5 Obat Wasir Alami sebagai Pilihan untuk Atasi Nyeri Ambeien


Obat wasir alami adalah lidah buaya, minyak kelapa, witch hazel, es batu, dan garam epsom. Wasir sendiri merupakan kondisi pembuluh vena sekitar anus atau rektum yang membengkak.

(0)
21 Nov 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat wasir alami salah satunya adalah lidah buayaAdakalanya nyeri ambeien atau wasir begitu tak tertahankan, dan bisa diredakan dengan bahan-bahan di rumah
Wasir adalah kondisi medis yang umum dialami banyak orang. Adanya pembengkakan di area anus ini memang bikin tak nyaman karena kadang rasa sakitnya kadang tak tertahankan.Wasir, ambeien, atau hemorrhoid terjadi ketika pembuluh vena sekitar anus atau rektum membengkak dan teriritasi. Wasir yang terjadi di dalam anus disebut dengan wasir atau ambeien internal. Sebaliknya, ambeien yang ada di luar dubur sekitar anus disebut ambeien atau wasir eksternal.Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani wasir. Obat wasir alami berikut ini dapat membantu meringankan nyeri akibat wasir tersebut.

Beberapa obat wasir alami yang bisa dicoba di rumah

Beberapa bahan yang di rumah dapat menjadi obat wasir alami. Beberapa bahan tersebut adalah:

1. Lidah buaya

Gel lidah buaya dipercaya memiliki sifat antiperadangan dan mengurangi iritasi. Dengan sifat tersebut, lidah buaya telah lama digunakan untuk penanganan wasir atau ambeien serta gangguan pada kulit lainnya.Walau belum banyak studi yang membuktikan manfaat lidah buaya sebagai obat wasir alami, para pakar telah menyatakan gel lidah buaya aman untuk Anda gunakan dalam meredakan nyeri wasir.Anda bisa mengambil gel lidah buaya langsung dari tanamannya. Apabila ingin menggunakan produk tertentu, pastikan produk tersebut mengandung gel lidah buaya alami dan tidak ditambahkan dengan bahan-bahan lain.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembap alami. Home remedies ini berpotensi untuk menjadi obat wasir alami.Anda bisa mengoleskan sedikit minyak kelapa ke area ambeien untuk mengurangi iritasi dan pembengkakan. Rasa gatal karena wasir pun dapat berkurang.

3. Witch hazel

Witch hazel memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang dipercaya dapat menjadi obat wasir alami.Sebagai cara meredakan nyeri ambeien, Anda bisa meneteskan sedikit witch hazel ke cotton ball dan mengoleskannya ke bagian ambeien.Apabila gejala sakit makin memburuk, segera hentikan pengolesan obat alami ini.

4. Kompres es batu

Meletakkan kompres dingin atau kompres es batu pun berpotensi mengobati nyeri wasir dan mengurangi peradangan secara alami.Untuk mencoba cara ini, Anda dapat membungkus es batu dalam handuk bersih dan tempelkan pada area anus selama 15 menit. Ulangi langkah ini dalam setiap jamnya.

5. Garam epsom dalam air hangat

Duduk di bak yang berisi air hangat dapat membantu meredakan pembengkakan dan mengurangi iritasi karena wasir. Anda pun bisa menambahkan sedikit garam epsom ke dalam bak tersebut.

Cara mengobati wasir secara alami di rumah

Selain beberapa obat alami di atas, ada beberapa gaya hidup yang harus Anda perhatikan, untuk mengobati wasir secara alami agar gejala tak kian parah. Misalnya:

1. Konsumsi makanan berserat tinggi

Melansir National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, makan banyak serat pangan dapat membantu mengobati wasir secara alami.Serat membantu usus bergerak seoptimal mungkin sehingga sistem pencernaan pun lebih lancar. Serat juga menyerap air untuk melembutkan feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Dengan demikian, serat menjadi kandungan yang penting dalam penanganan wasir.Buah, sayuran, dan kacang-kacangan menjadi sumber serat yang mudah untuk dicari. Beberapa sumber serat yakni apel, pir, kentang, alpukat, pisang, brokoli, dan kacang merah.

2. Minum banyak air putih

Kondisi tubuh yang senantiasa terhidrasi membantu feses lebih mudah untuk turun. Air putih, dapat menjadi minuman utama yang harus Anda konsumsi dalam mencukup kebutuhan cairan.

3. Gunakan celana yang longgar

Agar wasir tak semakin parah, pilihlah pakaian yang longgar dan berbahan katun, terlebih untuk celana dan celana dalam. Memilih pakaian yang longgar dapat mencegah iritasi akibat keringat pada area wasir. Tentunya, gejala nyeri ambeien pun dapat berkurang.

4. Gerakkan badan

Jalan kaki dapat menjadi olahraga paling mudah yang bisa dilakukan agar kondisi wasir tidak semakin memburuk. Alokasikan waku untuk jalan kaki selama 20-30 menit setiap harinya, seperti di pagi hari sebelum beraktivitas.Terlebih apabila pekerjaan membuat Anda banyak duduk, luangkan waktu minimal 5 menit setiap jam untuk bangkit berdiri dan menggerakkan badan agar gejala ambeien dapat mereda.Bila berbagai cara alami di atas tidak mampu meredakan nyeri wasir, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan menyeluruh. Wasir yang sudah parah membutuhkan tindakan operasi.

Obat wasir medis yang bisa diresepkan dokter

Selain mencoba berbagai macam obat alami wasir di atas, terdapat berbagai macam obat-obatan medis untuk wasir yang dapat diresepkan oleh dokter.Salah satunya obat-obatan salep untuk mengatasi wasir. Biasanya, salep ini dapat meredakan pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan wasir. Namun ingat, jika salpenya mengandung hidrokortison, jangan menggunakannya lebih dari satu minggu.Selain itu, Anda juga bisa mencoba obat-obatan pelunak feses. Menurut The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, obat pelunak feses atau suplemen serat dapat meredakan sembelit dan membuat BAB menjadi lancar.Obat-obatan pelunak feses ini dapat berupa kapsul, cairan, hingga bubuk yang bisa dikonsumsi sebanyak 1-2 kali dalam sehari.Ingatlah, jangan pernah mencoba berbagai obat-obatan di atas tanpa berkonsultasi dulu pada dokter. Hal ini dilakukan guna mencegah efek samping merugikan.
masalah pencernaanwasirhemorrhoidgangguan pencernaan
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids
Diakses pada 21 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317114.php
Diakses pada 21 November 2019
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/hemorrhoids/eating-diet-nutrition
Diakses pada 21 November 2019
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/hemorrrhoid-home-care
Diakses pada 21 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait