Pilihan Obat Tradisional Badan Lemas yang Juga Menjadi Makanan Sehat Anda

(0)
12 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat tradisional badan lemas bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti pisang, kale, telur, dan kacang almondPisang, kale, telur, dan kacang almond merupakan beberapa pilihan obat tradisional badan lemas
Badan lemas dan lelah adalah kondisi yang sering dikeluhkan banyak orang. Pada beberapa kasus, masalah ini bisa Anda atasi dengan konsumsi beragam ‘obat’ tradisional badan lemas. Obat tersebut sejatinya harus Anda utamakan dari makanan utuh dan segar – karena padat nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Apa saja pilihan obat tradisional badan lemas tersebut?

Beberapa pilihan ‘obat’ tradisional badan lemas dari makanan sehat

Tetap fit dan bersemangat, pilihan ‘obat’ tradisional badan lemas ini bisa rutin Anda konsumsi:

1. Pisang

Buah pisang menjadi ‘obat’ tradisional badan lemas yang sangat mudah didapatkan. Buah ini mengandung kombinasi kalium, serat, dan karbohidrat yang memberikan energi untuk waktu yang lama. Buah pisang juga bisa dikonsumsi sebagai sumber energi sebelum dan sesudah berolahraga. 

2. Kale

Kale merupakan salah satu obat tradisional badan lemas
Mengonsumsi kale dapat membantu menambah asupan zat besi
Kale tengah menjadi primadona pencinta hidup sehat karena kaya dengan berbagai vitamin, zat besi, serta zat-zat antioksidan. Zat besi amat vital dalam produksi sel darah merah -sehingga juga berperan dalam transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi memang dapat membuat tubuh lemas dan kelelahan. Jika Anda mencari ‘obat’ tradisional badan lemas yang menyegarkan, coba kombinasikan kale dengan buah-buahan untuk dijadikan smoothie.

3. Semangka

Badan lemas juga bisa disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menikmati beberapa potong semangka untuk bangkitkan energi. Buah semangka utamanya memang mengandung air dengan porsi hingga 92%. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan banyak nutrisi lain.

4. Ikan

Anda kurang suka makan ikan? Mungkin itulah yang menjadi biang badan lemas Anda. Ikan, terutama jenis ikan berlemak, mengandung tinggi asam lemak omega-3. Ketidakseimbangan omega-3 dengan omega-6 di tubuh memang dikaitkan dengan sindrom kelelahan kronis. Oleh sebab itu,  tak salah bila banyak orang menyarankan agar Anda lebih sering makan ikan.Beberapa pilihan ikan yang kaya omega-3 yaitu salmon, herring, dan sarden. 

5. Telur

Jika Anda sering sarapan dengan makanan tak sehat seperti gorengan, maka sudah saatnya beralih ke sumber protein seperti telur. Rata-rata satu butir telur mengandung tujuh gram protein, ditambah dengan kalsium untuk 4% kebutuhan harian dan vitamin A untuk 6% kebutuhan harian. Telur juga mengandung lemak yang membantu tubuh menyerap vitamin – selain juga menyediakan energi untuk hari Anda.

6. Biji chia

Mengonsumsi chia seeds sebagai obat tradisional badan lemas
Perpaduan smoothies kale dengan chia seeds dapat membantu atasi badan lemas
Kecil-kecil cabe rawit, chia seed atau biji chia juga semakin populer dalam praktik hidup sehat. Biji chia kaya dengan nutrisi yang penting bagi tubuh, termasuk protein, serat, dan lemak. Tingginya serat dalam chia seed membantu tubuh mencegah lonjakan gula darah saat makan. Fluktuasi gula darah yang cepat memang diperkirakan menjadi penyebab tubuh lemas dan lelah.

7. Kacang almond

Kacang almond dapat menjadi camilan sehat sekaligus obat tradisional badan lemas. Kacang ini kaya dengan lemak, serat, dan protein. Protein dan lemak yang terkandung dalam almond dapat memberikan sensasi kenyang di perut dan meningkatkan energi. Tak lupa, almond juga mengandung vitamin E dan mineral seperti magnesium.

Pilihan suplemen sebagai obat badan lemas 

Selain obat tradisional badan lemas di atas, beberapa suplemen juga diyakini dapat membantu tubuh lelah Anda, misalnya:
  • Suplemen vitamin B12

B12 merupakan vitamin B yang berperan dalam pengubahan makanan menjadi energi. Vitamin B12 terkandung dalam banyak makanan, seperti daging, ikan, dan produk susu. Apabila Anda merasa berisiko kekurangan vitamin ini, konsumsi suplemen vitamin B12 bisa dipertimbangkan sebagai obat badan lemas setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Suplemen zat besi

Seperti yang disampaikan di atas, zat besi sangat vital bagi tubuh karena berperan dalam produksi sel darah merah. Beberapa orang yang berisiko kekurangan mineral ini bisa mempertimbangkan untuk konsumsi suplemennya sebagai obat badan lemas. Hanya saja, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen zat besi mengingat risiko kelebihan dan keracunan mineral ini.
  • Suplemen minyak ikan

Ikan berlemak sebenarnya dapat menjadi obat tradisional badan lemas Anda di rumah. Namun, jika memang Anda sulit makan ikan dan berisiko kekurangan omega-3, suplemen seperti minyak ikan patut untuk dicoba. Diskusikan dengan dokter untuk mengetahui kecocokan tubuh Anda dalam meminum suplemen minyak ikan.
  • Suplemen koenzim Q10

Koenzim Q10 sebenarnya sudah terkandung di dalam tubuh dan diperlukan sel untuk menghasilkan energi dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Kekurangan koenzim ini dapat menimbulkan tubuh lemas dan lelah karena defisiensi energi. Sebagai solusinya, suplemen koenzim Q10 berpotensi untuk bantu atasi badan lemas Anda, terutama pada penderita kanker, gagal jantung, diabetes tipe 2, dan pasien yang mengonsumsi statin untuk turunkan kolesterol. Diskusikan dengan dokter sebelum konsumsi suplemen koenzim Q10.

Catatan dari SehatQ

Obat tradisional badan lemas sebenarnya sudah tersedia di sekitar Anda. Apabila konsumsi obat tradisional badan lemas di atas belum membantu, Anda bisa mencoba mengonsumsi suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter. 
makanan sehatmanfaat semangkatelurkelelahanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-supplements-for-energy
Diakses pada 28 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/foods-that-beat-fatigue
Diakses pada 28 Agustus 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/natural-treatments-for-chronic-fatigue-syndrome-88222
Diakses pada 28 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/balance/features/get-energy-back
Diakses pada 28 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait