terutama yang disebabkan oleh penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner dan kanker paru-paru, dapat dihindari.Namun, gaya hidup sehat dilakukan tak hanya sekedar untuk menghindari penyakit. Menjalani pola hidup sehat juga akan menjaga kesehatan mental dan membentuk kesadaran sosial. Ketika Anda menerapkan gaya hidup sehat, bukan tidak mungkin orang-orang di sekitar Anda juga akan tergerak untuk melakukan hal yang sama.

Apa saja contoh yang termasuk pola hidup sehat?

Banyak orang mengklaim telah melakukan gaya hidup sehat dengan standar masing-masing.Padahal sebetulnya standar pola hidup sehat sudah diukur ukur dan ditetapkan berdasarkan penelitian oleh para ahli kesehatan, salah satunya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).Harvard Medical School, misalnya, mengategorikan pola hidup sehat ke dalam lima area berdasarkan efek mereka pada risiko terjadinya kematian di usia muda. Kelima area yang termasuk dalam pola hidup sehat adalah:

1. Pola makan sehat

Pola makan sehat dinilai berdasarkan pemenuhan konsumsi seseorang akan sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, lemak sehat, dan asam lemak omega-3.Asupan makanan sehat akan dibandingkan dengan banyaknya makanan tak sehat yang Anda konsumsi, seperti daging olahan, makanan atau minuman manis, lemak jenuh, dan garam (sodium).Contoh pola makan sehat didefinisikan sebagai kebiasaan makan makanan bergizi dan konsumsi lebih sedikit karbohidrat, sodium, maupun lemak jenuh, serta menghindari makanan yang tidak bergizi seperti junk food.Penting juga untuk memperhatikan frekuensi makan Anda. Terlalu banyak makan atau dengan porsi yang tidak wajar akan meningkatkan risiko kegemukan maupun obesitas.

2. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan diri, seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggosok gigi, dan menjaga kebersihan organ intim, adalah salah satu prinsip dari pola hidup sehat yang sering dipandang sebelah mata. Namun, hal ini jangan sampai terlupa.Selain itu, pastikan selalu mengolah makanan dengan cara yang tepat. Cuci bahan makanan sebelum dimasak.

3. Beraktivitas fisik

Orang yang menjalani pola hidup sehat adalah mereka yang berolahraga dalam intensitas sedang atau sampai berat minimal 30 menit untuk 3-5 kali dalam seminggu. Durasi waktu olahraga bisa lebih lama bila Anda melakukan aktivitas berintensitas ringan. Akan tetapi, ingkatan intensitas olahraga tentunya harus disesuaikan dengan kondisi fisik dan kemampuan tubuh, untuk kemudian bisa ditingkatkan lagi seiring waktu.Jangan bayangkan olahraga hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran dan memerlukan alat olahraga yang rumit. Berjalan kaki atau melakukan pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, atau berkebun, juga bisa dikategorikan sebagai olahraga selama kegiatan itu membuat badan aktif bergerak.

4. Meraih berat badan ideal

Memiliki berat badan ideal bukan berarti Anda harus kurus. Sebaliknya, Anda harus memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang ideal, yakni berkisar antara 18,5 hingga 24,9.

5. Tidak minum alkohol dan merokok

Konsumsi minuman alkohol harus sangat dibatasi atau dihindari sama sekali jika Anda ingin menjalani pola hidup sehat.Batasan konsumsi alkohol untuk orang yang menjalani pola hidup sehat adalah 5-15 gram per hari (untuk wanita) dan 5-30 gram per hari untuk pria. Meski demikian, akan lebih baik lagi jika Anda tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.Sementara itu, rokok harus sama sekali dijauhi. Tidak ada tawar menawar. Segera cari cara untuk berhenti merokok agar Anda bisa memulai gaya hidup sehat. Sebab sekalipun Anda rutin berolahraga, menjaga pola makan, berat badan ideal, dan tidak minum alkohol, semua hal itu tidak berarti bila Anda merokok. Para peneliti sepakat bahwa rokok tidak memiliki secuilpun manfaat, malah sebaliknya. Rokok memiliki segudang bahaya untuk kesehatan.

Lakukan kegiatan yang Anda sukai agar tidak "terpaksa" menjalani gaya hidup sehat

Dalam praktiknya, pola hidup sehat adalah gaya hidup yang sederhana dan mudah dilakukan. Namun kadang, menerapkannya bisa terasa seperti "hukuman". Menjalani gaya hidup yang lebih sehat bukan berarti Anda tidak bisa bahagia selama melakukannya.Pola hidup sehat bukan hanya soal kebutuhan fisik, melainkan juga mental. Maka itu, beralih dengan pelan-pelan. Jika Anda merasa tidak sanggup untuk melakukan semuanya sekaligus, cobalah menerapkannya satu per satu dari yang Anda rasa paling mudah.Anda juga tetap sangat disarankan untuk melakukan hal yang menyegarkan pikiran, misalnya travelling, membaca buku, mendengarkan musik, atau hal lain yang menjadi hobi Anda.Selain itu, pastikan Anda bergaul dengan orang-orang yang memberikan energi positif agar tetap merasa termotivasi hidup lebih sehat. Namun, tetap dengarkan kritik dan saran dari rekan-rekan Anda secara proporsional demi kemajuan Anda sendiri di masa mendatang.Siapa pun bisa menjalani pola hidup sehat. Tak pernah ada kata terlambat untuk mulai beralih pada gaya hidup yang penuh makna ini agar Anda bisa hidup lebih lama dan bahagia bersama orang-orang tercinta.
olahragamakanan sehatpola hidup sehatadv odyn
WHO. https://apps.who.int/iris/handle/10665/108180
Diakses pada 16 Maret 2020
Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/blog/healthy-lifestyle-5-keys-to-a-longer-life-2018070514186
Diakses pada 16 Maret 2020
Foundation for Peripheral Neuropathy. https://www.foundationforpn.org/living-well/lifestyle/
Diakses pada 16 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait