Pilihan Suplemen Tulang agar Tetap Tegak Melangkah Sepanjang Usia

(0)
23 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kalsium adalah suplemen tulang yang paling direkomendasikanSuplemen kalsium cocok dikonsumsi untuk menurunkan risiko tulang keropos
Tulang merupakan anggota gerak yang tentunya berperan vital bagi tubuh. Seperti bagian tubuh lain, tulang pun rentan mengalami kerusakan – terutama pengeroposan yang mengintai kelompok lanjut usia. Atas rekomendasi dokter, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis suplemen tulang untuk mencegah tulang keropos – maupun dikonsumsi sebagai bagian dari pengobatan penyakit tulang. Apa saja pilihan suplemen tulang?

Pilihan suplemen tulang untuk kesehatan anggota gerak ini

Berikut ini beberapa jenis suplemen tulang yang bisa Anda konsumsi:

1. Suplemen kalsium

Bukan rahasia lagi, suplemen kalsium menjadi salah satu suplemen tulang yang paling direkomendasikan. Suplemen kalsium bisa dikonsumsi utamanya bagi wanita yang menjalani pengobatan osteoporosis maupun demi menurunkan risiko penyakit tulang keropos ini.Dosis penggunaan suplemen kalsium sebagai suplemen tulang bisa dibagi dalam satu hari. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen ini bersama dengan makanan.

2. Suplemen vitamin D

Suplemen tulang vitamin D berfungsi mengoptimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh
Kebutuhan vitamin D bagi lansia adalah sekitar 800 hingga 1.000 IU sehari
Pamor suplemen vitamin D mulai naik karena dikaitkan dengan kesehatan sistem imun. Tak hanya untuk imun, suplemen vitamin D juga menjadi suplemen tulang yang direkomendasikan karena peran pentingnya untuk anggota gerak ini.“Vitamin matahari” ini berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh. Vitamin D juga membantu membangun tulang yang kuat sehingga direkomendasikan bagi wanita yang menjalani pengobatan osteoporosis dan mencegah penyakit tulang ini.Agar kesehatan tulang terjaga, kelompok lansia harus mencukupkan asupan vitamin D di rentang 800 hingga 1.000 IU sehari.

3. Suplemen magnesium

Magnesium ternyata juga terlibat dalam menjaga kesehatan tulang. Di dalam tubuh, bersama dengan kalsium, magnesium bekerja untuk menjaga agar tulang tetap kuat dan sehat. Magnesium harus dicukupkan kebutuhannya di rentang 300 hingga 500 miligram sehari. Apabila Anda merasa tak mampu mengonsumsinya dari makanan sehat, magnesium dapat dikonsumsi sebagai suplemen tulang. Risiko kekurangan magnesium tersebut bisa meningkat jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan.

4. Suplemen vitamin K

Vitamin K disebutkan menjadi jenis vitamin yang sering terlupakan dalam pemeliharaan kesehatan tulang. Vitamin ini berperan untuk membantu proses pengikatan tulang dengan kalsium. Vitamin K juga disebutkan membantu memperlambat pengeroposan tulang pada wanita yang sudah melewati fase menopause. Kelompok ini memang amat rentan mengalami osteoporosis.Walau ternyata berpotensi menjadi suplemen tulang, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin K. Dosis rekomendasi vitamin ini yaitu 150 mikrogram sehari. Diskusikan pula dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin K mengingat interaksinya dengan obat pengencer darah seperti warfarin.

5. Suplemen vitamin B

Beberapa jenis vitamin B juga dilaporkan membantu menjaga kesehatan tulang. Rendahnya kepadatan tulang maupun risiko patah tulang memang dikaitkan dengan defisiensi vitamin B. Sebuah studi dalam jurnal Nutrients juga menyebutkan, vitamin B2, B6, B9, dan B12 memiliki potensi peran protektif untuk menjaga kesehatan tulang.Apabila ingin mengonsumsi suplemen vitamin-vitamin B di atas sebagai suplemen tulang, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Suplemen vitamin B berisiko memicu efek samping, reaksi alergi, interaksi obat, dan perburukan kondisi pada pasien dengan penyakit tertentu.Riset lanjutan diperlukan untuk menguatkan premis manfaat vitamin B dalam menjaga kesehatan tulang.

Tips lain untuk  menjaga kesehatan tulang

Jogging juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tulang
Jaga kesehatan tulang dengan aktif bergerak
Selain dengan mengonsumsi suplemen tulang di atas, tips berikut ini juga perlu diterapkan untuk bantu sehatkan anggota gerak ini:
  • Aktif bergerak dan beraktivitas fisik, seperti lari dan jogging
  • Mengonsumsi lebih banyak sayuran
  • Mencukupkan kebutuhan protein
  • Menghindari pola makan yang terlalu rendah kalori
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Berhenti merokok
  • Membatasi konsumsi alkohol

Catatan dari SehatQ

Beberapa suplemen tulang untuk bantu atasi dan cegah osteoporosis termasuk suplemen kalsium, vitamin D, vitamin B, dan magnesium. Diskusikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan suplemen tulang di atas untuk memelihara dan mengatasi masalah tulang keropos.Untuk mendapatkan informasi lain terkait kesehatan tulang, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia di Appstore dan Playstore yang senantiasa mendampingi hidup sehat Anda.
suplemenmakanan peningkat kalsiumvitamin dkesehatan tulang
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/build-healthy-bones
Diakses pada 12 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/calcium-supplements
Diakses pada 12 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/managing-osteoporosis/supplements-and-vitamins-you-should-consider
Diakses pada 12 Oktober 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/bone-health/art-20045060
Diakses pada 12 Oktober 2020
Maven Doctors. https://mavendoctors.io/women/nutrition/b-is-for-bone-health-vitamin-b-might-help-keep-your-bones-strong--3he3Un6H0eqyLaO7C3KiA
Diakses pada 12 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/osteoporosis/guide/vitamin-d-for-osteoporosis
Diakses pada 12 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait