Pilihan Olahraga yang Membakar 1000 Kalori dalam Sehari

(0)
22 Nov 2020|Azelia Trifiana
Bersepeda termasuk olahraga yang dapat membakar 1000 kaloriBersepeda adalah salah satu olahraga yang dapat membakar 1000 kalori
Saat berolahraga, intensitas dan durasi menjadi penentu seberapa banyak kalori yang terbakar. Contoh olahraga yang membakar 1.000 kalori adalah berlari, bersepeda, dan juga lompat tali. Namun tentu saja, berolahraga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.Tak ada salahnya mengejar membakar ribuan kalori setiap harinya, asalkan memang ada tujuan yang ingin dicapai. Contoh yang paling umum adalah untuk menurunkan berat badan. Jika dilakukan konsisten, olahraga adalah aktivitas efektif untuk mewujudkannya.

Sesuaikan dengan kemampuan diri

Berat badan dan kondisi tubuh seseorang turut berpengaruh terhadap berapa jumlah kalori yang dibakar saat berolahraga. Orang dengan berat badan lebih akan membakar kalori lebih banyak setiap menitnya. Alasannya karena diperlukan lebih banyak energi untuk bergerak saat berolahraga.Tak hanya itu, semakin bugar kondisi tubuh seseorang berarti makin sedikit kalori yang dibakar saat melakukan olahraga tertentu. Hal ini terjadi karena jantung dan paru-paru bekerja secara efisien untuk mengalirkan darah dan oksigen ke otot-otot yang bekerja.Jadi, wajar apabila orang dengan berat badan lebih rendah atau sudah terbiasa berolahraga, bisa saja membakar kalori lebih sedikit ketika melakukan aktivitas fisik yang sama.Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai sindrom overtraining atau aktivitas fisik berlebihan justru menyebabkan masalah, seperti:
  • Kurang beristirahat

Ketika tubuh dipaksa berolahraga cukup berat tanpa diimbangi istirahat, maka cadangan energi menjadi terbatas. Sangat mungkin terjadi gangguan metabolisme dan komplikasi medis berkaitan dengan kinerja jantung, pencernaan, endokrin, saraf, dan juga sistem reproduksi.
  • Kurang nutrisi

Orang yang tidak memenuhi kebutuhan nutrisinya tidak akan bisa menjalankan fungsi metabolisme dan fisiologis secara optimal. Ingat bahwa membakar 1.000 kalori setiap harinya dapat berbahaya bagi tubuh apabila tidak diimbangi dengan cukup nutrisi.
  • Cedera

Memaksakan diri berolahraga demi membakar 1.000 kalori juga dapat menyebabkan cedera atau kelelahan. Tak akan efektif terus menerus memaksa tubuh beraktivitas fisik karena justru otot-otot tidak mendapat jeda untuk pemulihan. Jadi, pastikan memasukkan jadwal istirahat atau rest day atau memilah menjadi sesi yang lebih singkat demi menghindarinya.

Jenis olahraga membakar 1.000 kalori

Meskipun aktivitas fisik apapun dapat membakar kalori, namun pilihan jenis olahraganya juga tak kalah penting. Olahraga dengan intensitas tinggi bisa lebih cepat membakar kalori, seperti:

1. Berlari

berlari
Lebih membutuhkan kekuatan fisik dibandingkan dengan jogging, berlari umumnya dilakukan dengan kecepatan sekitar 8 kilometer per jam. Estimasi jumlah kalori yang terbakar pada 3 orang dengan berat badan berbeda dan berlari dengan kecepatan 2,5 km/jam adalah:
  • Orang dengan berat badan 56 kg membakar 600 kalori per jam
  • Orang dengan berat badan 83 kg membakar 888 kalori per jam
Rata-rata waktu yang diperlukan saat berlari hingga bisa membakar kalori sebanyak itu adalah antara 68-100 menit. Semakin cepat kecepatan berlari, durasi untuk mencapai pembakaran 1.000 kalori pun kian singkat.

2. Bersepeda

bersepda
Bersepeda dengan kecepatan setidaknya 6 km/jam juga dapat membakar 1.000 kalori. Apabila konsisten bersepeda dalam kecepatan itu, maka kalori terbakar dapat tercapai sesuai target dalam waktu 56-83 menit.Jika semakin banyak tanjakan yang dilalui, target bisa tercapai dalam waktu lebih singkat. Sebaliknya apabila rute yang dilewati cenderung mendatar, jumlah kalori terbakarnya pun lebih sedikit.

3. Lompat tali

lompat tali
Jumping rope atau loncat tali juga bisa menjadi pilihan olahraga yang membakar kalori cukup tinggi. Orang dengan berat badan antara 56-83 kg bisa membakar 10-14 kalori setiap menitnya saat melakukan lompat tali.Orang dengan berat badan sekitar 56 kg perlu waktu 100 menit untuk membakar 1.000 kalori. Sementara orang dengan berat badan 83 kg, perlu waktu 76 menit untuk mencapai target yang sama.

4. Permainan interval berintensitas tinggi

olahraga hiit
Olahraga high-intensity interval training atau HIIT memadukan olahraga intensitas tinggi dengan jeda waktu istirahat dengan cepat. Jenis aktivitas fisik ini memungkinkan seseorang membakar kalori lebih banyak dalam waktu singkat.Latihan dengan interval ini bisa dipadukan dengan olahraga lainnya. Contohnya ketika berlari, padukan dengan latihan interval bergantian antara berlari dengan kecepatan sedang dan cepat. Hal ini akan membantu membakar kalori lebih banyak.

Selalu ingat untuk mendengarkan tubuh ketika berolahraga yang membakar kalori cukup tinggi. Jangan paksakan apabila tubuh kelelahan atau sedang dalam kondisi kurang fit.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana tubuh membakar kalori serta pilihan olahraga yang tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragapola hidup sehat
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/106921-exercises-burn-calories-day/
Diakses pada 6 November 2020
Ace Fitness. https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/blog/5073/8-reasons-hiit-workouts-are-so-effective/
Diakses pada 6 November 2020
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/newsweek/Calories-burned-in-30-minutes-of-leisure-and-routine-activities.htm
Diakses pada 6 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait