Pipi Bengkak Bisa Disebabkan 11 Hal Ini, Haruskah Dikhawatirkan?

Pipi bengkak dapat disebabkan banyak hal, salah satunya abses gigi.
Pipi bengkak bisa jadi pertanda dari penyakit berbahaya.

Pipi bengkak bisa membuat wajah terlihat lebih bulat. Pipi bengkak bukanlah kondisi medis yang patut disepelekan, karena ada berbagai gangguan medis sebagai pemicunya. Mari kenali beragam penyebab pipi bengkak supaya Anda tidak lagi meremehkannya.

Pipi bengkak dan beragam penyebabnya

Umumnya, pipi bengkak dapat terjadi selama beberapa jam, dan muncul secara tiba-tiba. Namun, bukan berarti pipi bengkak “datang tak diundang”. Ada beberapa penyebab pipi bengkak yang sudah seharusnya diwaspadai. Apa saja penyebab pipi bengkak itu?

1. Preeklampsia

Preeklampsia dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi secara tiba-tiba selama kehamilan. Biasanya, preeklampsia terjadi saat kehamilan mencapai usia 20 minggu. Preeklampsia juga bisa menyebabkan tangan dan pipi bengkak.

Jika tidak ditangani dengan segera, preeklampsia bisa menyebabkan kerusakan organ dan kematian. Apabila muncul gejala seperti pembengkakan tiba-tiba, penglihatan buram, sakit kepala dan perut luar biasa, segera datang ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

2. Selulitis

Jangan pikir bahwa selulitis menyerang bagian kaki saj. Ternyata selulitis juga bisa berdampak pada bagian wajah, terutama pipi. Hal ini pun pada akhirnya menyebabkan pipi bengkak.

Selulitis terjadi saat bakteri masuk ke dalam kulit lewat luka atau sayatan. Meski tidak menular, selulitis bisa mengancam nyawa jika infeksinya menyebar hingga ke aliran darah.

3. Anafilaksis

Anafilaksis adalah reaksi alergi yang berbahaya. Jika anafilaksis terjadi, saluran pernapasan penderitanya menyempit tiba-tiba. Tidak hanya pipi bengkak yang bisa muncul, tapi juga bagian wajah, tenggorokan, dan lidah juga bisa membengkak.

4. Abses gigi

Abses gigi adalah kantung nanah yang muncul di area mulut. Kondisi medis ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan ditandai dengan rasa nyeri serta pipi bengkak. Jika dibiarkan begitu saja, komplikasinya bisa mengakibatkan gigi copot, atau lebih parahnya lagi, infeksi akan menyebar ke seluruh tubuh.

5. Perikoronitis

Perikoronitis adalah peradangan jaringan gusi. Biasanya, perikoronitis akan berdampak pada bagian gusi dan gigi geraham bungsu. Gejala dari perikoronitis adalah keluarnya nanah, bau mulut, dan pipi bengkak.

6. Gondok

Gondok adalah infeksi virus yang berdampak pada kelenjar air liur. Gejala yang paling terlihat adalah pembengkakan kelenjar air liur, yang membuat wajah terlihat bulat. Tidak hanya itu, pipi bengkak juga menjadi salah satu gejala penyakit gondongan yang biasanya muncul.

Orang yang pernah pernah terserang gondongan, biasanya akan kebal dengan infeksi serupa, di masa mendatang.

7. Cedera wajah

Cedera wajah yang diakibatkan oleh kecelakaan atau pukulan, juga bisa menyebabkan pipi bengkak. Jangan disepelekan. Jika cedera di bagian wajah tidak segera ditangani dokter, maka gejalanya tidak kunjung sembuh.

8. Hipotiroidisme

Pipi bengkak
Pipi bengkak

Hipotiroidisme adalah kondisi yang menyebabkan kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid. Selain menyebabkan pipi bengkak, hipotiroidisme yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan obesitas, nyeri sendi, kemandulan, hingga penyakit jantung.

Pada awalnya, hipotiroidisme tidak akan menampakkan gejala yang dapat terlihat. Namun jika dibiarkan begitu saja, gejala seperti pipi bengkak akan muncul.

9. Sindrom Cushing

Sindrom Cushing akan membuat tubuh sang penderita memproduksi hormon kortisol berlebih. Akibatnya, sindrom Cushing akan menyebabkan timbulnya berat badan berlebih di beberapa bagian tubuh, termasuk wajah. Itulah sebabnya, sindrom Cushing bisa menyebabkan pipi bengkak.

10. Penggunaan obat steroid

Penggunaan obat steroid dalam jangka waktu yang lama, bisa menjadi penyebab pipi bengkak. Jangan salah, penggunaan obat steroid seperti prednisone juga bisa mengakibatkan datangnya sindrom Cushing.

Pengobatan steroid ini bisa menyebabkan naiknya berat badan dan berkumpulnya lemak di bagian samping wajah serta belakang leher.

11. Tumor kelenjar ludah

Tumor kelenjar ludah tidak hanya menyebabkan pipi bengkak, tapi juga mulut, rahang, dan leher. Satu bagian dari wajah Anda juga bisa mengalami perubahan bentuk dan ukuran akibat tumor kelenjar ludah.

Pipi bengkak hanya pada satu sisi wajah

Pipi bengkak
Pipi bengkak

Pipi bengkak terbagi menjadi dua jenis, yakni pipi bengkak yang menyebabkan bengkaknya kedua pipi di bagian wajah, ataupun hanya satu sisi wajah.

Penyebab pipi bengkak di satu sisi wajah meliputi:

  • Abses gigi
  • Cedera wajah
  • Tumor kelenjar ludah
  • Selulitis
  • Perikoronitis
  • Penyakit gondok

Jika melihat penyebab pipi bengkak di atas, tentu saja pembengkakan bagian pipi Anda tidak boleh diremehkan. Apalagi, ada beberapa penyebab yang bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani dokter.
Segeralah kunjungi dokter untuk meminta pertolongan medis, ketika pipi bengkak muncul di bagian wajah Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/swollen-cheek#causes
Diakses pada 28 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/224382
Diakses pada 28 April 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hypothyroidism/symptoms-causes/syc-20350284
Diakses pada 28 April 2020

Artikel Terkait