Mengenal Piloxing, Olahraga Perpaduan Pilates, Boxing, dan Tarian yang Kaya Manfaat


Piloxing adalah olahraga yang memadukan gerakan pilates dan boxing. Selama melakukan olahraga ini, Anda akan ditemani oleh musik yang menyenangkan.

0,0
piloxing adalah pilates dan boxingPiloxing merupakan perpaduan antara pilates dan boxing
Ada banyak jenis olahraga menyenangkan, yang dapat dipilih untuk membuat tubuh lebih bugar. Salah satunya adalah piloxing.Bahkan, rutin melakukan piloxing bagi wanita bisa membantu membentuk tubuh lebih ideal.Simak penjelasan lengkap tentang manfaat dan gerakan piloxing yang bisa Anda lakukan di rumah berikut ini.

Apa itu piloxing?

Piloxing adalah olahraga yang menyatukan pilates dan boxing (tinju). Olahraga ini memadukan kekuatan, kecepatan, dan kelincahan gerakan tinju, pilates, dan tari. Selama piloxing, Anda akan diiringi musik sehingga olahraga menjadi lebih menyenangkan. Piloxing pertama kali ditemukan pada tahun 2009 oleh seorang master pilates bernama Viveca Jensen. Seiring perkembangan waktu, piloxing kemudian dimodifikasi dalam berbagai jenis, seperti piloxing SSP (sleek, sexy, powerful), piloxing barre, piloxing knockout, piloxing mix, dan piloxing booty

Manfaat olahraga piloxing 

Serupa dengan manfaat olahraga lainnya, piloxing juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Lebih dari itu, gerakan dalam piloxing mampu membakar kalori secara maksimal, membangun massa otot, hingga meningkatkan stamina. Berikut adalah beberapa manfaat piloxing:

1. Menjaga kesehatan jantung

Piloxing membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler
Piloxing membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler
Gerakan dalam piloxing yang memadukan pilates, boxing, dan tari mampu memaksimalkan kerja sistem kardiovaskuler. Hal ini dapat melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menguatkan tubuh bagian inti 

Olahraga piloxing melibatkan semua otot di tubuh Anda, termasuk bagian inti tubuh. Hal ini dapat membuat postur tubuh Anda lebih baik dan mengurangi tekanan pada punggung bawah. 

3. Membakar lemak tubuh

Sebagaimana dikutip dalam Journal of Physical Education and Sport, piloxing SSP (sleek, sexy, powerful) mampu mengurangi tingkat lemak dan lingkar pinggul pada wanita dewasa. Gerakan dalam piloxing yang melibatkan semua bagian tubuh dengan kekuatan dan intensitas tertentu mampu membakar lemak tubuh dan meningkatkan massa otot. 

4. Mengencangkan otot

Satu lagi keuntungan gerakan dalam piloxing adalah mampu mengencangkan otot tubuh. Gerakan yang melibatkan anggota tubuh ditambah dengan kekuatan dan kecepatan mampu mengencangkan dan membangun otot-otot di tubuh Anda. Dengan begitu, bentuk tubuh Anda menjadi lebih kencang dan proporsional.

5. Melatih fleksibilitas dan keseimbangan

Piloxing juga dapat membantu kelenturan tubuh
Piloxing juga dapat membantu kelenturan tubuh
Semua gerakan dalam olahraga piloxing dapat melatih fleksibilitas atau kelenturan tubuh. Tubuh yang lebih fleksibel dapat membantu meningkatkan kesimbangan tubuh, serta mengurangi nyeri sendi dan punggung. 

6. Mencegah cedera olahraga

Masih berkaitan dengan manfaat piloxing sebelumnya, tubuh yang lebih fleksibel dapat membawa banyak keuntungan. Ini karena tubuh jadi lebih seimbang, massa otot semakin kuat, sehingga mencegah Anda dari risiko cedera saat olahraga. Anda bisa lebih kuat dan mampu beradaptasi dengan berbagai gerakan olahraga, serta menghilangkan kekakuan otot. Kekakuan otot inilah yang sering kali jadi penyebab cedera olahraga.

7. Mengurangi stres 

Tidak hanya piloxing, secara umum, olahraga mampu menjaga kesehatan mental. Ketika Anda olahraga, hipotalamus akan mengeluarkan hormon kebahagiaan, seperti endorfin. Hal inilah yang bisa mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati. 

8. Membangun hubungan sosial 

Olahraga piloxing biasanya dilakukan bersama-sama dalam suatu grup. Hal ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan lingkungan yang positif dan membangun hubungan sosial. Hubungan sosial yang baik juga dapat mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental. 

9. Membangun stamina 

Piloxing yang dilakukan dengan teratur dalam jangka panjang mampu membangun dan meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dapat meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh, serta membuat Anda lebih baik dalam melakukan aktivitas. 

10. Meningkatan kepercayaan diri

Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda akan merasa puas dan lega setelah melakukan piloxing. Apalagi jika Anda sembari mengeluarkan teriakan selama prosesnya. Hal ini bisa membuat diri Anda lebih nyaman dan percaya diri.Terlebih, manfaat piloxing yang mampu membentuk postur dan bentuk tubuh lebih baik juga mampu meningkatkan kepercayaan diri

11. Membuat tidur lebih nyenyak

Berbagai penelitian menyatakan bahwa olahraga teratur, termasuk piloxing, dapat memperbaiki kualitas tidur dan membuat Anda lebih bugar ketika bangun di pagi hari.

Berbagai gerakan piloxing 

Meskipun modifikasi gerakan piloxing cukup beragam, terdapat dua gerakan dasar dalam piloxing yaitu punch dan plank. Berikut penjelasannya. 

1. Punch piloxing

Piloxing punch dilakukan dengan menyilangkan salah satu kaki ke belakang kaki lainnya
Piloxing punch dilakukan dengan menyilangkan salah satu kaki ke belakang kaki lainnya
Gerakan punch piloxing bertujuan melatih bagian paha, lengan, perut, dan bokong. Gerakan punch piloxing dilakukan dengan langkah berikut:
  • Siapkan tubuh pada posisi berdiri dengan membuka kaki selebar pinggul, lalu arahkan bagian tubuh condong ke bagian kanan
  • Lakukan gerakan tinju dengan kedua tangan di bawah dagu dan dekat dengan dada
  • Bawa kaki kiri menyilang ke belakang kaki kanan sambil menekuk lutut kaki kanan
  • Arahkan pukulan ke depan menggunakan lengan kiri
  • Ulangi gerakan ini sebanyak empat set di setiap sesi

2. Plank piloxing 

Gerakan plank piloxing bertujuan melatih otot bagian punggung dan lengan. Gerakan plank piloxing dilakukan dengan langkah berikut:
  • Siapkan tubuh pada posisi push up 
  • Regangkan kedua kaki lurus ke belakang dengan jari kaki sebagai tumpuan
  • Turunkan tubuh perlahan diikuti dengan lengan hingga membentuk gerakan datar lurus ke lantai
  • Tahan posisi tubuh bagian atas agar tidak goyang dan bergerak
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 8 kali dengan istirahat 30 detik.

Catatan dari SehatQ

Piloxing memang olahraga yang identik dengan kaum hawa. Bukan tanpa alasan, manfaat piloxing yang mampu membakar lemak dan membuat postur tubuh lebih ideal tentu menjadi harapan bagi setiap wanita. Dengan beragam manfaat yang dimiliki, piloxing bisa menjadi pilihan olahraga menyenangkan bagi Anda untuk tetap bugar. Konsultasikan dengan dokter jika Anda pernah mengalami cedera atau kondisi kesehatan tertentu sebelum melakukan piloxing. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
olahragatips olahragapilates
Monash University. https://www.monash.edu/sport/health-fitness/group-fitness/class-descriptions/piloxing
Diakses pada 4 September 2021
Health Fitness Revolution. https://www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-piloxing/
Diakses pada 4 September 2021
Journal of Physical Education and Sport. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/download/32011/13758
Diakses pada 4 September 2021
Energia. Hal. 36-37. https://fliphtml5.com/fffjr/mwex/basic
Diakses pada 4 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait