Pitting Edema Adalah Kondisi Pembengkakan Akibat Penumpukan Cairan


Pitting edema adalah kondisi membengkaknya jaringan tubuh akibat penumpukan cairan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal dan dapat muncul di berbagai area, seperti tangan, kaki, dan wajah.

(0)
31 Jan 2020|Azelia Trifiana
Pitting edema adalah kondisi bengkak pada kaki atau tanganPitting edema adalah kondisi yang disebabkan oleh penumpukan cairan di jaringan tubuh
Pitting edema adalah kondisi yang ditandai dengan tangan dan kaki bengkak saat ditekan lama. Kaki bengkak ditekan lama rupanya pertanda suatu penyakit. Sebenarnya, hal ini kerap terjadi pada ibu hamil. Namun, bukan hanya ibu hamil yang rentan mengalami kondisi tersebut. Kaki bengkak ini rupanya juga kerap dialami orang dengan penyakit atau gangguan tubuh tertentu.

Apa itu pitting edema?

Tak hanya ibu hamil, pitting edema juga muncul pada obesitas 
Salah satu ciri utama terjadinya pitting edema adalah ketika bagian tubuh, biasanya kaki bengkak ditekan lama. Dalam hal ini, jika ditekan, kaki bengkak pada pitting edema akan membentuk cekungan yang lama kembali seperti bentuk semula.Umumnya, pitting edema ditemukan bagian tubuh bawah seperti kaki, lutut, atau pergelangan kaki. Secara umum, edema, termasuk pitting edema terjadi akibat retensi cairan. Dalam hal ini, retensi cairan adalah adanya jumlah cairan lebih yang ditahan oleh tubuh.Cairan berlebih pada pitting edema ditemukan di pembuluh darah. Lalu, cairan ini keluar dari jaringan tubuh. Oleh karena itu, terjadi permukaan yang lebih tinggi daripada permukaan tubuh lainnya atau mengalami pembengkakan.Ketika mengalami kaki bengkak ditekan lama akibat pitting edema, kulit akan terasa berat dan lebih kencang. Beberapa hal yang menjadi tanda mengalami pitting edema adalah:
  • Gatal dan sensasi terbakar di sekitar bagian tubuh yang bengkak
  • Rasa nyeri 
  • Kulit terasa terlalu panas ketika disentuh
  • Kebas
  • Mual
  • Kram
  • Batuk tanpa sebab jelas
  • Kehabisan energi
  • Nyeri dada
  • Kesulitan bernapas
Kondisi ini juga umumnya banyak terjadi pada ibu hamil. Semakin tingginya volume cairan selama hamil umumnya menjadi penyebab kondisi edema tersebut.

Saat hamil, tubuh memproduksi 50% lebih banyak darah dan cairan tubuh demi memenuhi kebutuhan janin. Kelebihan cairan inilah yang juga menjadi penyebab kaki dan tangan bengkak saat hamil. Kelebihan cairan penting untuk melunakkan tubuh sehingga janin bisa mendapat cukup ruang seiring dengan pertambahan usianya.Tak hanya itu, kelebihan cairan ini juga membantu mempersiapkan persendian di panggul untuk proses persalinan. Bahkan, kelebihan cairan ini merupakan 25% dari  seluruh kenaikan berat badan ibu hamil selama mengandung.Selain itu, pitting edema pada ibu hamil juga bisa terjadi karena tubuh terlalu banyak mengandung garam. Kelebihan garam dapat menyebabkan tubuh menahan air, yang kemudian akan masuk ke dalam jaringan interstitial yang muncul sebagai edema.

Apa penyebab pitting edema?

Terlalu banyak duduk sebabkan kaki bengkak
Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pitting edema, dan hal ini tidak hanya dialami oleh ibu hamil saja. Beberapa faktor lain yang menjadi penyebab bengkak pada ibu hamil yang juga menyebabkan pitting edema di antaranya:Tak hanya kondisi penyakit tertentu, pitting edema juga bisa terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat seperti diet sodium berlebih atau jarang beraktivitas fisik.

Bagaimana cara mengobati pitting edema?

Pil diuretik bantu keluarkan cairan berlebih pada pitting edema
Obat obatan yang digunakan sebagai cara mengobati pitting edema haruslah berfungsi untuk mengurangi cairan yang menumpuk. Dalam hal ini, obat obatan yang bisa dipilih adalah obat diuretik.Menurut penelitian yang terbit pada jurnal National Center for Biotechnology Information, obat diuretik mampu mengurangi kaki bengkak saat hamil yang ditekan lama pada pitting edema. Cara kerja obat diuretik untuk mengobati pitting edema adalah dengan mengurangi cairan tempat terjadinya pembengkakan melalui urin. Perlu diingat pula bahwa untuk ibu hamil, konsumsi obat-obatan apapun haruslah atas resep dokter.Selain itu, penelitian ini juga menyatakan, untuk mengatasi pitting edema, terapi tidak selalu dilakukan dengan obat-obatan. Dalam hal ini, cara mengobati pitting edema bisa dilakukan dengan memberikan perawatan fisik.  Biasanya, perawatan fisik yang dilakukan seperti mengangkat kaki bengkak maupun memasang stocking kompresi. Tujuannya, untuk menekan pembengkakan pada kaki. Oleh karena itu, cairan berlebih kembali ke jantung.

Bagaimana cara mencegah terjadinya pitting edema pada ibu hamil?

Renang bantu cegah pitting edema
Bagi ibu hamil, kaki bengkak ditekan lama bisa terjadi kapan saja. Bukan hanya ketika trimester ketiga saat berat badan janin semakin bertambah, tetapi juga sejak trimester pertama.Wajar jika ibu hamil di trimester ketiga merasakan pembengkakan pada kaki bahkan sampai harus berganti ukuran sepatu. Namun ketika ibu hamil mengalami pitting edema, bagian tubuh seperti kaki tidak mudah kembali ke bentuk semula setelah ditekan. Bahkan, bisa saja justru meninggalkan bekas.Bagaimana cara untuk mencegah pitting edema?
  • Hindari berdiri atau duduk terlalu lama
  • Konsumsi makanan tinggi potasium
  • Menghindari konsumsi kafein
  • Kurangi aktivitas di luar ruangan ketika cuaca terlalu panas
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Hindari pakaian yang terlalu ketat terutama di pergelangan kaki dan tangan
  • Berenang secara berkala
  • Posisi tidur miring ke kiri
  • Berolahraga secara berkala
  • Mengurangi konsumsi garam atau sodium berlebihan
  • Selalu pastikan tekanan darah normal karena tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh tiba-tiba bengkak
Apabila Anda merasakan kondisi serius akibat edema seperti bengkak mulai terjadi di sekitar wajah, mata, atau di tangan, segera konsultasikan pada dokter kandungan. Selain itu, Anda harus ke dokter jika merasakan nyeri dada disertai susah bernapas. Anda juga harus segera menemui dokter jika kaki bengkak justru hanya terjadi pada satu betis saja.

Catatan dari SehatQ

Pitting edema terjadi ketika kaki bengkak ditekan lama. Pitting edema kerap terjadi pada ibu hamil. Penyebab kaki bengkak pada pitting edema adalah adanya cairan yang menumpuk.Ada beberapa penyebab pitting edema, mulai dari terlalu lama duduk hingga gangguan jantung. Jika Anda mengalami pitting edema dan disertai pembengkakan di daerah tubuh lain serta diikuti sesak napas, segera hubungi dokter melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Bila perlu, bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
masalah kehamilanpembengkakanpenumpukan cairan
Preeclampsia Foundation. https://www.preeclampsia.org/health-information/sign-symptoms
Diakses 28 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/heart-disease/pitting-edema
Diakses 28 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321773.php#seeing-a-doctor
Diakses 28 Januari 2020
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/ankles.html
Diakses 28 Januari 2020
American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/swelling-during-pregnancy/
Diakses 28 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait